Apa yang Facebook Lihat Saat Seseorang Jatuh Cinta

fb

Ditulis oleh Abdul Halim – Facebook mungkin lebih mengerti prospek kehidupan cinta kita dibandingkan dengan kita sendiri. Tim peneliti data facebook mengumumkan bahwa sebelum sebuah hubungan dimulai, terdapat pola statistik yang mengindikasikan sebuah hubungan akan dimulai. Selama 100 hari sebelum pacaran dimulai, didapatkan peningkatan jumlah postingan status facebook diantara dua orang yang akan menjadi sepasang kekasih di masa yang akan datang. Peningkatan ini lambat tetapi pasti.

apa-yang-facebook-lihat-saat-seseorang-jatuh-cinta
Grafik jumlah postingan di timeline sebelum dan setelah pacaran

Ketika dua pasang sejoli hendak menjadi kekasih, peneliti data Facebook Carlos Diuk menuliskan, dua orang masuk tahap PDKT pada masa dimana posting timeline facebook meningkat. Setelah sepasang tersebut secara resmi berpacaran, postingan timeline facebook keduanya menurun dimungkinkan karena keduanya bahagia menghabiskan waktu bersama.

Selama 100 hari sebelum masa pacaran resmi, terjadi peningkatan perlahan jumlah postingan antara dua sejoli. Ketika hubungan itu resmi dimulai (hari 0), jumlah postingan mulai menurun. Puncak postingan terjadi saat 12 hari sebelum hubungan dimulai yaitu sebesar 1,67 postingan perhari dan menurun hingga 1,53 postingan perhari setelah 85 hari hubungan resmi seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.

apa-yang-facebook-lihat-saat-seseorang-jatuh-cinta-2
Level kebahagiaan sebelum dan setelah berpacaran

Akan tetapi, meskipun jumlah posting menurun setelah resminya hubungan, jenis postingan menjadi lebih bahagia yang meningkat secara signifikan di hari 0 dan 1. Analisa perasaan ini belumlah sempurna ungkap tim peneliti. Robot tidak terlalu pandai dalam menganalisa sindiran.

Tim peneliti mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas data. Untuk menyingkirkan hubungan palsu di Facebook, peneliti hanya mengambil data dari pasangan yang merayakan ulang tahun hubungan antara April 2010 sampai Oktober 2013, bukan hanya mereka yang mengubah status hubungan. Untuk analisa perasaan, mereka hanya fokus kepada pengguna berbahasa Inggris.

 diterjemahkan dari the atlantic

 

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Abdul Halim

Abdul Halim

Menamatkan program ST dan MT di Jurusan Teknik Kimia ITS. Sedang menempuh PhD di University of Tsukuba. Meneliti pemanfaatan bio-nanomaterial untuk pengolahan limbah cair.

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar