Apa yang Menyebabkan Benda Berwarna?

Warna adalah daya tarik tersendiri. Pelangi, dedaunan saat musim gugur, dan bunga-bunga adalah salah satu contohnya. Bagaimanakah satu benda (daun misalkan) memiliki warna hijau sedangkan benda yang lain memiliki warna orange (wortel misalkan)? Jika dilihat dari struktur kimianya, daun berwarna hijau karena memiliki klorofil dan wortel berwarna orange karena memiliki beta karoten. Jika dilihat dari struktur molekulnya, beta karoten dan klorofil memiliki struktur molekul seperti pada Gambar 1.

struktur molekul beta karoten dan klorofil
Gambar 1. Struktur molekul beta karoten (a) dan klorofil (b)

Absorbansi beta karoten pada cahaya elektromagnetik ditunjukkan pada Gambar 2. Berdasarkan Gambar 2, maka didapatkan kalau beta karoten menyerap cahaya dengan panjang gelombang milik cahaya biru hingga hijau (450 nm). Karena panjang gelombang biru dan hijau yang diserap dan cahaya kuning hingga merah dipantulkan, maka beta karoten akan berwarna orange. Cahaya dengan warna kuning hingga merah inilah yang nantinya akan sampai kepada retina mata kita sehingga meyebabkan wortel berwarna orange.

absorbance beta karoten
Gambar 2. Diagram absorbansi beta karoten

Berbeda pada klorofil yang ditunjukkan pada gambar 3. Klorofil menyerap dua panjang gelombang yaitu biru, kuning dan merah serta meneruskan cahaya dengan panjang gelombang berwarna hijau. Panjang gelombang hijau inilah yang sampai ke retina mata sehingga menyebabkan daun yang mengandung klorofil berwarna hijau.


absorbance klorofil
Gambar 3. Diagram absorbansi klorofil

Bagaimana suatu molekul dapat menyerap gelombang cahaya merah, kuning atau hijau sangat berkaitan dengan struktur molekul dan ikatannya. Pembahasan mengenai pengaruh struktur molekul terhadap panjang gelombang yang diserap ini akan dibahas pada kesempatan berikutnya.

Ingin mengetahui lebih dalam bagaimana mata kita melihat warna? Berikut videonya

Lantas apakah mata kita hanya mampu melihat MeJiKuHiBiNiU? Berapa banyak jenis warna yang dapat mata kita bedakan? Jawabannya ada di video berikut

Referensi:

[1] slide presentasi kuliah online www.edx.org dengan university of Tokyo dengan topic “quantum mechanic of molecules” pekan 1

[2] video kuliah online www.edx.org dengan university of Tokyo dengan topic “quantum mechanic of molecules” pekan 1

Baca juga Mengapa Langit Berwarna Biru? Bukannya di Luar Angkasa itu Gelap?

Tombol ajaib ini akan mengirimkan artikel Warung Sains Teknologi ke beranda Facebook Anda:


(klik tombol diatas)

Artikel yang berhubungan:

Warstek.com disponsori oleh:

     
Abdul Halim

Abdul Halim

Menamatkan program ST dan MT di Jurusan Teknik Kimia ITS. Sedang menempuh PhD di University of Tsukuba. Meneliti pemanfaatan bio-nanomaterial untuk pengolahan limbah cair.

Ajukan Pertanyaaan atau Komentar