Siringmakar 11: “Berprestasi dengan PKM, bersama Pemenang Medali Emas PIMNAS”

Gambar 5. Pengumpulan Proposal PKM [Nur Abdillah Siddiq, Siringmakar 11, 2017]
Gambar 6. Pengumpulan Proposal PKM [Nur Abdillah Siddiq, Siringmakar 11, 2017]

Setelah pengumpulan proposal (submit), kita akan menunggu waktu pengumuman cukup lama, yaitu sekitar 4 (empat) bulan. “Sepengalaman saya 4 tahun mengikuti PKM biasanya pengumumannya bulan Februari. Untuk di tahun 2017, menurut sumber dari adik kelas saya, pengumpulan proposal PKM telah dibuka di Simbelmawa Dikti dan deadline-nya 28 November 2017″, terang pemateri.

Jika Proposal PKM kita didanai, alhamdulillah, maka perjalanan baru dimulai. Tetapi jika belum beruntung, tenang saja, jangan buang idemu, masih banyak (banget) kompetisi karya tulis, dan karya tulis kita bisa disempurnakan dan diikutkan ajang tersebut. Jadi, singkat kata, bikin PKM apakah didanai atau tidak, kita tidak rugi sama sekali.

Bagaimana jika proposal kita didanai?

Ketika proposal PKM didanai, yang harus disadari adalah uang PKM tidak langsung 100% turun, melainkan berangsur-angsur. Oleh karena itu, solid atau tidaknya tim kita diuji, semua anggota tim harus mau meminjamkan uangnya, “dulu tim saya biasanya urunan 500ribu-an dan terkumpullah 2,5juta”. “Uang itu penting untuk memulai tindakan PKM, nah ini salah satu rahasia sebenarnya, banyak banget tim PKM yang baru nunggu uang PKM cair baru gerak, sehingga mereka kalah start” ungkap pemateri.

Biasanya kita diberi waktu 4 bulan oleh Ristekdikti untuk merealisasikan gagasan PKM kita, dan saran saya selesaikan sebisa mungkin program kita dalam waktu 3 bulan, karena 1 bulan terakhir bisa dijadikan waktu untuk ikut seminar internasional (bagi PKM-P, PKM-KC dan PKM-T) atau bisa fokus jualan menaikkan omzet (bagi PKM-K) dan mencetak kader (bagi PKMM), terang pemateri lebih lanjut.


Adanya bukti paper yang sudah ter-submit di jurnal atau konferensi, pernah dimuat di media cetak maupun media elektronik, memiliki hak paten, hak cipta, hak merk dagang dan lain-lain akan menjadi nilai tambah bagi PKM kita dan memperbesar peluang lolos PIMNAS. Sebagai contoh, ada satu tim dari suatu kampus (yang tidak mau saya sebutkan namanya) pernah diliput oleh Metro TV, hanya 3 menit menyetel videonya, dan kemudian presentasi biasa saja, bisa menyabet Medali Perunggu (Juara 3) presentasi PKM-KC. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menyisakan waktu 1 bulan untuk mengurus poin-poin tambahan tersebut.

Gambar 7. Timeline Pengerjakan PKM [Nur Abdillah Siddiq, Siringmakar 11, 2017]
Tahap terakhir, Monev Dikti pada bulan Juni…

Monev Ristekdikti pada bulan Juni, dan pengumuman Pimnas biasanya bulan Juli dan pelaksanaan Pimnas nya pada bulan Agustus. “Ketika Monev Ristekdikti, saran saya adalah sebisa mungkin menghadirkan dosen pembimbing untuk menonton presentasi kelompok kita, dan kita juga memberitahu juri reviewer ristekdikti bahwa dosen pembimbing kami turut hadir dan terus mendukung program kreativitas mahasiswa kami”.

Gambar 8. Organisasi yang Diikuti Pemateri Selama Kuliah [Nur Abdillah Siddiq, Siringmakar 11, 2017]

Oh ya, meski 4 tahun tersebut saya 4x berturut-turut lolos Pimnas dari Maba hingga lulus, saya masih sempat berorganisasi, bahkan alhamdulillah diamanahkan menjadi Ketua Lembaga Dakwah Jurusan Teknik Fisika di ITS di tahun ke-3 kuliah, dan Ketua KOPMA ITS di tahun ke-4 kuliah. Jadi jangan jadikan ikut PKM selama 6 bulan (dalam 1 periodenya) untuk tidak aktif berorganisasi ya, hehe”.

Tombol ajaib ini akan mengirimkan artikel Warung Sains Teknologi ke beranda Facebook Anda:


(klik tombol diatas)

Artikel yang berhubungan:

Warstek.com disponsori oleh:

     
Nailul Izzah

Nailul Izzah

Pembelajar | Penikmat kopi | DIII Teknik Kimia Undip Alumni | Staf Admin POGI | Semarang | nailul.izzah91@gmail.com

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar