Free Messenger (New Apps), Aplikasi Turunan Telegram yang Dibuat Anak Bangsa

Artikel ini disusun dengan metode Wawancara terhadap Narasumber (Sunali Agus)

Sunali Agus, Pembuat Aplikasi Free Messenger

Free Messenger (FM) adalah suatu aplikasi yang dibuat oleh pemuda yang merupakan alumni dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga bernama Sunali Agus. Aplikasi FM merupakan aplikasi pengiriman pesan yang tersedia untuk Android. FM menggunakan koneksi Internet Anda (4G / 3G / 2G / EDGE atau Wi-Fi jika tersedia). Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, panggilan, foto, video, dokumen, dan Pesan Suara. FM bisa di unduh gratis pada Google Play Store.

Apa itu FM?

Menurut Sunali Agus aplikasi Free Messengger adalah Aplikasi yang yang mencoba menggabungkan antara WhatsApp dan Telegram. dibuat atas kerjasama 3 pihak yaitu pihak pengembang (pembuat sendiri yang dalam hal ini Tim Sunali Agus), pihak telegram dan pihak ketiga (penghubung antara pengembang dan telegram).

Jadi, kerjasama ini berusaha untuk saling menguntungkan ketiga belah pihak, yaitu
a. Pihak Pengembang : Bisa mengakses dan menggunakan fitur dasar Telegram (Jadi, ketika teman-teman yang sudah punya Telegram, pasti akan ada notification (pemberitahuan).

b. Pihak Telegram : Mendapat data yang setiap masuk ke aplikasi “FM”, jadi bahasa mudahnya seperti Instagram dan Facebook. Jadi data yg masuk ke IG, pasti secara otomatis juga masuk ke FB.

c. Pihak Ketiga : Bisa memasang iklan di aplikasi pengembang. Jadi, kalau melihat iklan di aplikasi “FM”, jangan kaget ya. Anggap biasa saja. Insya Allah, tetap aman untuk komunikasinya.

Jika yang sudah punya Telegram, tak perlu khawatir ketika login di aplikasi “FM” akan ada pemberitahuan. Karena memang FM masih menggunakan API dan FAQ dari Telegram (melalui Kerjasama). Dan semisal mau hapus telegram, maka akun tetap aman karena sudah tergantikan oleh Aplikasi “Free Messenger (New Aps)”.

Mengapa FM?

• Tanpa biaya : FM bersifat gratis dan akan selalu gratis. FM menggunakan koneksi Internet telepon  (4G / 3G / 2G / EDGE atau Wi-Fi, jika tersedia) untuk memampukan Anda mengirim pesan dan menelepon teman dan keluarga, sehingga Anda tidak perlu membayar untuk semua pesan atau panggilan.

• Pesan instan murni : Sederhana, cepat, aman, dan disinkronkan di semua perangkat Anda.

• Panggilan gratis: telepon teman dan keluarga anda secara gratis dengan panggilan FM, bahkan jika mereka sedang berada di negara lain. * panggilan FM menggunakan koneksi internet telepon anda.

• Tanpa biaya internasional: Tidak ada biaya tambahan untuk mengirim pesan FM internasional. Chat dengan teman-teman Anda di seluruh dunia dan hindari biaya SMS internasional.

• Chat grup: Nikmati percakapan grup dengan kontak-kontak Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah menjalin komunikasi dengan teman dan keluarga.

• Cepat: FM adalah salah satu aplikasi pesan tercepat yang ada di pasaran, menghubungkan orang melalui jaringan pusat data unik dan unik di seluruh dunia.

Synced: Anda dapat mengakses pesan dari semua perangkat sekaligus. Mulai ketik di telepon Anda dan selesaikan pesan dari tablet atau laptop Anda. Jangan pernah kehilangan data Anda lagi.

• Multimedia: Kirim dan terima foto, video, dokumen, dan Pesan Suara sepuas Anda.

• Unlimited: Anda dapat mengirim media dan file, tanpa batas jenis dan ukurannya. Seluruh riwayat obrolan Anda tidak memerlukan ruang disk pada perangkat Anda, dan akan tersimpan dengan aman di awan FM selama Anda memerlukannya.

• Tidak perlu username dan pin (password) : Kenapa harus repot mengingat username atau PIN? FM bekerja sama seperti SMS dengan menggunakan nomor telepon Anda dan terintegrasi langsung dengan buku alamat pada telepon Anda.

