Dempul Mainan ini Bahkan Mampu Mendeteksi Langkah Laba-Laba

Bagikan Artikel ini di:

Oleh: Abdul Halim, 14 Desember 2016

Dempul mainan yang dibuat dengan bahan inti graphene ini bahkan mampu mendeteksi gerakan sensitif sekalipun seperti gerakan laba-laba. Seperti kita ketahui, bahwa graphene adalah zat carbon yang memiliki struktur molekul seperti lapisan-lapisan tipis yang bertumpuk. Karena itulah, graphene memiliki sifat fleksibel dan kuat. Selain itu, satu lapisan graphene mampu menghantarkan listrik secara efisien.

Baca juga:

Peneliti membuat komposit lembaran nano graphene dalam polimer silikon yang mereka sebut G-putty. Keberadaan graphene akan memberikan sifat hantaran listrik dan peneliti akan mampu mengukur hambatan atau seberapa sulit arus listrik mengalir pada konduktor tersebut. Mereka juga dapat menghubungkan G-putty ke komputer dan bagian lainnya dapat ditempelkan ke kulit atau bagian pembuluh nadi.

Denyut dari pembuluh nadi ini cukup untuk memberikan perubahan sinyal listrik pada G-putty kemudian peneliti dapat mengkonversi data ini terhadap data vital manusia seperti berapa jumlah tekanan darah saat istirahat. Bahkan, G-putty mampu mendeteksi langkah kaki laba-laba. Pada prinsipnya G-putty berperan sebagai sensor tekanan. Kelebihannya, G-putty ini 250 kali lebih sensitif dibandingkan dengan sensor berbasis metal paling murah yang ada dipasaran. Peneliti mempublikasikan hasil penemuannya di jurnal Science.

 

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Bagikan Artikel ini di:

Tinggalkan Balasan