Akankah Penyu Punah dalam Beberapa Tahun Kedepan?

Bagikan Artikel ini di:

penyu

Penyu adalah hewan yang berada pada rumpun Chelonioidea dengan 7 jenis spesies yang tersisa. Hewan ini memiliki cangkang untuk melindungi tubuhnya walaupun salah satu spesiesnya  (penyu belimbing) tidak mempunyai cangkang yang kuat. Beda penyu dengan kura-kura adalah habitatnya. Penyu sepenuhnya hidup di air laut dan hanya penyu betina saja yang sesekali dalam 1 tahun ke daratan (pantai) untuk bertelur. Sedangkan kura-kura hidup di air tawar, meskipun dapat hidup di darat dan di air tetapi lebih banyak menghabiskan waktunya di darat ketimbang di air tawar.

Penyu sangat sensitif terhadap pemanasan global mengingat karakteristik siklus hidupnya dipengaruhi oleh temperatur dan keberadaan sumber makanan,  terlebih lagi penyu mempunyai pertumbuhan rata-rata yang lambat sehingga sangat rentan terhadap ancaman dari lingkungan sekitarnya.

020717_sm_sea-turtle_main.jpg
Penyu, sumber gambar: https://www.sciencenews.org

Memanasnya temperatur sarang penyu dan semakin menurunnya rasio jenis kelamin jantan menjadi ancaman terbesar terhadap populasi penyu. Hal ini didasari pada penelitian Hays dan timnya yang dipublikasikan di jurnal Proceeding of The Royal Society B, memanasnya sarang penyu membuat penyu menetaskan lebih banyak tukik betina daripada jantan (tukik adalah sebutan untuk anak penyu). Hays adalah peneliti ekologi kelautan dari Universitas Deakin Warrnambool, Australia. Bukan hanya itu, perubahan iklim membuat setidaknya 7 jenis spesies penyu memiliki embrio yang tumbuh tanpa memiliki gen yang asli dari spesiesnya. Hal tersebut terjadi karena tidak seimbangnya rasio jenis kelamin antara jantan dan betina memungkinkan persilangan spesies. Apabila kondisi ini terus terjadi, maka beberapa tahun kedepan penyu akan punah dan ekosistem laut dapat terganggu.

Mohon maaf Artikel ini terpotong. LOGIN atau DAFTAR untuk membaca lebih lanjut (GRATIS).

Satu tanggapan untuk “Akankah Penyu Punah dalam Beberapa Tahun Kedepan?

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)