Pingin S2 Di belgia 2018-2019, Coba Apply Beasiswa Ini!

Explorer Guidebook

Melanjutkan perkuliahan di Luar negeri dan menjadi mahasiswa Internasional adalah Impian sebagaian orang. Lanjut dengan status penerima beasiswa adalah salah satu capaian yang sangat membahagiakan dan membanggakan. Kali ini kabar beasiswa datang dari Pemerintah Flandria atau Flanders. Pemerintah Flandria atau yang paling dikenal dengan sebutan belgia ke empat kalinya membuka kesempatan untuk mahasiswa  pelamar Internasional untuk melanjutkan pendidikan dengan iming-iming beasiswa.

Aneka Info Unik

Master Mind Scholarships adalah nama beasiswa tersebut. Kuota penerima beasiswa untuk anggaran 2018-2019 sebanyak 40-50 kursi. Peluang yang lumayan banyak dan sangat sayang untuk di sia-siakan begitu saja. Apalagi jika menginginkan kuliah di negara bagia belgia ini.

Beasiswa S2 yang ditawarkan Pemerintah Flandria terbuka untuk semua jurusan pada perguruan tinggi yang ada di Flandria.  Beberapa universitas terkemuka Belgia misalnya University of Antwerp atau Ghent University.  para calon Penerima beasiswa nantinya berhak memperoleh bantuan dana studi sebesar 8.000 Euro per tahun. Bukan jumlah yang sedikit bukan?

proses memperoleh beasiswa tersebut diberikan berdasarkan durasi program master yang diambil. Minimum 1 tahun dan maksimum 2 tahun. Yang menarik, para penerima beasiswa kelak  hanya dikenakan biaya kuliah sekitar 108,8 Euro per tahun pada universitas yang dituju. Selain itu, pelamar juga bisa mendaftar beasiswa S2 di Flandria, Belgia ini untuk mobility yang tengah mengambil S2 dengan syarat sekurangnya separo dari kredit kuliah diambil di universitas Flandria. 
visithelsinki,if

Perguruan Tinggi  yang ada di Flandria:

✫ Universities
▪ KU Leuven / University of Leuven: www.kuleuven.be/english
▪ University of Antwerp: www.uantwerpen.be/en/education/international/international- students/scholarships/mastermind/
▪ Ghent University: www.ugent.be/en/education/degree/practical/application
▪ Hasselt University: www.uhasselt.be/scholarships
▪ Vrije Universiteit Brussel: www.vub.ac.be/en/scholarship/mastermind
✫ University colleges (Arts and Nautical Sciences)
▪ Antwerp Maritime Academy: www.hzs.be/en
▪ Artesis Plantijn University College Antwerp: www.ap.be/international
▪ Erasmus University College Brussels: www.erasmushogeschool.be/international/studying
▪ Karel de Grote University College: Kris Naeyaert (study) – www.kdg.be/international/kdg-in-english
▪ LUCA School of Arts: www.luca-arts.be/en/exchange-students
▪ PXL University College: https://pxl-mad.be/en
▪ University College Ghent: www.hogent.be/en
Wandra Aira

Persyaratan:

1. Pelamar mendaftar untuk mengambil program gelar master di salah satu perguruan tinggi di Flandria.
2. Pelamar harus memiliki performa akademik yang tinggi:
~ IPK rata-rata 3.0 dari 4.0
~ Mahir berbahasa Inggris (minimum skor IELTS 7.0 atau total skor TOEFL 100, atau level C1 untuk CAE)
~ Bagi yang mendaftar di bidang seni minimum skor IELTS 6.5, atau total skor TOEFL 90, atau level B2 untuk CAE
3. Universitas juga melakukan pemeriksaan akademis terhadap file mahasiswa. Mahasiswa harus diterima di universitas untuk dapat memperoleh beasiswa meskipun keputusan universitas diambil setelah beasiswa diberikan ke mahasiswa
4. Semua kewarganegaraan bisa mendaftar. Gelar yang diperoleh sebelumnya haruslah dari perguruan tinggi yang berlokasi di luar Flandria
5. Mahasiswa yang sudah terdaftar di institusi perguruan tinggi Flandria tidak bisa mendaftar
6. Mahasiswa mobility selama program master diperbolehkan. Namun, setidaknya separo dari kredit program master harus diambil di universitas Flandria
Dokumen aplikasi:
1. Foto ukuran paspor
2. Salinan paspor atau KTP
3. Salinan transkrip akademik. Jika tidak ditulis dalam bahasa Belanda, Prancis, atau Inggris, sediakan terjemahan resminya ke dalam bahasa tersebut.
4. Hasil tes kemampuan bahasa Inggris (ex: TOEFL/IELTS)
5. Letter of motivation dalam bahasa Inggris
6. Surat rekomendasi dari 2 profesor perguruan tinggi asal dalam bahasa Inggris
7. Salinan ijazah. Jika ditulis selain dalam bahasa Prancis, Belanda, atau Inggris, sediakan terjemahan resminya
8. Tiga alasan motivasi untuk melamar (sekurangnya 150 kata) pada file kandidat
Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa Pemerintah Flandria memiliki kesamaan Beasiswa Eiffel. Pelamar tidak bisa mengajukan langsung beasiswa tersebut ke Pemerintah Flandria. Tapi, melalui perguruan tinggi yang dilamar. Pelamar bisa mendaftar terlebih dahulu ke universitas serta program yang diminati. Sekaligus mengajukan beasiswa ke universitas Belgia untuk memperoleh Master Mind Scholarships berdasarkan dokumen aplikasi yang sudah dilengkapi di atas. Nanti pihak universitas yang akan melakukan seleksi awal, kemudian nantinya mengajukan nama calon kandidat ke Pemerintah Flandria. Mekanisme pendaftaran beasiswa bisa dilihat melalui link masing-masing universitas yang tertera di atas atau di laman beasiswa Pemerintah Flandria.
Deadline aplikasi beasiswa ditetapkan oleh masing-masing universitas. Umumnya paling lambat 15 Februari 2018. Pengumuman hasil seleksi beasiswa disampaikan Juni 2018. Perkuliahan dimulai September 2018 untuk tahun akademik 2018 – 2019.  Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa di Flandria ini bisa ditanyakan via email: mastermind@vluhr.be
Nah buat kamu yang pemburu beasiswa dan sedang mencari  beasiswa ke negara belgia silahkan di cermati baik-baik diatas yah.

“Kalau bukan Anda yang membangun bangsa ini, jangan harapkan orang lain membangun. Masa depan setiap bangsa ada di sumber daya manusianya,” ujar Habibie. (Fik/Nrm)

 

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar