Bola Mata Palsu Made in Indonesia yang Mendunia

Mata sangat penting bagi manusia karena berfungsi sebagai indra penglihatan. Bagi kita yang dikaruniai kenikmatan tersebut, membayangkan akan kehilangan penglihatan akan membuat kita ngeri dan takut. Lalu bagaimana jadinya jika ada seseorang yang dilahirkan namun tidak memiliki mata?

Tidak memiliki mata bukan halangan untuk menjadi pribadi yang hidup dengan penuh semangat. Dijaman yang modern seperti ini, sudah banyak teknologi yang berkembang dan menciptakan berbagai kebutuhan manusia misalnya bola mata palsu. Bola mata palsu dapat dipakai oleh seseorang yang memiliki kelainan secara genetik (tidak memiliki mata sejak lahir), orang yang tidak memiliki mata karena sebuah kecelakaan dll. Ternyata ada bola mata palsu yang mendunia dan ternyata made in Indonesia lho.

Hasil gambar untuk bola mata palsu

Beraneka ragam bola mata palsu. Sumber gambar: umy.ac.id

Adalah Rizwan Ilyasin, seorang pria yang berdomisili di Ciputat (Tangerang Selatan, Banten) yang membuat bola mata palsu untuk putrinya. Berlatar belakang dari putrinya yang berumur 2 tahun dan telah kehilangan satu bola matanya, Ilyasin berusaha mencari bola mata palsu dan tidak ada yang berkualitas baik. Bola mata palsu selalu mengeluarkan kotoran.

Rizwan Ilyasin menunjukan sertifikat kelulusan pendidikan pembuatan bola mata palsu dari Nottingham Trent University Inggris di klinik Ilyarsi Okularis, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. 

Sumber gambar : liputan6.com

Permasalahan tersebut menyebabkan Ilyasin bertekad untuk membuatnya sendiri. Dengan modal hanya belajar melalui Youtube, beliau mencoba berlatih membuat mata palsu (protesa mata). Tak puas dengan hasil yang dibuatnya sendiri, Ilyasin mencari informasi tentang pembuat mata palsu yang ada di luar negeri. Bahkan Ilyasin telah mengirimkan beberapa surel (bahasa baku dari e-mail, yakni surat elektronik atau disingkat surel) ke okularis (spesialis pembuat protesa mata) di luar negeri untuk diajari cara membuat protesa mata.

Baca juga:

Namun ternyata usaha Ilyasin tidak ditanggapi dengan baik, hingga akhirnya beliau mendapatkan respon dari salah satu okularis ternama di luar negeri yang bernama John Pacey-Lowrie. Mr. John datang ke Indonesia dan mengajari Ilyasin cara membuat bola mata palsu. Hingga akhirnya Ilyasin di berikan sertifikat kelulusan sebagai okularis oleh John di bawah naungan Nottingham Trent University di Inggris. Harga satu bola mata palsu senilai 7 juta rupiah untuk pasar Indonesia dan 25 juta rupiah untuk pasar Eropa. [1] Berikut adalah video tentang John Pacey-Lowrie, guru dari Rizwan Ilyasin.

Teknik yang digunakan oleh Ilyasin untuk membuat bola mata palsu tersebut adalah dengan teknik pencetakan, dimana pasien harus datang ke klinik Ilyarsi Okularis dan mencetak bagian ruang untuk bola mata. Lama pengerjaan untuk pembuatan mata palsu itu tiga kali pertemuan dengan pasien atau tiga hari jika pasien datang setiap hari. Pada pertemuan pertama adalah proses pencetakan, pertemuan kedua adalah proses pelukisan iris mata serta pembuatan pembuluh darah yang ada di mata, dan pertemuan terakhir bola mata sudah bisa diberikan kepada pasien. [2]

Bola mata yang dibuat oleh Rizwan Ilyasin ini telah populer hingga ke mancanegara bahkan ke eropa. Rizwan sendiri mengekspor barang tersebut (bola mata) ke Eropa dan menghargai karyanya senilai 25 juta/pasang. Sungguh luar biasa bukan ?

 

Sumber :

[1] Sita N. 2018. Hebat, Seorang Warga Tangerang Selatan ini Buat Bola Mata Palsu. Diakses melalui https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/02/05/hebat-seorang-warga-tangerang-selatan-ini-buat-bola-mata-palsu pada tanggal 06 Maret 2018 pukul 9.22 WIB.

[2] Roderick Adrian. 2018. Rizwan Ilyasin si Pembuat Mata Palsu. Diakses melalui https://foto.kompas.com/photo/detail/2018/01/11/1515610120688/rizwan.ilyasin.si.pembuat.mata.palsu pada tanggal 06 Maret 2018 pukul 9.48 WIB.

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *