Robot Sepeda Motor Tanpa Pengemudi, Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagikan Artikel ini di:

Selama ini kita tahu bahwa sepeda motor atau sepeda kayuh tidak dapat berdiri sendiri atau tidak dapat berjalan sendiri apabila tidak ada yang mengemudi. Sepeda yang kita dirikan secara tegak akan kembali jatuh ke samping kanan atau kiri apabila tidak ada penyangganya. Salah satu syarat agar sepeda dapat seimbang adalah dengan adanya pengendara yang mengayuh atau mengemudi. Namun dunia penelitian di bidang robotika telah berhasil membuat purwarupa sepeda atau sepeda motor yang dapat berdiri tegak dalam keadaan diam maupun berjalan tanpa ada kemudi yang disebut sebagai Auto-Balanced Robotic Bicycle (ABRB).


Auto-Balanced Robotic Bicycle (ABRB), (Aamer Almujahed et al)

Pada dasarnya, agar sepeda dapat berdiri secara mandiri harus memiliki 3 roda atau kaki penyangga agar tidak terjatuh. Namun hal ini dapat diatasi agar sepeda dapat berdiri sendiri yaitu dengan memerhatikan sifat fisisnya seperti torsi (torque), percepatan (acceleration), inersia (inertia), dan 


Mohon maaf Artikel ini terpotong. LOGIN atau DAFTAR untuk membaca lebih lanjut (GRATIS).
     
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)