• Tidak perlu log in / log out: Dengan FM, Anda selalu terhubung karena Anda tidak perlu khawatir kehilangan pesan baru. Tidak perlu lagi bingung untuk log in atau log out dari perangkat anda.

• Segera terhubung dengan kontak anda: Buku alamat telepon Anda bisa dengan mudah dan cepat terhubung ke kontak Anda yang sudah menggunakan FM, jadi Anda tidak perlu menambahkan username yang sulit monitor.

• Aman: Kami menjadikannya misi kami untuk memberikan keamanan terbaik dikombinasikan dengan kemudahan penggunaan. Segala sesuatu di FM, termasuk obrolan, kelompok, media, dan lain-lain dienkripsi menggunakan kombinasi enkripsi AES 256 bit simetris, enkripsi RSA 2048 bit, dan pertukaran kunci rahasia Diffie-Hellman.

• Kuat: Anda dapat membuat obrolan grup untuk maksimal 50.000 anggota, berbagi video besar, dokumen jenis apa pun (.DOC, .MP3, .ZIP, dll.), Dan bahkan membuat bot untuk tugas tertentu. Ini adalah alat yang sempurna untuk hosting komunitas online dan mengkoordinasikan kerja tim.

• Dapat diandalkan: Dibangun untuk menyampaikan pesan Anda seminimal mungkin. FM adalah sistem olah pesan yang paling andal yang pernah dibuat. Ia bekerja bahkan pada koneksi mobile terlemah.

• Fun: FM memiliki alat pengedit foto dan video yang hebat dan stiker / GIF yang terbuka untuk memenuhi semua kebutuhan ekspresif Anda.

• Sederhana: Sambil menyediakan rangkaian fitur yang belum pernah ada sebelumnya, kami sangat berhati-hati agar antarmuka tetap bersih. Dengan desain minimalisnya, FM ramping dan mudah digunakan.

• Pribadi: Kami menganggap serius privasi Anda dan tidak akan pernah memberi akses kepada pihak ketiga ke data Anda. Bagi mereka yang tertarik dengan PRIVASI MAKSIMAL, FM menawarkan Chatting Rahasia. Secret Chats menggunakan enkripsi end-to-end untuk memastikan bahwa pesan hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju.

• Pesan offline: Bahkan jika Anda kehilangan pesan baru atau mematikan telepon Anda, FM akan menyimpan pesan-pesan itu dan mengirimkannya pada saat Anda menggunakan aplikasi kembali.

• Dan banyak lagi: pasang lokasi anda, bertukar kontak, atur wallpaper dan nada khusus, email riwayat chatting, siarkan pesan ke beberapa kontak sekaligus, dan masih banyak lagi!

Selain dari itu semua, yang terpenting adalah ini adalah hasil dari kreativitas anak bangsa, Indonesia sendiri.

Hal yang cukup memuaskan, ternyata aplikasi “Free Messenger (New Apps)” ini tidak hanya digunakan dan diinstall oleh masyarakat Indonesia. Namun juga dari masyarakat luar negeri. Sejak aplikasi ini dipublish pada tanggal 22 Januari 2018, dan berdasarkan data statistic dari Google Playstore didapatkan pengguna FM (New Apps) sudah mencapai 81 pengguna. Berikut detailnya pertanggal 11 Februari 2018:

Disamping itu, berdasarkan data dari pihak ketiga penginstall aplikasi sudah mencapai 275 pengguna. Karena disamping aplikasi bisa diinstall langsung lewat google playstore, aplikasi bisa diinstall lewat manual dalam bentuk apk. Hal ini didasarkan, karena ketika menginstall aplikasi di google playstore terkadang butuh memori cukup besar yang tidak sesuai dengan kapasitas aplikasi. Oleh karena itu, pengembang memberikan solusi bisa download aplikasi lewat google drive lalu menginstallnya manual. Berikut datanya.

Berdasarkan, informasi dari pengembang aplikasi “FM (New Apps)”, insya Allah kedepan, Sunali Agus akan terus mengembangkan aplikasi dengan menambah sejumlah fitur-fitur baru yang berguna bagi para pengguna. “Semoga dengan ini, mampu menunjukkan bahwa bangsa Indonesia, bukan hanya pengguna atau bersifat konsumtif. Namun, bisa membuat dan memproduksi sendiri, dan bisa digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.” Begitulah, pesan penutup dari Sunali Agus mengenai aplikasi yang dikembangkannya.

Sumber Tambahan:

Nilai Artikel Ini
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar