Dengarkan Lantunan Al-Quran 15 Menit Sehari Dapat Tingkatkan Daya Ingat Hingga 10%

reading-quran-header-e1336225344514
Mendengarkan lantunan Quran selama 15 menit sehari terbukti secara Ilmiah dapat meningkatkan daya ingat hingga 10%

Penelitian yang dilakukan oleh Hojjati dan timnya dari jurusan psikologi Islamic Azad Univesit (Iran) berhasil menunjukkan secara ilmiah mengenai pengaruh mendengarkan lantunan Al-Quran dan meningkatnya daya ingat [1]. Penelitian eksperimental yang di publikasikan di jurnal Procedia – Social and Behavioral Science tersebut, dilakukan dengan metode Wechsler Intelligence Scale for Children-Revised (WISCR) untuk mengakses daya ingat seseorang. Metode WISCR dilakukan dengan membagi kemampuan daya ingat berdasarkan dua hal, yakni kemampuan mengingat angka dan kemampuan mengingat kata-kata. Dengan meneliti 32 siswi perempuan di sekolah dasar Iran yang dipilih secara acak, Al-Quran terbukti mampu meningkatkan daya ingat anak sebesar 10%. Lebih tepatnya daya ingat terhadap angka naik 9,97% dan daya ingat terhadap kata-kata naik 9,69%.

Prosedur penelitian dilakukan dengan membagi 32 siswa menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 adalah kelompok yang mendengarkan lantunan Al-Quran ketika dalam proses menghafal selama 15 menit dan kelompok 2 adalah kelompok yang tidak melakukan apa-apa pada proses menghafal selama 15 menit. Berikut adalah video lantunan Quran yang sangat merdu.

 

Penelitian tersebut memvalidasi fenomena sosial di masyarakat bahwa manula (manusia lanjut usia) yang rajin membaca dan mendengarkan Al-Quran tidak menunjukkan gejala pikun. Berkaitan dengan hal tersebut, daya ingat adalah faktor terpenting dalam proses pembelajaran, adanya kerusakan pada fungsi daya ingat menyebabkan gangguan seperti pikun dan ketidakmampuan belajar [2].

Referensi:

[1] Atefeh Hojjati, dkk. 2013. Effectiveness of Quran Tune on memory in children. 4th World Conference on Psychology, Counselling and Guidance WCPCG-2013.

[2] Lerner, J. W. 2003. Learning disabilities: Theories, diagnosis, and teac hing strategies(9thed.). Boston: MA: Houghton Mifflin

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Nur Abdillah Siddiq

Nur Abdillah Siddiq

Mahasiswa S3 Fisika ITS, menekuni bidang Optoelektronik dan Elektromagnetika Terapan. Sangat mencintai aktivitas membaca dan mendesain. Profil lebih lengkap dapat dilihat di www.facebook.com/fisrek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *