Cara LIPI Menyapa 2018 dan Saran Sains untuk Resolusimu di Tahun 2018

Kartu Ucapan Selamat Tahun Baru dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/ lipi.go.id

Mengawali aktivitas di tahun 2018, sebagian dari kita mungkin akan menyalami teman atau kolega dengan mengucapkan selamat tahun baru, begitu pula dengan LIPI. Dilansir dari website resminya, LIPI telah merilis kartu ucapan Selamat Tahun Baru 2018 dengan cara yang tidak biasa. Kartu ucapan dengan panjang hanya 25 mm atau kira-kira setara dengan ukuran virus polio, dibuat oleh Tim Peneliti dari Laboratorium Focused Ion Beam  (FIB) LIPI dengan proses ukiran (engraving) menggunakan alat Dual Beam. Perilisan kartu ucapan yang spesial ini sekaligus sebagai media untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang dimiliki LIPI dalam upaya memperkuat kualitas penelitian di Indonesia.

Terlepas dari euforia perayaan maupun segala ritual penyambutan tahun baru, banyak dari masyarakat mungkin merenung dan melakukan refleksi akan tujuan apa yang belum tercapai, tujuan yang kerap disebut sebagai resolusi. Kita mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya untuk merealisasikan resolusi sesederhana seperti menurunkan/menaikkan berat badan, atau bahkan untuk resolusi yang lebih serius seperti menyelesaikan skripsi, menyusun proposal kompetisi, ibadah tepat waktu, dll.  Apakah ada daftar resolusi Anda yang belum tercapai di tahun 2017?

Nah, bisa jadi resolusi Anda yang belum jelas dan kurang spesifik lah yang menjadi penyebab resolusi yang sudah lama ingin  diraih namun masih belum tercapai. Business Insider melansir beberapa tips yang melibatkan hasil penelitian dan saran ahli, dengan beberapa tambahan tips dari Warstek tentunya, semoga bisa menjawab tantangan dalam meraih resolusi Anda.

Tips berikut mencakup gaya hidup sehat hingga bagaimana meningkatkan produktivitas diri, dengan cara yang bisa dipraktekkan oleh siapapun. Diharapkan dengan mengenali apa saja yang dibutuhkan dalam meraih resolusi, maka akan lebih memberikan peluang untuk mencapainya.


Jika mendapatkan berat badan ideal adalah hal yang ingin dicapai tahun ini, maka resolusi yang tepat dicoba adalah dengan mulai memperbaiki kualitas tidur, mulai bergerak, berkeringat dan perhatikan apa yang Anda makan.

Jika salah satu resolusi Anda adalah menurunkan berat badan, ada baiknya menyimak  satu penelitian di tahun 2014 lalu, dimana para peneliti menemukan adanya hubungan kurang tidur dengan kegemukan pada anak-anak dan orang dewasa. Nah, pernahkah di malam hari Anda terjaga dan tiba-tiba ingin mengemil semangkuk mie instan?. Mungkin saatnya Anda mengurangi jam begadang yang dapat menyebabkan keinginan untuk makan di tengah malam. Tentu saja makan di tengah malam dapat berdampak pada naiknya berat badan. Kualitas tidur ini juga banyak diasosiasikan dengan kesehatan dan kebugaran tubuh yang berhubungan pula dengan ritme sirkadian pada masing-masing orang.

   Olahraga/ pexels.com

Resolusi yang menjadi favorit dan berkaitan pula untuk mendapatkan berat badan ideal adalaho berolahraga. Banyak penelitian yang mendukung manfaat olahraga, tepatnya aktivitas fisik aerobik yang memicu laju denyut jantung dan menghasilkan keringat. Berolahraga mampu meningkatkan kemampuan kognitif otak yang ternyata juga berdampak baik bagi orang lanjut usia yang mengidap alzheimer. Olahraga terbaik yang disarankan oleh seorang ahli psikologi bidang olahraga, Dr. Steve Graef, adalah dengan memilih satu jenis olahraga yang disenangi dan dilakukan secara rutin. Hal ini dikarenakan pilihan olahraga setiap orang berbeda, ada yang lebih menyukai aktivitas berlari maraton,  senam Zumba, atau berlatih panjat tebing dengan tingkat kesulitan tertentu. Lebih lanjut, Dr. Graef mengungkapkan kepada Business Insider jika olahraga dapat menjadi suatu gaya hidup apabila kita menyenanginya.

Tombol ajaib ini akan mengirimkan artikel Warung Sains Teknologi ke beranda Facebook Anda:


(klik tombol diatas)

Artikel yang berhubungan:

Warstek.com disponsori oleh:

     
Nailul Izzah

Nailul Izzah

Pembelajar | Penikmat kopi | DIII Teknik Kimia Undip Alumni | Staf Admin POGI | Semarang | nailul.izzah91@gmail.com

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar