Mentransmisikan Listrik Tanpa Kabel

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ilmiah sebelumnya, Menangkap Energi Listrik dari Lingkungan Kosong (Frekuensi Radio). Jika listrik dapat dihasilkan dari lingkungan kosong, berarti medium udara mampu mentransfer listrik dari transmitter (tower GSM, BTS, dll) ke receiver (radio frequency harvester). Tanpa kabel. Dan hal tersebut telah kami buktikan, kami mampu mentransfer daya yang dipancarkan oleh handy talky ke alat yang kami buat, yang kami beri nama SMAGER (Smart Gadget Charger). Daya yang dipancarkan oleh handy talky adalah sebesar 5 watt.

Konfigurasi (Susunan) Peralatan Untuk Mentransmisikan Listrik Tanpa KabelJpegGambar disamping adalah konfigurasi dari peralatan kami, terdiri dari:
1. Handy Talky sebagai transmitter (pemancar), dari alat inilah listrik dibangkitkan dan ditransmisikan ke udara (handy talky pada foto diatas tidak terlihat)
2. Radio frequency harvester, terdiri dari antenna, matching circuit (rangkaian pencocok), rectifier, dan voltage multiplier. Karena daya yang ditransfer relatif besar (5 watt) maka tanpa antenna pun rangkaian yang kami buat dapat menangkap listrik.
3. Multimeter untuk mengetahui nilai tegangan dan arus yang mampu diterima

Berikut demo dari konfigurasi yang telah kami susun

Baca juga:

Dapat dilihat baik pada gambar dan pada video, tegangan yang dapat diterima oleh alat yang kami buat mencapai 20 Ampere, bahkan mencapai 39 volt. Jika 20 A, hal tersebut setara dengan susunan 18 batu baterai AAA (Baterai yang biasanya dipakai). Tetapi terdapat kendala, arus yang dihasilkan sangatlah kecil yakni dalam orde mili ampere. Dari hasil pengujian, efisiensi SMAGER dapat mencapai 78.75%. Untuk bisa seperti artikel ilmiah sebelumnya, Menangkap Energi Listrik dari Lingkungan Kosong (Frekuensi Radio). Kami kesusahan dalam mendapatkan komponen-komponen listriknya yang tidak dijual di Indonesia.

Sedangkan di negeri sebelah, Singapura, alat yang telah kami buat, telah siap untuk dipasarkan. Simak videonya berikut ini,

Bagaimana sangat menarik bukan? Hanya dengan memasukkan hp kita ke kantong yang telah disediakan, maka sudah mengecas sendiri, tanpa dihubungkan melalui kabel. Penelitian mengenai topic ini sedang booming dan terus berkembang. Beberapa tahun lagi janganlah heran jika mimpi Nicola Tesla dapat terwujud, yakni kita dapat mentransmisikan listrik tanpa kabel sama sekali !
Seperti video ini

Semoga menginspirasi !!

 

Diperbaiki 13 November 2017

 

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Nur Abdillah Siddiq

Nur Abdillah Siddiq

Mahasiswa S3 Fisika ITS, menekuni bidang Optoelektronik dan Elektromagnetika Terapan. Sangat mencintai aktivitas membaca dan mendesain. Profil lebih lengkap dapat dilihat di www.facebook.com/fisrek

3 tanggapan untuk “Mentransmisikan Listrik Tanpa Kabel

  • 14 Desember 2017 pada 18:11
    Permalink

    Kira-kira efek emf nya gmn ya buat tubuh manusia? Maaf baru belajar.

    Balas
    • 17 Desember 2017 pada 09:06
      Permalink

      Halo Kevin, untuk efek terhadap kesehatan masih diteliti. Ada yang mengatakan berefek dan ada yang tidak.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *