Desain Mobil Modular yang Tertanam Kecerdasan Buatan untuk Transportasi Modern Masa Depan

Teknologi masa depan berasal dari buah pikiran manusia kemarin dan hari ini. Banyak idea-idea dan konsep-konsep teknologi canggih masa depan yang belum terwujud hari ini dikarenakan masih terbatasnya teknologi dan sumber daya manusianya. Teknologi masa masa lalu tidak akan efisien lagi apabila digunakan untuk hari ini dan teknologi hari ini tidak akan efisien lagi apabila diterapkan pada masa depan. Semua itu terjadi karena kebutuhan manusia yang terus mengalami peningkatan dari segi efisiensi, kecepatan, dan modern. Kemacetan dikota-kota besar juga menjadi penyebab utama bahwa teknologi hari ini tidak efisien jika diterapkan dimasa depan. Jadi, diperlukan sebuah konsep dengan penggunaan teknologi modern yang tanpa hambatan untuk memudahkan setiap masalah tranportasi masa depan.

Desain konsep transportasi mobil modular dimasa depan[1].

Dalam memberi solusi untuk memecahkan permasalahan tranportasi dan sekaligus untuk merubah cara kita bepergian kesuatu lokasi dimasa depan, maka sebuah tim desain dari Oiio merancang konsep alat transportasi canggih yang berupa mobil modular otonom yang tertanam kecerdasan buatan. Tim Oiio adalah desainer yang terletak di California yang didedikasikan untuk membuat konsep desain arsitektur. Mobil modular tersebut dirancang untuk wilayah Los Angeles yang mana kota paling macet di Amerika Serikat. Mobil modular tersebut juga dirancang guna mengatasi dampak dari pembakaran bahan bakar fosil yang berupa bensin terhadap lingkungan dan pemanasan global.

Baca juga Ilmuwan dari IBM Mempercepat Proses Komputasi Memori hingga 200x untuk Aplikasi Kecerdasan Buatan

Tim desain Oiio menciptakan sebuah konsep desain unik mobil modular modern dengan cara membedah konsep mobil saat ini. Mereka membongkar kabin, bagasi, mesin dan bagian-bagian lainnya untuk membuat sebuah modular mobil gelembung yang dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi lingkungan. Mobil modular tersebut dirancang tanpa seorang kemudi, tetapi menggunakan sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) yang sangat cerdas. Di dalam mobil modular tersebut, tidak hanya sekedar menjadi penumpang saja, tetapi dapat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dll.

Baca juga:
Bagian-bagian yang ada pada modular mobil yang dirancang oleh tim Oiio[1].

Barangkali dimasa depan perjalanan dijalan raya sudah dianggap tifdak efisien karena dapat menimbulkan masalah macet yang luar biasa, sehingga dapat memperlambat proses menuju tempat yang ingin dikunjungi. Visi dari Oiio adalah bagaimana cara mendesain sebuah mobil modular yang dapat melakukan perjalanan secara horizontal dan juga bisa secara vertikal. Mobil modular tersebut akan dirancang sesuai dengan kebutuhan perjalanan penggunanya. Oiio mengatakan bahwa, “Orang-orang yang berada di Los Angeles dimasa depan hanya memiliki kabin dan dengan sistem terpusat kecerdasan buatan, mereka dapat menciptakan suatu unit modular sementara, sebuah desain cepat yang disesuaikan dendengan kebutuhan pengguna”. Mobil modular hasil desain tim Oiio ini akan mulai di pasarkan pada 2060 mendatang[1][2][3].

Berikut video gambaran desainnya,

 

Refrensi:

  1.  Barnett, Taylor Donovan. 2017. “This Modular Autonomous Car Could Change the Way We Commute“. Interesting Engineering, 24 Desember 2017 (https://interestingengineering.com/this-modular-autonomous-car-could-change-the-way-we-commute) diakses pada tanggal 11 Januari 2017
  2. Designboom, oiio presents modular car concept for 2060 LA mobility plan (https://www.designboom.com/technology/oiio-concept-car-la-auto-show-12-20-2017/) diakses pada tanggal 11 Januari 2017
  3. Oiio, what if we were able to dissect a working car into working components (http://www.oiiostudio.com/#/oto/) diakses pada tanggal 11 Januari 2017
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *