Tutorial Mem-Plot Grafik dari Arduino ke Visual Mikro pada  Visual Studio 2015 dan 2017

Bagikan Artikel ini di:

Salah satu penyajian data yang menarik dari hasil penelitian atau data yang dibaca secara realtime (terus-menerus) dari perangkat mikrokontroller (arduino misalnya) adalah dalam bentuk grafik. Seringkali dalam Tugas Akhir (TA) dosen pembimbing meminta mahasiswa bimbingannya untuk menyajikan data dalam bentuk grafik. Data input dikirim dari Arduino menggunakan komunikasi serial ke laptop atau komputer. Pada tulisan ini saya hanya akan menjelaskan pada visual Studio untuk versi 2015 dan 2017 saja.

Microsoft Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Visual Studio mendukung  36 bahasa pemrograman dan memungkinkan kode editor dan debugger untuk mendukung hampir semua bahasa pemrograman. Dalam satu paketnya terdapat bahasa pemrograman C, C++, C++/CLI, Visual Basic.NET, C#, F#, JavaScript, TypeScript, XML, XSLT, HTML dan CSS. Dan, juga mendukung untuk Bahasa pemrograman lain seperti Python, Ruby, Node.js, dan M[1,2].

Tampilan Arduino IDE di Visual Studi 2017

Pada Microsoft Visual Studio 2015 dan 2017 terdapat Visual Mikro khusus untuk Arduino IDE yang dapat digunakan untuk mem-plot grafik dari output pembacaan sensor Arduino secara visual dengan menggunakan komunikasi serial. Lebih lengkap mengenai Arduino IDE untuk Visual Studio dan Atmel Studio dapat dibaca di link1 dan link2.

Baiklah tanpa banyak basa-basi yang bisa bikin pening kepala nantinya, langsung saja ke pembahasan, to the point istilah kerennya :D. Disini saya anggap temen-temen sudah pernah menggunakan visual studio baik versi 2010, 2012, 2013, ataupun versi atasnya. Jika belum silahkan cari-cari tutorial lain dan pelajari via google. Saya hanya menjelaskan bagaimana cara menggunakan visual mikro buat menampilkan grafik saja dan tidak menjelaskan secara lebih mendalam seperti cara download, cara install dll, soalnya kalo di tulis semua bisa satu buku. Disini kita akan belajar secara santai dan enjoy, apalagi malam minggu nihh, buat para jones, jofish, dan jomblo-jomblo jenis lain kita malming bersama visual mikro biar malmingnya barokah. hahaha.

Dalam mem-Plot grafik pada tutorial ini, Visual Mikro menyediakan sintak (kode program) “@Plot” yang khusus untuk memplot grafik. Berikut contoh sintak untuk memplot grafik dari Arduino ‘{@Plot.MyPlot.Grafik.Red sesnorValue}’, penjelasannya “@Plot” untuk menampilkan grafik, “MyPlot” nama window Plot grafiknya, “Grafik” untuk nama grafik, “Red” untuk warna grafik, dan “sensorValue” merupakan data yang akan kita plot ke dalam grafiknya.

Dalam penulisan program pada Arduino IDE di Visual Mikro sama dengan penulisan program seperti di Arduino IDE yang kita pakai untuk memprogram Arduino secara umum, jadi tidak perlu repot-repot ubah sana dan ubah sini. Disini saya mem-plot grafik dari hasil pembacaan sensor ADC dari Arduino. Berikut program yang saya copas langsung dari Arduino Examples. Pada tutorial ini saya menggunakan Arduino DUE dan temen-temen bisa menggunakan versi lainnya seperti Arduino nano, Uno, mega, dll.

Program pembacaan data ADC menggunakan Arduino DUE

kemudian, untuk mengecek apakah program ada yang salah tulis sintak temen-temen bias mengecek nya dengan menekan tombol Build berikut yang saya lingkar merah,

Tombol Build (cek program error) program ke Arduino pada Visual Mikro

Jika Tidak ada error, maka temen-temen bisa mem-upload (memasukkan program ke Arduino) menggunakan tombol berikut,


Tombol Build dan Upload program ke Arduino pada Visual Mikro

Sebelum meng-upload program atur terlebih daluhu, COM dan jenis Arduino seperti pada penggunaan Arduino IDE. Secara lebih jelas di tampilkan pada gambar berikut,

Sedangkan untuk mem-Plot grafik yang ditampilkan pada serial monitor temen-temen dapat menambahkan program berikut,

Membuat program plot grafik dari sensorValue output

Langkah-langkanya adalah klik sekali pada titik merah pada baris 17 yang merupakan program yang ingin kita plot kedalam bentuk grafik, lalu akan muncul titik merah seperti gambar di atas, kemudian klik kanan lalu pilih Actions. kemudian akan muncul kotak dialog seperti berikut,

Penulisan program untuk plot grafik dari sensorValue output

Kemudian centang Action dan Continue execution, lalu isi program pada kotak dialog Log a message to Output Windows dengan program berikut, ‘{@Plot.MyPlot.Grafik.Red sesnorValue}’ atau seperti pada gambar diatas. Kemudian klik close dan tekan cek terlebih dahulu apakah ada error atau tidak, jika tidak ada error lakukan upload program dan akan medapatkan hasil seperti berikut ini,

Grafik hasil plot di Visual Mikro

Demikianlah tutorial singkat ini , semoga bermanfaat.

berikut video hasil rekamannya,

 

Referensi:

  1. Wikipedia Indonesia, Microsoft Visual Studi (https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Visual_Studio)
  2. Wikipedia Inggris, Microsoft Visual Studi (https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Visual_Studio)
     
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)