Robot “SpotMini”, Robot Canggih buatan Boston Dynamics yang Tidak Mudah Menyerah

Perjalanan dunia riset teknologi tinggi bidang Robotika telah banyak mengalami kemajuan yang luar biasa untuk beberapa tahun terakhir ini. Salah satunya yang menjadi perhatian penulis yaitu robot “SpotMini” yang dibuat oleh Boston Dynamics.

SpotMini adalah salah satu robot yang menjadi riset terpenting bagi Boston Dynamics. Boston Dynamics didirikan oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) di awal tahun 1990-an dan selama lebih dari dua dekade mereka telah memimpin industri robotika. Mereka kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2013 dan kemudian dijual ke SoftBank Group Jepang[1][2].

Gambar 1. Robot SpotMini dari Boston Dynamic[4]

Boston Dynamics adalah sebuah perusahaan desain teknik dan robotika yang kebanyakan orang mengenalnya sebagai pengembang robot berjenis BigDog (Anjing Besar), sebuah robot yang dirancang untuk militer AS dengan dana dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), dan DI-Guy (sebuah perangkat lunak yang sangat cocok untuk simulasi pada manusia) [3].

Dalam proyek Robotika yang dikembangkan oleh Boston Dynamics tersebut terdapat sembilan (9) jenis robot yang mereka buat yaitu SPOTMINI, ATLAS, HANDLE, SPOT, LS3, WILDCAT, BIGDOG, SANDFLEA, dan REX [4]. Dari masing-masing robot tersebut dikembangkan dengan teknologi dan fungsi yang berbeda[1].

Baca juga Kecanggihan Teknologi Robot ATLAS Buatan Boston Dynamics dan Perkembangan Terbaru pada Humanoid Robot ‘Atlas’ Mampu Backflift (Salto ke Belakang)

SpotMini adalah robot berkaki empat berukuran kecil gesit yang sangat direkomendasikan jika ditempatkan di rumah, di kantor, atau taman hiburan, dll. SpotMini memiliki berat 25 kg (30 kg jika terpasang lengan). Robot SpotMini memiliki daya supply listrik yang mampu bertahan selama 90 menit, namun durasi tersebut juga tergantung pada tujuan penggunaan robot.

SpotMini memiliki kebebasan gerak (derajat kebebasan) sebanyak 17 sendi dan ditambah 5 sendi pada lengannya. Dalam membantu robot bernavigasi (mendeteksi objek, dll) terdapat beberapa sensor yang terpasang pada robot SpotMini yaitu sensor stereo, sensor kamera, sensor IMU, dan sensor posisi[4].

Hingga sejauh ini perkembangan yang dimiliki oleh robot SpotMini adalah mampu membuka pintu dan menahan pintu tersebut menggunakan lengan yang milikinya, tanpa pintu tersebut mengenai tubuhnya. Selain mampu membuka pintu dan menahan untuk dirinya sendiri, robot SpotMini juga mampu berkomunikasi dengan robot SpotMini lainnya untuk membuka pintu kepada robot yang tidak memiliki lengan. Mereka saling berkomunikasi agar mampu melewati sebuah ruangan yang memiliki pintu tertutup[5][6]. Berikut ini videonya:

Perkembangan terbaru dari pengujian robot SpotMini adalah robot tersebut diuji oleh ilmuwan pembuatnya dengan cara menahan setiap tindakan yang dilakukan robot. Tindakan yang ditahan salah satunya adalah tindakan untuk membuka pintu yang disebut sebagai Testing Robustness. 

Pada saat robot SpotMini akan membuka pintu, lengan robot ditahan menggunakan tongkat, pintu ditahan agar tidak mudah terbuka, dan juga robot ditarik kebelakang agar menjauhi pintu. Pengujian tersebut dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui sejauh mana robot SpotMini mampu melewati rintangan tersebut. Apakah robot SpotMini akan menyerah? Ternyata tidak, setelah tertatih-tatih berusaha membuka pintu akhirnya robot SpotMini berhasil membuka pintu dengan baik[7]. Berikut ini videonya:

Referensi:

  1. Dadang, Wayan. 2017. “Kecanggihan Teknologi Robot ATLAS Buatan Boston Dynamics”. Warung Sains dan Teknologi, 5 Oktober 2017 (http://warstek.com/2017/10/05/robotatlas/) diakses pada tanggal 1 April 2018.
  2. ___________. 2017. “Perkembangan Terbaru pada Humanoid Robot ‘Atlas’ Mampu Backflift (Salto ke Belakang)“. Warung Sains dan Teknologi, 28 November 2017 (https://warstek.com/2017/11/28/atlassalto/) diakses pada tanggal 1 April 2018.
  3. Wikipedia Inggris, Boston Dynamics (https://en.wikipedia.org/wiki/Boston_Dynamics) diakses pada tanggal 1 April 2018.
  4. Boston Dynamics, SpotMini (https://www.bostondynamics.com/spot-mini) diakses pada tanggal 1 April 2018.
  5. Miley, Jessica. 2018. “The Funniest Tweets About Boston Dynamics’ Dog-Like Robot Opening Doors“. Interesting Engineering, 14 Februari 2018 (https://interestingengineering.com/the-funniest-tweets-about-boston-dynamics-dog-like-robot-opening-doors?utm_medium=ppc&utm_source=onesignal&utm_campaign=onesignalpush) diakses pada tanggal 1 April 2018.
  6. Owano, Nancy. 2018. “Boston Dynamics robot has claw-arm to turn handle and hold door open“. TechXplore, 14 Februari 2018 (https://techxplore.com/news/2018-02-boston-dynamics-robot-claw-arm-door.html) diakses pada tanggal 1 April 2018.
  7. Interesting Engineering, Unsettling Boston Dynamics Robot Fights off Man With Hockey Stick to Open the Door (videos) (https://interestingengineering.com/video/unsettling-boston-dynamics-robot-fights-off-man-with-hockey-stick-to-open-the-door) diakses pada tanggal 1 April 2018.
Nilai Artikel Ini
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar