Persamaan Matematika Memeras Pakaian

gambar 4
Gambar 4. (a) Ditemukan bahwa diameter di tujuh posisi dari kiri ke kanan yang diberi simbol angka 1 sampai 7 ternyata hampir sama pada setiap sudut rotasi, ditunjukkan oleh grafik (b), (c) dan (d) berupa data pengukuran diameter handuk kering  yang diputar berturut-turut pada sudut  0 °, 30 °, dan 45 °. Sumber:  European Journal of Physics

Berdasarkan hasil percobaan didapatkan data radius setiap posisi sama, baik untuk handuk basah, kain kering, dan batik yang basah. Jadi asumsi bahwa kain selalu membentuk sebuah silinder yang sempurna dapat diterima.

Terakhir, kembali ke persamaan (8), persamaaan ini telah dikonfirmasi melalui eksperimen terhadap handuk dan kain batik yang diperas dengan sudut 0°, 30° dan 45°. Hasilnya dapat dilihan pada Gambar 5.


gambar 5.png
Gambar 5. Menunjukkan perbandingan perubahan volume air dan volume total sebagai fungsi dari sudut rotasi pada  handuk dan kain batik, untuk masing-masing tiga sudut rotasi. Sumber:  European Journal of Physics

Data yang ditunjukkan dengan simbol adalah data hasil eksperimen, sedangkan data yang ditunjkkan dengan garis merupakan data hasil perhitungan menggunakan persamaan (8). Berdasarkan data hasil eksperimen dan perhitungan dengan teori yang ditunjukkan pada gambar 5, maka dapat disimpulkan bahwa teori dapat memprediksi dengan baik pada rentang  kecil dan besar. Sehingga permodelan fisika memeras pakaian basah dengan tangan sebelum dikeringkan di udara terbuka ini dapat diterima.

Setelah membaca artikel ini, apakah motivasi mencuci Anda meningkat? Ups!, maksudnya apakah motivasi Anda untuk melakukan riset meningkat? tidak ada salahnya memulai dari hal-hal yang sederhana, karena penemuan besar berawal dari mengamati fenomena di alam dan mencari tahu teori yang mendasarinya serta membayangkan bagaiman mekanisme terjadinya fenomena tersebut.

Bahan Bacaan:

Rahmayanti, H. D., Utami, F. D., & Abdullah, M. (2016). Physics model for wringing of wet cloth. European Journal of Physics37(6), 065806.

 

 

Tombol ajaib ini akan mengirimkan artikel Warung Sains Teknologi ke beranda Facebook Anda:


(klik tombol diatas)

Artikel yang berhubungan:

Warstek.com disponsori oleh:

     
Septian Ulan Dini

Septian Ulan Dini

Septian Ulan Dini, pembelajar yang saat ini sedang menempuh studi S1 di Pendidikan Fisika Unila. Bercita-cita keliling dunia dan membentuk inkubator inventor muda di Indonesia.

3 tanggapan untuk “Persamaan Matematika Memeras Pakaian

  • zulfan.adiputra
    04 Agustus 2017 pada 23:05
    Permalink

    Pak Admin,

    Artikel menarik. Saya kurang paham antara sudut rotasi yg 0, 30, 45, dgn sumbu x (yg jg trrlihat sbg sumbu putar/rotasi kainnya) di gambar 4. Klo kainnya diputar dgn derajat rotasi sumbu x, saya ngerti. Tp sumbu rotasi 0, 30, 45 itu apa ya?

    Terima kasih,
    Zulfan

    Balas
    • Septian Ulan Dini
      06 Agustus 2017 pada 10:56
      Permalink

      Terimakasih atas tanggapannya. Gambar 4 menunjukkan data pengukuran diameter handuk kering yang diputar berturut-turut pada sudut 0 °, 30 °, dan 45 ° terhadap sumbu x. Selengkapnya bisa dilihat di Rahmayanti, H. D., Utami, F. D., & Abdullah, M. (2016). Physics model for wringing of wet cloth. European Journal of Physics, 37(6), 065806.

      Best Regard,

      Septian Ulan Dini

      Balas

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar