Kisi Bragg – Definisi, Keunggulan dan Aplikasi

Bagikan Artikel ini di:

Artikel ini termasuk dalam seri Ensiklopedia Fotonika
Silahkan beri saran untuk penggunaan literatur tambahan di kolom komentar agar artikel ini menjadi lebih sempurna dan lebih banyak memberikan manfaat. Artikel ini adalah artikel berlanjut yang isinya akan terus bertambah secara berangsur-angsurr

Pengajar: Nur Abdillah Siddiq
Rangkuman: Menjelaskan definisi kisi, kisi Bragg, dan serat kisi Bragg beserta aplikasinya. Juga dijelaskan mengenai keunggulan serat kisi Bragg dibandingkan dengan serat optik jenis lain.

Gambar 1. Menganalogikan kisi seperti lapis legit merupakan cara yang mudah dalam memahami kisi

Kisi adalah struktur yang merupakan gabungan dari dua elemen yang tersusun secara sejajar. Untuk dapat memahaminya dengan mudah, kisi dapat dianalogikan seperti roti lapis legit yang ditunjukkan oleh gambar 1. Elemen dalam kisi juga sering disebut garis, hal tersebut dikarenakan lebar elemen terhadap lebar kisi relatif sangat tipis. Salah satu elemen dari kisi juga dapat berupa udara sehingga terbentuklah celah yang sering disebut slit. Saat ini sebuah kisi dapat mempunyai puluhan ribu garis per sentimeter dengan lebar kisi yang mencapai 0,56 μm [1], artinya sehelai rambut yang memiliki lebar 60 μm dapat berisi 100 slit [2].


Diantara banyaknya jenis kisi, ada kisi difraksi, ada kisi Bragg, dll. Pada artikel ini akan dibahas mengenai kisi Bragg. Bragg merupakan nama orang yakni William Lawrence Bragg, peraih hadiah nobel termuda di usia 25 tahun. William Lawrence Bragg meraih nobel bersama ayahnya yakni William Henry Bragg karena telah berjasa dalam menganalisa struktur kristal menggunakan X-ray [3]. Tampak samping dari kisi Bragg ditunjukkan oleh gambar 2. Apabila cahaya dirambatkan pada kisi Bragg, maka garis dan celah yang tersusun secara periodik diatas permukaan pandu gelombang dapat menciptakan interaksi diantara cahaya yang merambat maju dan cahaya yang terpantulkan. Interaksi kedua jenis cahaya tersebut disebut dengan kopling.


Mohon maaf Artikel ini terpotong. LOGIN atau DAFTAR untuk membaca lebih lanjut (GRATIS).
     
Nur Abdillah Siddiq

Nur Abdillah Siddiq

Mahasiswa S3 Fisika ITS, menekuni bidang Optoelektronik dan Elektromagnetika Terapan. Sangat mencintai aktivitas membaca dan mendesain. Profil lebih lengkap dapat dilihat di www.facebook.com/fisrek

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)