Mengenalkan Sains dari Mainan Hotwheels

Oleh: dr.Penggalih M Herlambang

Sains sehari-hari

Sedang boomingnya mainan mobil-mobilan hotwheels yang banyak dijumpai di minimarket kadang membuat orang tua was-was kedompetnya kalau pas mengajak anak. Padahal bisa saja mainan ini menjadi media belajar anak untuk mencintai sains. Sains mengajarkan kepada anak tentang logika fenomena sebab-akibat.

Ya, pengalaman pribadi agar anak tidak hanya bermain tapi juga belajar tentang fenomena-fenomena fisika seperti berikut.

  1. Energi potensial

Ketika memasang track dengan ketinggian tertentu, anak kadang penasaran bagaimana mobil bisa bergerak cepat. Kemudian cobalah menaikkan ketinggian track, maka mobil akan semakin cepat meluncur dengan jarak tempuh semakin jauh.

Ya, ada energi potensial yang bekerja di mobil tersebut. Gabungan antara massa mobil (m), percepatan dari pengaruh gravitasi (g), serta ketinggian awal track (h) akan mempengaruhi energi potensial (Ep).

Ep = m.g.h

  1. Gravitasi

Saat anak masih penasaran kenapa mobil mainan jatuh ke bawah, kita bisa mengenalkan bahwa ada gaya gravitasi (F) yang menarik benda tersebut. Bahwa objek yang lebih besar (m1) akan menarik objek yang lebih kecil (m2)  yang berada pada jarak terdekat (r).

F = G (m1.m2)/r2

  1. Gaya gesek

Di akhir track coba kita arahkan ke media ubin, karpet, dan karton. Lalu kita bisa melihat bahwa mobil lebih cepat melambat di karpet daripada karton yang bergelombang. Disini kita bisa mengenalkan adanya gaya gesek (f) yang dipengaruhi oleh koefisian gesek (µ) yang berbeda antara karpet, karton dan ubin.

f= µ.N

  1. Impuls-Momentum

Ketika mobil berjajar secara seri lalu ada mobil dari salah satu arah menabrak dengan kecepatan tinggi, maka mobil paling ujung arah berlawanan akan bergerak.

Banyak sekali fenomena lain seperti Gerak lurus berubah beraturan (GLBB), bidang miring, dan sebagainya dari hotwheels ini. Tetapi yang terpenting  adalah jangan sampai anak kehilangan sensasi kebahagiaan dalam bermain.

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar