Elon Musk – Sang Iron Man Sesungguhnya

Heroes aren’t born , they’re build

Salah satu quote favorit dari Film Iron Man

Film Iron Man mengisahkan tentang seorang laki-laki yang jenius, inovatif, milyader dan kocak dalam menghadapi musuh-musuhnya. Dengan senjata utama yang berupa “baju besi”, sang Iron Man yang bernama Tony Stark memiliki kerajaan bisnis yang bernama Stark Industry. Stark Industry merupakan perusahaan yang memakai teknologi canggih dan mutakhir dalam pertahanan dan persenjataan. Berikut adalah Trailer Iron Man (1).

Sayang sekali itu semua hanyalah ada dalam film dan dalam setiap komik yang diterbitkan oleh Marvel. Sang Iron Man dan bisnis high-technya hanyalah imajinasi Arthur Marcum dkk. Tetapi saat ini telah muncul  seseorang dan bisnisnya yang menyerupai Iron Man dan Stark Industry. Dia adalah Elon Musk dan kerajaan bisnisnya. Berbeda dengan Stark Industry yang merupakan perusahaan induk, Elon Musk tidak menghimpun perusahaan-perusahaannya dalam satu nama, mereka berdiri sendiri-sendiri. SpaceX, PayPal, Tesla Motors,Hyperloop, Solar City adalah perusahannya yang telah banyak merubah dunia. PayPal misalnya, telah merubah cara dunia bertransaksi dalam internet.  Berikut adalah perbandingan Elon Musk dan Tony Stark yang dikutip dari Mashable.

Tony-Stark-Elon-Musk-Mashable

Tetapi meskipun banyak sekali kemiripan antara Elon Musk dan Tony Stark, Elon Musk pernah mengumumkan dalam twitternya bahwa dirinya tidak akan pernah membuat baju besi Tony Stark .

2013-08-27-20_57_52-Elon-Musk-elonmusk-on-Twitter
Gadget Unik - Jual Beli Aman

Pria kelahiran Afrika Selatan pada 28  Juni 1971 dan penyandang 100 orang paling berpengaruh didunia pada tahun 2010 versi majalah time tersebut memiliki cara unik dan istimewa dalam berbisnis. Beberapa cara out of the box-nya diantaranya:

1. Tidak pernah mengeluarkan dana perusahaan untuk advertising, alih-alih fokus pada research and development serta bagaimana menjadikan produk sebaik mungkin.

2. Jika orang lain bekerja di suatu perusahaan untuk mendapatkan uang, Elon Musk bergabung dengan suatu perusahaan untuk memberikan uangnya dan mengembangkan perusahaan. Tentu perusahaan yang sesuai dengan passion dan cita-cita hidupnya seperti Tesla Motor.

3. Bekerja sangat-sangat keras (work like hell) hingga secara rutin menghabiskan 100 jam per minggu untuk mengurus industri-industrinya.

Dan cara-cara yang lain terangkai dalam video berikut:

Dengan metode-metode yang tidak lazim tersebut Elon Musk berhasil membangun kerajaan bisnisnya, seperti kata film Iron Man, pahlawan tidaklah dilahirkan tetapi ia dibangun (dididik, dsb).

EMFC title page 2

Apa pesan-pesan Elon Musk untuk kita yang hendak meneladani dirinya? Berikut videonya

 

musk-iron-man

Saat ini Indonesia membutuhkan banyak Elon Musk, membutuhkan banyak Insinyur. Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan bahwa ratio jumlah insinyur Indonesia masih tergolong sangat rendah. Indonesia memiliki 2.671 insinyur per 1 juta penduduk, tertinggal dibandingkan Malaysia yang memiliki ratio jumlah insinyur 3.333 per 1 juta penduduk dan Korea yang memiliki 25.309 insinyur per 1 juta penduduk. Bahkan Kepala Badan Pembinaan Konstruksi PUPR. Hediyanto Husaini. mengatakan “Negara ini maju kalau ratio jumlah insinyurnya besar. Kalau jumlahnya kecil, yang bangun infrastruktur tidak ada, yang bangun negara tidak ada. Padahal kita negara besar”. Tidak hanya dari kemetrian PUPR, M. Nasir  selaku Menteri Riset dan Teknologi juga menyatakan bahwa Indonesia butuh banyak insinyur.

Mengutip kata Presiden ke 31 Amerika yang merupakan seorang insinyur yakni Herbert Hoover, “Engineering is a great profession. There is the satisfaction of watching a figment of the imagination emerge through the aid of science to a plan on paper. Then it moves to realisation in stone or metal or energy. Then it brings homes to men or women. Then it elevates the standard of living and adds to the comforts of life. This is the engineer’s high privilege”. Jangan lupa, pendiri bangsa Indonesia yakni Presiden Soekarno adalah seorang Insinyur, serta presiden ke Indonesia saat ini (presiden ke 7) yakni Joko Widodo juga seorang Insinyur.

Sumber:
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Elon_Musk#University
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Elon_Musk
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Stark_Industries
  • http://mashable.com/2013/05/08/iron-man-3-musk/
  • https://nindihong.wordpress.com/2013/04/29/resensi-film-iron-man-3/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Iron_Man_%28film%29
  • http://industri.bisnis.com/read/20150123/45/394655/infrastruktur-indonesia-butuh-banyak-insinyur
  • http://www.grobogan-news.com/2015/06/indonesia-masih-butuh-120-ribu-insinyur.html
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Nur Abdillah Siddiq

Nur Abdillah Siddiq

Mahasiswa S3 Fisika ITS, menekuni bidang Optoelektronik dan Elektromagnetika Terapan. Sangat mencintai aktivitas membaca dan mendesain. Profil lebih lengkap dapat dilihat di www.facebook.com/fisrek

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar