Penemuan Organ Baru Pada Manusia

Bagikan Artikel ini di:

mesentery

Anatomi merupakan ilmu yang sudah mati karena hampir semua bagian organ manusia telah ditemukan, tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi beberapa ilmuan berikut.

mesentery
Coffey & O’leary/The Lancet Gastroenterology & Hepatology

Adalah Diane Kelly, PhD yang mempelajari bagaimana struktur jaringan pada penis berbeda dengan struktur jaringan pada organ cacing, meskipun kedua organ tersebut memiliki prinsip kerja yang sama. Perbedaan struktur tersebut mengakibatkan perbedaan kekakuan meskipun tekanan yang berikan sama. Struktur jaringan penis memberikan kekakuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan struktur pada cacing dengan tekanan yang sama.

Selain itu, baru-baru ini ilmuan mengklasifikasikan organ baru yang bernama mesentery. Temuan ini dipublikasikan di jurnal The Lanset Gastroenterology & Hepatology. Mesentery sudah dikenal hampir seratus tahun yang lalu tetapi belum dikategorikan sebagai organ tubuh. Selama ini mesentery dikenal sebagai struktur fragmen yang terpisah dari tubuh sehingga dianggap tidak penting. Tetapi, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mesentery adalah satu kesatuan organ yang berbeda. Buku kedokteran Gray’s anatomy telah diperbarui untuk mengakomodir adanya organ baru ini.


Mesentery adalah lipatan ganda dari selaput perut – selaput rongga perut – yang mengikat usus kepada dinding perut dan menguncinya agar tetap ditempatnya. Tahun 2012 tim peneliti melalui uji mikroskop menunjukkan bahwa mesentery sebenarnya memiliki struktur kontinyu.

Meskipun pengklasifikasian ini tidak mengubah struktur organ manusia, tetapi adanya penggolongan baru akan memberikan ilmu baru pada bidang kedokteran yang dapat meningkatkan kesehatan manusia. Hal tersebut terjadi dikarenakan jika pendekatannya adalah organ, maka ilmuan dapat mengkategorikan beberapa penyakit perut terhadap organ ini, bagaimana peran organ ini terhadap penyakit. Setelah memberikan nama baru, maka peneliti selanjutnya akan mempelajari apa fungsi dari dari organ ini. Setelah mengenal fungsinya, maka mereka dapat mengidentifikasi ketidaknormalan organ ini dan penyakit-penyakit yang ditimbulkannya.

Baca juga: Menumbuhkan Organ Manusia Pada Hewan

     
Abdul Halim

Abdul Halim

Menamatkan program ST dan MT di Jurusan Teknik Kimia ITS. Sedang menempuh PhD di University of Tsukuba. Meneliti pemanfaatan bio-nanomaterial untuk pengolahan limbah cair.

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)