Hasil Penelitian Menunjukkan Masalah Hidup Membuat Kita Semakin Kuat

Bagikan Artikel ini di:

Pernah mengalami masalah atau bertemu dengan orang yang memiliki banyak masalah?

Mungkin kita pernah mendengar cerita dari orang tua kita yang melalui masa mudanya dengan jerih payah. Lantas orang tua kita menceritakan jerih payahnya tersebut dengan rasa bangga karena telah melaluinya. Mungkin pernah juga kita merasa biasa saja saat menghadapi suatu masalah karena pernah mengalami hal yang lebih berat. Ternyata, hambatan atau ujian ini jika dapat kita atur dengan benar, maka akan memberikan kekuatan kepada kita [1].

Banyak peribahasa atau perumpamaan untuk membangkitkan semangat saat ujian hidup datang. Misalkan saja, menganggap ujian sebagai sebuah tes apakah kita anak naik kelas atau tidak. Seorang filosof Jerman, Friedrich Nietzsche mengatakan, “that which does not kill us, make us stronger“. Dalam kitab suci umat Islam, Al Qur’an, banyak ayat motivasi untuk terus berusaha dan tidak berputus asa terhadap ujian yang diberikan Allah. Misalkan dalam surat Al Baqarah 286 yang menegaskan bahwa Allah tidak memberikan ujian diluar kemampuan hamba-Nya. Dan dipertegas pula dalam surat Al Insyirah 5-6 bahwa dalam setiap kesulitan ada kemudahan [2].


Hasil Penelitian Tentang Stress dan Kondisi Pikiran yang Ternyata Saling Berkaitan 

Mohon maaf Artikel ini terpotong. LOGIN atau DAFTAR untuk membaca lebih lanjut (GRATIS).
     
Abdul Halim

Abdul Halim

Menamatkan program ST dan MT di Jurusan Teknik Kimia ITS. Sedang menempuh PhD di University of Tsukuba. Meneliti pemanfaatan bio-nanomaterial untuk pengolahan limbah cair.

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)