Seorang Siswa dari New Jersey Mampu Membuat Sirkuit Terpadu Secara DIY di Lab Pribadinya

Bagikan Artikel ini di:

Ketika siswa-siswi SMA kebanyakan sibuk dengan urusan masing-masing, ada yang stres karena tugas menumpuk, ada yang tidak bisa menggunakan alat-alat laboratorium, ada yang sibuk dengan urusan pribadi, dll. Berbeda halnya dengan seorang anak SMA bernama “Sam Zeloof” yang berasal dari New Jersey Amerika. Zeloof sudah mampu membuat sebuah Sirkuit Terpadu (Chip, IC) dengan tangannya sendiri (hand made) secara otodidak. Dan yang mengagumkan, Zeloof memulai membuat sirkuit terpadu di garasi rumah orang tuanya yang diubah menjadi laboratorium kecil[1].

Proses pembuatan IC (Sumber: https://interestingengineering.com/this-teen-is-building-diy-integrated-circuits-in-his-garage?utm_medium=ppc&utm_source=onesignal&utm_campaign=onesignalpush)

Dalam proses pembuatan sirkuit terpadu untuk skala perusahaan, tentu saja menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Misalnya saja pada 2017, Intel mengumumkan bahwa telah menginvestasikan 7 miliar dolar US untuk menyelesaikan fasilitas pembuatan chip dengan ukuran 7 nanometer. Mahalnya fasilitas pembuatan chip karena membutuhkan ruangan khusus yang sangat bersih dan bebas dari debu (clean room), baca  Litografi, Proses yang Melahirkan Teknologi Modern. Namun fasilitas yang digunakan oleh Zeloof tidak semahal yang dibuat oleh Intel. Berbekal dengan hobinya dibidang elektronika, mengantarkan Zeloof berhasil membuat laboratorium untuk fabrikasi semikonduktor yang dikenal sebagai “fab”. Fab berlokasi di garasi dirumahnya sendiri, dengan pasokan suku cadang dan bahan-bahan yang dibelinya di toko onlie eBay.

Selama proses belajar secara otodidak, Zeloof banyak melakukan percobaan-percobaan yang bersifat DIY (do it yourself, melakukan sendiri). Dimulai dengan membaca buku-buku dan paten dari tahun-tahun awal yang menerbitkan proses pembuatan sebuah sirkuit terpadu, karena jika memakai buku-buku terbitan baru memerlukan peralatan yang sangat mahal. Kemudian sebagai referensi penelitiannya, Zeloof juga menonton salah satu saluran YouTube Jeri Ellsworth yang membahas mengenai percobaan sains. Salah satu isi dari saluran YouTube tersebut adalah bagaimana cara membuat beberapa transistor silikon. Video tersebut kemudian dia gunakan sebagai tutorial belajar untuk memulai membuat sirkuit terpadu.


Sirkuit terpadu (IC) yang dibuat oleh Zeloof (Sumber: https://interestingengineering.com/this-teen-is-building-diy-integrated-circuits-in-his-garage?utm_medium=ppc&utm_source=onesignal&utm_campaign=onesignalpush)

Zeloof mengaku bahwa proses pembuatan sirkuit terpadu itu bukan hal yang mudah, karena selain membuat transistor juga harus menyalinnya ke dalam bentuk sirkuit (IC). Sejauh ini Zeloof telah memiliki beberapa sirkuit terpadu sederhana yang telah tertanam beberapa komponen. Selanjutnya, sirkuit terpadu sederhana tersebut akan dikembangkan lagi untuk sirkuit terpadu yang lebih kompleks. Zeloof juga mengatakan bahwa berkeinginan untuk membuat salinan mikroprosesor Intel 4004 yang dikeluarkan pada tahun 1971. Didalam mikroprosesor tersebut terdapat sekitar 2.000 transistor dengan ukuran 10 mikrometer.

Dalam setiap langkah pembuatan sirkuit terpadu tersebut, Zeloof banyak dibantu oleh alat-alat pendukung miliknya sendiri. Alat-alat pendukung tersebut memang khusus untuk tujuan pembuatan sebuah sirkuit terpadu dan semuanya diproleh dengan membelinya secara online di eBay. Peralatan yang dimiliki oleh Zeloof diantaranya adalah ruang vakum, tungku suhu tinggi, dan mikroskop scan electron. Dengan menggunakan alat-alat tersebut, Zeloof dapat menciptakan teknologi yang dibuat pada tahun 1970-an dan juga memiliki beberapa trik modern. Trik modern tersebut terdapat pada lengan bajunya yang membantu dalam proses keberhasilan pembuatan sirkuit terpadu [2][3].

Berikut video dari garasi yang dijadikan fasilitas pembuatan sirkuit terpadu Zeloof di New Jersey

 

Referensi:

  1. Miley, Jessica. 2017. “This Teen Is Building DIY Integrated Circuits in His Garage“. Interesting Engineering, 27 Desember 2017 (https://interestingengineering.com/this-teen-is-building-diy-integrated-circuits-in-his-garage?utm_medium=ppc&utm_source=onesignal&utm_campaign=onesignalpush) di akses pada tanggal 4 Januari 2018
  2. Cass, Stephen. 2017. “The High School Student Who’s Building His Own Integrated Circuits”. IEEE Spectrum, 22 Desember 2017 (https://spectrum.ieee.org/semiconductors/devices/the-high-school-student-whos-building-his-own-integrated-circuits) di akses pada tanggal 4 Januari 2018
  3. Sam Zeloof (website pribadi), Category: Semiconductor (http://sam.zeloof.xyz/category/semiconductor/) di akses pada tanggal 4 Januari 2018
     
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Ayo Ajukan Pertanyaaan :)