Siringmakar 11: “Berprestasi dengan PKM, bersama Pemenang Medali Emas PIMNAS”

Pemateri: Nur Abdillah Siddiq (Medali Perunggu Presentasi PKMK pada PIMNAS 2012; Medali Emas Presentasi PKMP pada PIMNAS 2013; Medali Emas Poster PKMKC pada PIMNAS 2015)
Moderator: Wayan Dadang

Pengantar

Apa sih, pentingnya menulis proposal PKM bagi mahasiswa?”. Program Kreativitas Mahasiswa yang disingkat dengan PKM adalah salah satu usaha yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang dapat mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi maupun seni dan budaya Indonesia.

Diskusi

Gambar 1. Pemateri adalah peraih medali tiga kali  pada kompetisi PKM yang diselenggarakan Ditjen Dikti [Nur Abdillah Siddiq, Siringmakar 11, 2017]

Medali yang diperoleh pemateri cukup beraneka ragam bidangnya. Bermula dengan mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKMK), karena pada awal ikut berkompetisi masih mahasiswa baru dan keilmuan jurusan belum mencukupi, kemudian di tahun kedua diajak oleh senior untuk meneliti dan membuat Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian (PKMP), dan pada tahun ke-3 serta ke-4 barulah menjadi ketua kelompok dan ide sendiri. Pemateri menyarankan bagi peminat kompetisi PKM, utamanya kepada para mahasiswa baru (Maba), bisa mengawali dengan ikut PKM-K yang mengangkat tema kerajinan dan industri kreatif.

Oke, pertama pertanyaannya, kenapa harus PKM (yang finalnya adalah PIMNAS)?

Gambar 2. Mengapa PIMNAS? [Nur Abdillah Siddiq, Siringmakar 11, 2017]

karena menurut pendapat saya hanya PKM-lah yang semua jurusan dapat berpartisipasi, mau dari jurusan administrasi negara, jurusan komunikasi, ataupun jurusan robotika, bisa berkolaborasi dalam 1 kelompok” ungkap pemateri.

Gambar 3. Judul-judul PKM yang Diikuti Pemateri [Nur Abdillah Siddiq, Siringmakar 11, 2017]
Selanjutnya, tahap pembuatan proposal PKM

Gambar 4. Pembuatan Proposal PKM [Nur Abdillah Siddiq, Siringmakar 11, 2017]

Pada Gambar 4. adalah garis besar dalam 5 Bidang PKM dan pola penyusunan proposal, tips sebelum menyusun proposal adalah sebagai berikut:

  1. Seringlah membaca dan mempelajari proposal-proposal yang telah didanai oleh Ristekdikti, akan lebih baik lagi apabila proposal yang dipelajari adalah yang sudah pernah memenangi medali;
  2. Akses untuk memperoleh proposal yang pernah didanai adalah dapat melalui atau menghubungi Bagian Ristek/ Keilmiahan Fakultas atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), selanjutnya gunakanlah metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Perhatikanlah pola-pola proposalnya. Biasanya rekan-rekan akan dapat polanya setelah membaca lebih dari 3 proposal.

Selain mempelajari pola penyusunan proposal, judul proposal PKM juga berpengaruh, karena judul ibarat gerbang bagi reviewer PKM untuk penilaian di awal bahwa proposal PKM yang diajukan bagus atau tidak. “Lagi-lagi tips-nya adalah membaca, silahkan download pengumuman judul-judul PKM yang didanai di website Ristekdikti, ada sekitar 3000 PKM yang didanai, dan rekan-rekan bisa belajar dari sana, lagi-lagi, lihat polanya. Di gambar 3, adalah judul-judul PKM saya yang didanai, dan alhamdulillah semuanya lolos Pimnas, bahkan PKM-K masih berlanjut sampai sekarang, seperti Rebable yang di-handle oleh teman saya, dengar-dengar sih sudah sampai ekspor ke Vietnam. Jadi, Pimnas bukanlah akhir rekan-rekan” imbuh pemateri.

Tahap selanjutnya adalah Pengumpulan Proposal PKM…

Pada tahap pengumpulan proposal yang harus diperhatikan adalah jangan mengunggah (upload) proposal ke website Simbelmawa di saat hari deadline, karena bisa menyebabkan kegagalan pengunggahan karena penuhnya yang mengakses website pada hari-hari terakhir deadline. “Saran saya adalah sebisa mungkin upload-nya H-7, maksimal H-3 lah, supaya gak sia-sia udah 1 bulan bikin proposal, eh, nggak tahunya gagal upload karena sistem down atau crowded”. Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah “Revisi”, jadi sesering mungkin berkonsultasi dengan dosen pembimbing, yakinlah pada 1 prinsip bahwa dosen pembimbing kita akan bangga jika anak didiknya berprestasi.

Page: 1 2 3 4

Nailul Izzah :Pembelajar | Penikmat kopi | DIII Teknik Kimia Undip Alumni | Staf Admin POGI | Semarang | nailul.izzah91@gmail.com