Jenis Kelamin Bayi Menentukan Gizi ASI

Bagikan Artikel ini di:

DOWNLOAD ARTIKEL INI SEBAGAI PDF

Susu ibu adalah salah satu bentuk investasi ibu kepada keturunannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah dan kualitas yang diinvestasikan berbeda tergantung apakah bayi tersebut laki-laki atau perempuan [1-3].

breast-milk

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Katherine Hinde [1], peneliti dari UCLA, Susu ibu dari monyet memiliki kadar energi, lemak, protein dan gula yang berbeda untuk bayi laki-laki dan bayi perempuan. Susu untuk bayi laki-laki umumnya lebih bergizi dibandingkan dengan bayi perempuan dengan kadar energi, lemak dan protein yang lebih tinggi namun gula yang lebih rendah dibandingkan dengan bayi perempuan untuk ibu yang pertama kali melahirkan (ibu primara). Untuk ibu yang telah berkali-kali melahirkan (ibu multipara), kadar energi dan lemak lebih tinggi untuk bayi laki-laki sedangkan kadar protein dan gula sama baik untuk bayi laki-laki atau perempuan. Akan tetapi, ibu primara menghasilkan susu yang lebih sedikit untuk bayi laki-laki dibandingkan dengan bayi perempuan [2].

Mohon maaf Artikel ini terpotong. LOGIN atau DAFTAR untuk membaca lebih lanjut (GRATIS).

Anda merasa artikel ini bermanfaat? Mari bantu Warstek untuk bisa bermanfaat lebih besar dengan cara memberikan donasi.

Abdul Halim

Menamatkan program ST dan MT di Jurusan Teknik Kimia ITS. Sedang menempuh PhD di University of Tsukuba. Meneliti pemanfaatan bio-nanomaterial untuk pengolahan limbah cair.

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)