Hidroponik : Mudah, Murah dan Asiknya Bercocok Tanam

Oleh: Desy

Dunia pertanian menjadi satu di antara sektor penting di bumi sebab berhubungan dengan kedaulatan pangan tanah air. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, kita pun mesti aktif menemukan berbagai cara untuk terus mengembangkan pertanian berbasis teknologi.

Munculnya berbagai komunitas yang mengusung visi go green, semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan pangan. Terutama, kebutuhan konsumsi sayur yang sehat. Hampir tiap hari, kita menyantap bermacam-macam jenis sayuran dalam beraneka ragam olahan.

Gaya hidup lebih sehat inilah yang mendorong masyarakat untuk menanam sayuran sendiri. Belakangan ini tren hidroponik sedang booming, metode pertanian ini hadir dan mampu membangkitkan minat masyarakat dan petani modern sehingga tak heran banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Hidroponik dikenal sebagai teknik bertanam sayuran tanpa media tanah. Sistem pertanian ini diyakini mampu menjadi solusi untuk menarik minat sebab pertanian hidroponik ini sangat jauh dari kesan kumuh. Pasalnya, pertanian hidroponik tak lagi membutuhkan tanah sebagai media utamanya. Hanya dengan memanfaatkan pipa paralon yang ditata sedemikian rupa, tanaman dapat tumbuh dengan baik. Namun, perlu dipastikan adanya aliran air dan nutrisi ke tanaman karena dua komponen ini menjadi kunci dalam pertanian sistem hidroponik. Media tanam yang digunakan pun bukan lagi tanah, melainkan arang sekam, spons, ataupun expanded clay[1].

Selain itu, instalasi hidroponik juga menarik sehingga penampilannya keren. Sistem hidroponik dapat memberikan hasil budidaya yang sangat berkualitas, baik itu dari sisi ukuran, tampilan maupun cita rasa sayurannya.

Sumber: Pixabay[2].

Sama seperti vertikultur, hidroponik bisa ditempatkan di berbagai lokasi yang ada di rumah. Misalnya saja di halaman, di dak lantai dua, di atas garasi mobil, atau di sepanjang pagar rumah Anda. Tentunya peletakan disesuaikan dengan sistem hidroponik yang digunakan. Adapun beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam secara hidroponik serta memiliki nutrisi tinggi dan baik dikonsumsi yaitu seledri, selada hijau, sawi hijau, bayam, brokoli, dan buncis.

Baca juga:

Pemanfaatan pertanian sistem hidroponik tidak memerlukan lahan luas untuk penerapannya. Oleh karena itu, cara ini juga bisa diterapkan bagi masyarakat baik di kota terlebih lagi bagi masyarakat desa yang ingin bercocok tanam.

Ada anggapan, hidroponik itu teknologi yang sulit dan investasinya pun cukup mahal. Hal itu karena teknik bertanam tanpa tanah ini menggunakan berbagai peralatan high tech dan investasinya pun tidak sedikit. Namun, kini para hobiis hidroponik sudah bisa membuat aneka bentuk instalasi hidroponik atau biasa dikenal dengan starterkitStarterkit hidroponik adalah sebuah instalasi hidroponik yang praktis sehingga bisa dilakukan oleh siapa pun terutama pehobi pemula[3].

Bahan yang dibutuhkan mudah didapatkan, begitu pula dengan ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga bisa diletakkan di pekarangan rumah, bahkan di teras sekalipun. Berbagai model starterkit hidroponik dibuat dengan semakin menarik dan unik. Tidak sekadar praktis saja karena mudah dibongkar dan dipasang, juga mudah dalam mengoperasikannya dan tentu dengan harga yang semakin terjangkau.

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, maka hidroponik merupakan sistem pertanian yang mudah, murah dan asyik dilakukan. Hidroponik ini menjadi sistem pertanian yang memiliki berbagai keunggulan sehingga dapat diterapkan baik bagi konsumsi pribadi ataupun untuk dibudidayakan dan dijual.

Referensi

[1] Pertanianku. 2018. Ini Metode Bercocok Tanam yang Cocok untuk Generasi Milenial. Diakses dari : https://www.pertanianku.com/ini-metode-bercocok-tanam-yang-cocok-untuk-generasi-milenial/ pada tanggal 19 Mei 2018

[2] Pertanianku. 2018. Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik. Diakses dari : https://www.pertanianku.com/jenis-sayuran-yang-bisa-ditanam-secara-hidroponik/ pada tanggal 17 Mei 2018

[3] Pertanianku. 2018. Hidroponik Mudah dan Murah dengan Starterkit. Diakses dari : https://www.pertanianku.com/hidroponik-mudah-dan-murah-dengan-starterkit/ pada tanggal 21 Mei 2018

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Warung Sains Teknologi

Warstek Media

Warung Sains Teknologi (Warstek) adalah media SAINS POPULER yang dibuat untuk seluruh masyarakat Indonesia baik kalangan akademisi, masyarakat sipil, atau industri. Sampai saat ini, sains dan teknologi berkesan ekslusif yang hanya ada di laboratorium dan tidak mampu secara langsung berdampak kepada masyarakat. Akibatnya masyarakat, pemerintah dan industri tidak menjadikan sains sebagai sarana mengatasi permasalahan atau membuat kebijakan. Untuk itu, warstek hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *