Effie: Mesin Otomatis Pengganti Setrika Konvensional

Setrika (Bahasa Belanda: strijkijzer) adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghilangkan kerutan pada pakaian (baju, celana, jas, dll) dengan dipanaskan lalu di gosok. Setrika konvensional ada beberapa macam yang pernah digunakan yaitu setrika arang dan setrika listrik [1]. Seiring dengan perubahan zaman setrika arang cenderung sudah ditinggalkan oleh orang-orang karena dianggap tidak efisien dan digantikan dengan setrika listrik.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, telah membuat orang-orang untuk berpikir bagaimana cara memanfaatkannya dalam memudahkan menyetrika pakaian sehari-hari. Tingginya mobilitas kesibukan dalam bekerja sehari-hari membuat sebagian orang tidak mempunyai waktu untuk sekedar menyetrika pakaian. Setrika saat ini dianggap menyebalkan, boros waktu dan tenaga, serta sulit melakukannya agar mendapatkan hasil yang rapi. Berdasarkan hal tersebut dua orang pengusaha bernama Rohan dan Trevor membuat alat “Effie” yang mempu menyetrika pakaian secara otomatis hanya dengan menekan satu tombol Go (jalan) pada alat tersebut [2].

setrika canggih dan modern
Effie mesin penggati strika listrik

Effie merupakan sebuah inovasi teknologi terbaru yang mampu membantu dalam merapikan pakaian dan tidak perlu menggunakan setrika konvensional. Effie bisa digunakan pada kemeja, celana, t-shirt, blus, gaun pendek, seprai, handuk, sarung bantal dan lain-lain. Bahkan dapat digunakan untuk mengeringkan kaus kaki, pakaian dan, barang-barang kecil lainnya. Effie dapat menangani hampir semua bahan dan hanya membutuhkan waktu enam menit untuk mengeringkan setiap bahan. Tidak seperti pada setrika tradisional yang dapat membakar atau menggosongkan pakaian, Effie menggunakan panas pada suhu rendah yang dikombinasikan dengan uap dan tidak terjadi kontak langsung dengan bahan yang dikeringkan. Tidak hanya itu Effie juga dapat terhubung dengan ponsel pintar yang banyak digunakan saat ini untuk memberitahu bahwa pakaian yang dimasukkan telah kering, lembut, dan rapi [3].

Baca juga:

Dalam proses pemakaian, Effie tidak perlu proses pemasangan yang sulit (instal), cukup di letakkan pada tempat (sudut ruangan) yang kita anggap paling mudah dan aman untuk menjaga agar Effie mudah di jangkau. Dalam pengoperasiannya Effie sangat mudah untuk digunakan, hanya cukup dengan menggantung pakaian di rel gantungan, setelah ditekan tombol ‘Go’ akan dikeringkan dan disetrika satu persatu. Effie dapat menampung  sebanyak 12 (dua belas) pakaian dalam sekali proses. Effie di rancang pada 3 (tiga) mode sekaligus yaitu merapikan (setrika), menghaluskan, dan mengeringkan [2].

Berikut video dari alat bernama “Effie” yang memudahkan pekerjaan menyetrika pakaian,

Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Setrika (https://id.wikipedia.org/wiki/Setrika) diakses pada tanggal 22 November 2017
  2. Effie., home (http://helloeffie.com/) diakses pada tanggal 22 November 2017
  3. HelloEffie. 2017. “The Future of Ironing Is Here and You Don’t Have to Do a Thing”. Interesting Engineering (https://interestingengineering.com/video/the-future-of-ironing-is-here-and-you-dont-have-to-do-a-thing) diakses pada tanggal 22 November 2017
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *