Setelah Robot Sophia, Program Cerdas bernama Shibuya Mirai juga Mendapat Identitas Resmi dari Pemerintah Jepang

Bagikan Artikel ini di:

Pada hari Sabtu, 4 November 2017, suatu program dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) telah secara resmi mendapat identitas (ID) di distrik kota tersibuk Tokyo, Jepang. Dan sejak saat itu pula gambar identitas dari dokumen kependudukan kecerdasan buatan tersebut telah disebarkan ke publik secara luas.  Kecerdasan buatan tersebut hanya ada di dunia maya (tidak nyata) bernama “Shibuya Mirai” yang menyerupai anak laki-laki usia 7 tahun. Anak laki-laki bernama “Shibuya Mirai” tersebut tidak bisa berinteraksi dengan manusia secara langsung karena tidak ada secara fisik, tapi bisa melakukan percakapan secara tertulis (teks) dengan manusia pada aplikasi pesan LINE. Hal ini membuat Shibuya Mirai yang pertama di Jepang dan mungkin pertama di dunia dimana sebuah bot (program komputer) yang mempunyai kecerdasan buatan diberikan tempat tinggal dalam kehidupan nyata di distrik lokal Tokyo[1].


Kartu identitas resmi “Shibuya Murai”
(Sumber : http://www.digitaljournal.com/image/362602)

Kecerdasan buatan berupa bot yang bermana “Shibuya Mirai” tersebut mempunyai arti masing-masing pada dua kata penyusun namanya. Kata pertama “Shibuya” ter-inspirasi dari distrik mode populer di kota yang menarik banyak anak muda. Sedangkan kata kedua “Mirai” dalam bahasa Jepang mempunyai arti “masa depan”. Tujuan dari pemberian nama ini tersirat makna bahwa “masa depan teknologi ada di tangan anak muda” [2]. Anak-anak se-usia “Shibuya Mirai” seharusnya sedang belajar di sekolah dasar untuk tahun pertama sekolah.

Pemerintah lokal kota tersebut sangat antusias dengan keberadaan chat-bot bernama ‘Shibuya Mirai” ini. Shibuya Mirai mengatakan tujuan penciptaannya agar pemerintah daerah kabupaten dapat lebih akrab dengan warga dan memungkinkan pejabat daerah untuk mendengarkan pendapat penduduk wilayah tersebut. Pengembang “Shibuya Mirai” berkata pada Microsoft yang bersama-sama mengembangkan kecerdasan buatan tersebut, yaitu: 


Mohon maaf Artikel ini terpotong. LOGIN atau DAFTAR untuk membaca lebih lanjut (GRATIS).
     
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)