Perkembangan Terbaru pada Humanoid Robot ‘Atlas’ Mampu Backflift (Salto ke Belakang)

Pada tanggal 16 November 2017 di channel youtube milik Boston Dynamics, telah dirilis sebuah rekaman (video klip) singkat tentang perkembangan terbaru dari robot Atlas yang mampu melakukan gerakan backflip (salto ke belakang). Di dalam rekaman pendek tersebut menunjukkan robot dapat melompat ke serangkaian susunan kotak yang tingkatannya dari rendah sampai ke kotak yang cukup tinggi. Kemudian melompat dan berputar kearah kanan dilanjutkan dengan backflip (salto ke belakang) secara sempurna tanpa jatuh [1]. Hal ini sama persis seperti yang dilakukan oleh atlit-atlit professional dalam bidang olahraga.

Berikut video singkat hasil rekaman dari gerakan backflip pada robot Atlas Boston Dynamics tersebut,

 

Robot ATLAS adalah robot Humanoid (bentuk menyerupai tubuh menusia) berteknologi canggih terbaru yang dikembangkan oleh Boston Dynamics. Pada robot ATLAS terpasang sistem kontrol yang sangat canggih yaitu berupa koordinasi dari gerakan lengan, batang tubuh, dan kaki agar dapat mencapai keseimbangan yang stabil dan tidak mudah jatuh terbaring saat di medan yang halus seperti lantai dan medan yang kasar seperti di tanah berpasir. Robot ATLAS juga dirancang untuk dapat kembali bangkit berdiri tegak saat ia terjatuh tersungkur ke lantai. Salah satu kemampuan dari robot ATLAS adalah dapat mengangkat beban berupa kotak dan meletakkannya di rak yang telah disediakan. Kemampuan ini hampir sama persis dengan kemampuan yang dimiliki oleh manusia [2][3].

Boston Dinamics menggambarkan kecanggihan dari robot Atlas dengan pepatah: “koordinat sistem kontrol yang dimiliki robot Atlas adalah gerakan lengan, batang tubuh, dan kaki untuk tubuh robot mencapai manipulasi dari seluruh perpindahan (gerakan), hal ini akan sangat memperluas jangkauan dan ruang kerjanya”.

Robot Atlas memiliki tinggi 1.5 meter dan bobot sebesar 75 kg, dengan gerakan backflip yang dilakukannya menunjukkan betapa stabil dan canggihnya sistem keseimbangan yang dimiliki oleh robot ini [2]. Robot Atlas adalah robot berkaki dua yang paling stabil dan seimbang saat ini yang dibuat oleh Boston Dynamics. Beberapa robot agar dapat stabil dan seimbang setidaknya harus memilki empat kaki, dengan dua kaki di depan dan dua kaki di belakang.

Boston Dynamics di bangun oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) di awal tahun 1990-an dan selama lebih dari dua dekade mereka telah memimpin industri robotika. Mereka kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2013 dan dijual awal tahun ini ke SoftBank Group, Jepang. Selain itu, Boston Dynamics juga perusahaan yang paling terkenal dalam mengembangkan robot BigDog. BigDog adalah  robot berkaki empat yang dirancang untuk melintasi medan kasar yang mampu membawa muatan hingga 150kg. Pengembangan BigDog ini didanai oleh Badan Defense Advanced Research Projects (DARPA). Dalam proyek Robotika yang dikembangkan oleh Boston Dynamics tersebut terdapat sembilan (9) jenis robot yang mereka buat yaitu SPOTMINI, ATLAS, HANDLE, SPOT, LS3, WILDCAT, BIGDOG, SANDFLEA, dan REX. Dari masing-masing robot tersebut dikembangkan dengan teknologi dan fungsi yang berbeda-beda [2].

Referensi:
  1. Boston Dynamics. 2017. “Boston Dynamics’ Latest Humanoid Robot Can Jump and Backflip Better Than You”. Interesting Engineering, 16 November 2017 (https://interestingengineering.com/saudi-arabia-actually-grants-citizenship-to-a-humanoid-robot) diakses pada tanggal 19 November 2017.
  2. Boston Dynamics, Atlas (https://www.bostondynamics.com/atlas) diakses pada tanggal 19 November 2017.
  3. Dadang, Wayan. 2017. “Kecanggihan Teknologi Robot ATLAS Buatan Boston Dynamics”. Warung Sains dan Teknologi, 5 Oktober 2017 (http://warstek.com/2017/10/05/robotatlas/) diakses pada tanggal 19 November 2017.

Baca juga artikel lainnya: Kecanggihan Robot Cassie dari Agility Robotics

 

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar