Berkenalan dengan Spesies Kecoak yang Elok nan Rupawan

Banyak sekali warganet yang percaya bahwa salah satu hal yang paling menakutkan di dunia ini adalah kecoak terbang. Bagaimana jika kecoak-kecoak berikut yang terbang? Mungkin ketakutan Anda akan berubah setelah berkenalan dengan kecoak-kecoak yang elok nan rupawan berikut.

Meme kecoak terbang

Tergolong dalam ordo Blattodea, kecoak/lipas/coro terdiri dari kurang lebih 3.500 jenis spesies, bahkan ada yang menyatakan kurang lebih 4.500 spesies. Yang biasa kita temui di dapur, kamar mandi, dan tempat-tempat menjijikkan lainnya hanyalah 1 diantara 4.500 jenis kecoak, yakni kecoak dengan nama latin Periplaneta americana atau kecoak Amerika.

Isu tentang kecoak saat ini sedang naik daun setelah diteliti sebagai prototipe robot penyelamat dan makanan super. Dipilihnya kecoak sebagai robot penyelamat karena kecoak dapat masuk dan berlari dengan cepat pada celah yang hanya setengah dari tinggi tubuhnya. Selain itu kecoak dapat menahan gaya tekanan yang diberikan terhadap tubuhnya hingga 900x dari berat badannya tanpa mencederai kecoak. Sedangkan untuk makanan super, susu kecoak digadang-gadang sebagai makanan super dimasa depan karena mengandung lemak, gula, asam amino/protein dan nutrisi lain empat kali lebih banyak daripada nutrisi susu sapi.

Baca juga:

Baiklah, berikut 6 jenis spesies kecoak yang elok dan rupawan berdasarkan versi penulis. Sebenarnya ada banyak sekali spesies kecoak yang elok dan rupawan, namun disini hanya dikenalkan 6 diantaranya.

1. Kecoak yang menyerupai kumbang kepik dengan nama ilmiah Prosoplecta sp.

Kecoak ini dapat dijumpai di Filipina. Perhatikan antenanya yang panjang, itulah yang membedakan kecoak jenis ini dengan kumbang kepik. Jadi jangan sampai salah membedakan ya. Sumber: cockroach.speciesfile.org

2. Kecoak berwarna biru cerah seperti awan atau disebut kecoak Neotropical, memiliki nama ilmiah Xestoblatta cantralli

Kecoak ini dapat ditemui di Kosta Rika, Garis kuning emas ditepi-tepi tubuhnya menambah keindahan kecoak jenis ini. Sumber: roachforum.com 

3. Kecoak dengan bulatan-bulatan putih diatas permukaan sayapnya yang hitam, disebut juga sebagai kecoak domino. Memiliki nama ilmiah Therea petiveriana.

Kecoak ini dapat dijumpai di India, setelah melihat kecoak ini jadi pengen main domino ya? Sumber: Angelfire.com

4. Kecoak berwarna hijau seperti daun, disebut juga sebagai  kecoak green banana. Memiliki nama ilmiah Panchlora nivea

Kecoa ini dapat dijumpai di Amerika. Bahkan hingga ke kaki-kakinya juga berwarna hijau. Sumber: bugguide.net 

5. Kecoak warna warni, sulit dideskripsikan dengan kata-kata. Disebut juga Taiwanese flower roach dan memiliki nama ilmiah Eucorydia aenea.

Kecoak ini dapat dijumpai di Taiwan. Melihat warna sayapnya, sepertinya kecoak jenis ini juga dapat berpendar ketika malam. Sumber: inaturalist.org

6. Kecoak tanpa sayap dan berkulit warna warni, memiliki nama ilmiah Polyzosteria mitchelli

Kecoak jenis ini dapat ditemui di Australia. Lihat bahkan kakinya juga berwarna. Sumber: cockroach.speciesfile.org

Itulah 6 jenis spesies kecoak yang terelok dan rupawan menurut penulis. Spesies nomor berapa yang menurut Anda paling rupawan? Atau Anda memiliki versi spesies kecoak rupawan sendiri? Silahkan tuliskan di kolom komentar ya.

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Nur Abdillah Siddiq

Nur Abdillah Siddiq

Mahasiswa S3 Fisika ITS, menekuni bidang Optoelektronik dan Elektromagnetika Terapan. Sangat mencintai aktivitas membaca dan mendesain. Profil lebih lengkap dapat dilihat di www.facebook.com/fisrek

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar