Kecanggihan Robot Cassie dari Agility Robotics

Berbicara tentang dunia robotika tidak akan ada habisnya, selesai membahas robot satu muncul lagi robot baru dari versi yang lebih canggih dari perusahaan lainnya. Kali ini penulis akan membahas robot canggih bernama “Cassie” dari perusahaan Agibility Robotics. Robot Cassie awalnya dirancang oleh DRL (Dynamic Robotics Lab), program robotika di College of Engineering, OSU (Oregon State University), Amerika Serikat. Kemudian pengembangan ke versi yang lebih baru dari Cassie dirancang, dibangun, dan didukung oleh Agility Robotics.

 

Robot Cassie dari Agility Rrobotics
(Sumber : http://www.agilityrobotics.com/robots/)

Versi pertama dari robot Cassie dikembangkan untuk skala penelitian di laboratotium, termasuk Dynamic Robotics Lab, yang digunakan untuk penelitian dan mempelajari cara-cara terbaru untuk mengendalikan robot berkaki. Robot Cassie secara fisik memiliki kelincahan yang sangat mengesankan, dengan pengembangan pada kemampuan sistem kontrol yang sulit dilakukan pada robot eksperimental sebelumnya [1].

Agility Robotics adalah sebuah perusahaan (startup) yang bertempat di Albany, Oregondan dan Pittsburgh, Pennsylvania [2]. Perusahaan ini dibangun oleh tiga orang founder-nya yaitu Damion Shelton (CEO and Co-Founder), Jonathan Hurst (CTO and Co-Founder), dan Mikhail Jones (Chief Engineer and Co-Founder) [3]. Perusahaan tersebut sudah memiliki beberapa pelanggan pertama, lisensi beberapa teknologi pertama kali dikembangkan di OSU, dan berencana membangun berdasarkan sifat-sifat alami dari hewan (berjalan, berdiri, dll) dalam produk penelitian dan pengembangan yang mereka bangun.

Jonathan Hurst pendiri Agility Robotics mengatakan: “Jika kita benar-benar paham bagaimana menerapkan kaki mampu di kendalikan secara dinamis (seimbang seperti manusia berjalan), akan banyak aplikasi yang dapat diterapkan oleh robot Cassie seperti proses pencarian dan penyelamatan, eksoskeleton (rangka badan untuk manusia), kaki palsu, dan pengiriman paket [4].”

Robot Cassie masih dalam bentuk kaki dan belum memiliki anggota bagian lainnya seperti tangan dan kepala. Kedepannya menurut yang disampaikan oleh Jonathan Hurst (CTO and Co-Founder) bahwa lengan dan sensor akan segera dipasang. Hal ini akan memungkinkan Cassie untuk dapat bangun atau berdiri tegak kembali dengan sendirinya setelah jatuh, dan mereka juga bekerja pada telepresence VR (Virtual Reality) [5].

Robot Cassie dirancang dan dibangun menyerupai mesin yang benar-benar lincah, efisien, dan mampu menangani manuver yang sangat dinamis. Desain mekanik adalah bagian terpenting di perusahaan Agility Robotics dengan pertimbangan interaksi antara dinamika pasif yang dihasilkan oleh perangkat keras (hardware, body robot)  dan kontrol perangkat lunak (software, program). Proses perancangan robot Cassie di ilhami dari morfologi bentuk dan perilaku hewan untuk membuat desain yang tepat pada robot. Sedangkan sistem kontrol pada robot dibuat dengan  merancang sistem kendali berdasarkan landasan sifat-sifat ilmiah pada hewan, harapannya dapat lebih lincah, efisien, dan ketahanan (stabil seperti hewan).

Robot berkaki semacam ini mempunyai kelebihan yang dapat berjalan di medan kasar yang berbatu maupun medan halus seperti tanah berpasir. Robot berkaki lebih memiliki banyak kelebihan dari pada robot yang menggunakan roda yang gerakannya akan terbatas pada medan halus saja. Penerapan robot ini akan digunakan untuk penelitian mesin berbasis robotika, militer, telepresence, penginderaan jarak jauh, pencarian dan penyelamatan, pengiriman paket dan layanan kurir [3]. 

Berikut adalah video robot Cassie dari Agility Robotics,

 

Referensi:
  1. Dynamic Robotics Laboratory. 2016. “CASSIE : Overview”. Oregon State University (http://mime.oregonstate.edu/research/drl/robots/cassie/) diakses pada tanggal 20 November 2017.
  2. ____________________. 2016.“Agility Robotics evolves from OSU research, aims to revolutionize robot mobility. Oregon State University (http://mime.oregonstate.edu/research/drl/robots/cassiie) diakses pada tanggal 20 November 2017.
  3. Agility Robotics, Cassie (http://www.agilityrobotics.com/#cover) diakses pada tanggal 20 November 2017.
  4. Rogers, Shelby. 2017. “This Bipedal Robot Could be the Next Great Delivery System”. Interesting Engineering, 10 Februari 2017 (https://interestingengineering.com/bipedal-robot-cassie-next-great-delivery-system) diakses pada tanggal 20 November 2017.
  5. Ackerman, Evan. 2017. “Agility Robotics Introduces Cassie, a Dynamic and Talented Robot Delivery Ostrich
    , IEEE Spectrum 9 Februari 2017 (https://spectrum.ieee.org/automaton/robotics/industrial-robots/agility-robotics-introduces-cassie-a-dynamic-and-talented-robot-delivery-ostrich) diakses pada tanggal 20 November 2017.

 

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar