Skala Kardashev – Skala yang Mengukur Tingkat Kemajuan Peradaban Manusia

Ketika berbicara tentang sudah majukah peradaban manusia saat ini? Jika memang sudah maju, maka berapa nilanya? Maka terdapat metode kuantitatif untuk mengukurnya yang disebut dengan skala Kardashev. Dibuat pada tahun 1964, skala Kardashev bertujuan untuk mengukur tingkat kemajuan peradaban manusia yang didasarkan pada cara manusia menghasilkan energi. Dirumuskan dalam 3 tahapan, Nikolai Kardashev (ilmuan astrofisika Rusia terkemuka) menggolongkannya menjadi tahap 1, tahap 2, dan tahap 3.

Pada tahap pertama tingkat kemajuan, peradaban manusia mampu untuk menghasilkan energi dari seluruh energi yang mencapai planet bumi dari matahari.Untuk mencapai kemajuan peradaban tahap 1, umat manusia harus menyelimuti seluruh permukaan bumi dengan panel surya yang tentu saja akan menjadi tempat yang tidak terlalu menyenangkan untuk ditinggali.  Namun dimasa depan, umat manusia dapat memasangkan panel surya yang sangat besar di satelit luar angkasa dan mengirimkan energinya ke Bumi melalui laser. Hal ini sangat mungkin untuk terjadi dan saat ini masih dalam tahap pengembangan dalam laboratorium (Leopold Summerer & Oisin Purcell, 2009). Setelah umat manusia mampu untuk mencapai hal tersebut, barulah kita mencapai kemajuan peradaban tahap 1.

Mentransfer Energi yang dihasilkan dari Panel Surya di Satelit ke Permukaan Bumi menggunakan Laser (Leopold Summerer & Oisin Purcell, 2009)

Tahap kedua adalah umat manusia mampu memanfaatkan [Mohon maaf artikel terpotong]

Artikel dapat dibaca di Majalah Warstek Edisi #3 > Download Majalah Warstek (KLIK)

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Nur Abdillah Siddiq

Nur Abdillah Siddiq

Mahasiswa S3 Fisika ITS, menekuni bidang Optoelektronik dan Elektromagnetika Terapan. Sangat mencintai aktivitas membaca dan mendesain. Profil lebih lengkap dapat dilihat di www.facebook.com/fisrek

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar