Analisis terhadap Kualitas Jaringan Internet Indonesia yang Memburuk

Internet merupakan salah satu kebutuhan yang bagi beberapa orang sangatlah penting. Internet bisa dibilang merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat di seluruh pelosok dunia pada saat ini, bahkan ada sebagian orang yang merasa bahwa internet merupakan kebutuhan nomor satu bagi dirinya yang tak tergantikan.

Dalam hal ini, bagian dari internet yang paling berpengaruh salah satunya adalah kecepatan, namun seringkali kekecewaan bahkan emosi muncul akibat kecepatan internet yang lambat khususnya di indonesia. Lantas apa yang menyebabkan internet di indonesia lambat? Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, diantaranya adalah :

Kondisi Geografis

Keadaan geografi Indonesia dengan akses yang sulit dijangkau menyulitkan.

Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 13 ribu pulau yang tersebar pada area seluas 1.9 juta kilometer persegi, terlebih lagi dengan medan yang sulit dijangkau. Dengan bentuk Negara kepulauan mengakibatkan Indonesia kesulitan dalam hal akses untuk memberikan layanan internet secara menyeluruh serta dengan terpisah oleh lautan membuat hal ini menjadi semakin buruk. Hal ini berakibat pada rendahnya kecepatan internet.

Jumlah Provider

Lantas apa yang harus dilakukan oleh para provider untuk memperbaiki kualitas jaringannya?

Para penyedia layanan provider bisa mengganti media transfer data mereka, yang semula menggunakan media wireless atau nirkabel beralih menggunakan kabel fiber optic. Karena fiber optic menggunakan media cahaya untuk mentransfer data. Atau bisa juga membuat server pusat di masing – masing kota, jadi tidak menggunakan server Amerika lagi. Tentunya solusi ini harus dikaji untuk mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia yang menginginkan kualitas jaringan internet yang terbaik.

 

Referensi :

[1] 7 Alasan Kenapa Internet di Indonesia Mahal dan Lemot. (Diakses pada 13 Februari 2018)

 

Baca juga artikel saya yang lain :

Nilai Artikel Ini
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Fauzan Shani

Fauzan Shani

Pecinta perkembangan teknologi

Satu tanggapan untuk “Analisis terhadap Kualitas Jaringan Internet Indonesia yang Memburuk

  • 30 Juni 2018 pada 23:09
    Permalink

    Bukan karena letak geografis. Tapi ada 4 alasan utama: 1. Tidak akan ada provider yang mengupdate kualitas jaringan data nya selama pengguna nya sedikit di coverage area tersebut. 2. Pengguna jaringan data lebih banyak menggunakan untuk HANYA membuka e-mail, facebook, Koran (berita), semua yang berbasis tulisan. SANGAT jarang pengguna data melihat live streaming. 3. Setiap produk dengan 4 dgit pertama, sudah di tentukan apnnya, APN boleh di bilang adalah IP server yang mengelola lintasan jaringan. APN berbeda, IP juga berbeda. Paska dan pra pasti berbeda, 4. Provider selalu me alokasikan ke tempat yang banyak pengguna jaringan data per coverage area.

    Penilaian Komentar
    Balas

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar