Menanti Detik-detik Lahirnya “Komputer Kuantum”

Bagikan Artikel ini di:

Ilustrasi Komputer Kuantum (www.newscientist.com)

“Pada bulan September 2012, peneliti dari Universitas New South Wales  (UNSW) Australia mengumumkan bahwa komputer kuantum komersial yang pertama akan lahir 5 atau 7 tahun lagi” The Australian1

Secara mengagumkan, ramalan peneliti UNSW tersebut (Andrea Morello dan timnya) akan terbukti benar. Pasalnya di akhir tahun 2017 ini (5 tahun dari 2012), Google akan mengumumkan berhasil atau tidaknya pembuatan komputer kuantum 49-qubit ciptaannya2. Komputer kuantum memang telah dibuat sejak tahun 20013, namun komputer kuantum tersebut masih menggunakan 7 qubit. Padahal komputer kuantum dapat beroperasi secara stabil dan bernilai komersial jika sistemnya memakai 30 sampai 100 qubit4.


Apa itu qubit? Jika pada elektronika digital suatu data direpresentasikan dalam bentuk biner/bit (bernilai 0 atau 1), maka data dalam sistem kuantum direpresentasikan dalam bentuk (0, 1, atau sembarang nilai yang bergantung pada qubit lainnya sesuai dengan prinsip superposisi dan prinsip probabilitas). Prinsip superposisi5 pada qubit secara sederhananya adalah penjumlahan dari komponen-komponen penyusun qubit yang berupa vektor keadaan. Prinsip superposisi menyebabkan 2 qubit dapat merepresentasikan 4 data, 3 qubit merepresentasikan 8 data, dan seterusnya dengan pola 2n. Padahal jika dibandingkan dengan bit, maka data hanya ditampilkan pada satu keadaan diantara 2n keadaan. Tentu hal tersebut menyebabkan kemampuan pemrosesan data yang luar biasa besar menjadi mungkin, karena jika komputer konvensional 50 bit hanya memproses 50 data dalam 1 waktu, maka komputer kuantum 50 qubit dapat memproses data sebanyak 250 atau 1.13×1015 (1.130.000.000.000.000) sekaligus dalam 1 waktu6. Namun kemampuan memproses data tersebut tidak ada kaitannya dengan kecepatan komputer, sehingga dengan adanya komputer kuantum bukan berarti bahwa software pada komputer biasa akan menjadi berjuta-juta kali lebih cepat jika dijalankan pada komputer kuantum7.

Lantas dimana letak manfaat dari komputer kuantum? Komputer kuantum cocok untuk jenis-jenis permasalahan tertentu dan tidak cocok untuk jenis permasalahan yang lain. Berikut adalah 2 aplikasi utama dari komputer kuantum jika nanti (tidak lama lagi) berhasil dikomersialisasikan.


Mohon maaf Artikel ini terpotong. LOGIN atau DAFTAR untuk membaca lebih lanjut (GRATIS).

Anda merasa artikel ini bermanfaat? Mari bantu Warstek untuk bisa bermanfaat lebih besar dengan cara memberikan donasi.

     
Nur Abdillah Siddiq

Nur Abdillah Siddiq

Mahasiswa S3 Fisika ITS, menekuni bidang Optoelektronik dan Elektromagnetika Terapan. Sangat mencintai aktivitas membaca dan mendesain. Profil lebih lengkap dapat dilihat di www.facebook.com/fisrek

Satu tanggapan untuk “Menanti Detik-detik Lahirnya “Komputer Kuantum”

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)