“LAUNDRYMAX” – Alat Administrasi Laundry Berbasis Sistem Operasi

Oleh: Tirta Meyrizka Lubis

Saat ini perkembangan dunia bisnis semakin pesat. Banyak usaha yang bermunculan baik usaha dagang dalam penyediaan barang maupun pelayanan jasa. Bisnis wirausaha laundry saat ini sangat pesat. Sistem yang berjalan pada rumah cuci laundry masih dilakukan secara manual. Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka penulis akan membuat program aplikasi android guna memudahkan karyawan dalam bekerja, menciptakan informasi yang akurat, cepat, dan relevan, serta dapat mengatasi masalah-masalah pengarsipan.

Penggunaan database MySQL, sehingga pengelola laundry dapat melihat history dari pelanggan secara otomatis dan untuk pelayanan yang lebih cepat mengunakan teknologi sms gateway sebagai sarana pemberitahuan kepada konsumen bahwa cucian mereka sudah siap diambil.

Penelitian dilakukan dengan merancang alat berupa hardware dan software. Piranti yang akan mendukung sistem ini antara lain : Load cell, Arduino, modul bluetooth dan  printer bluetooth. Piranti tersebut dirangkai menjadi satu sehingga terbentuk alat Laundrymax. Arduino mejadi otak dari semua perangkat, karena arduino terdapat sebuah IC yang menjadi sumber kontrol gerak dan pengambilan keputusan dari alat tersebut. masukan input berasal dari aplikasi yang ada di Ponsel Smartphone. Dalam menganalisis dan merancang program aplikasi yang akan digunakan, penulis menggunakan metode pendekatan dan pengembangan sistem seperti desain, implementasi, dan pemeliharaan. Keluaran dari alat ini adalah mampu menciptakan inovasi untuk mempermudah sistem administrasi laundry.

Ibie Laundry & Wet Cleaning merupakan salah satu laundry di Yogyakarta. Pencatatan data transaksi dan penghitungan omzet, profit masih menggunakan cara manual. Pencatatan data transaksi pada sistem sebelumnya terdapat bagian yang tidak lengkap sehingga terdapat banyak kesalahan, sehingga masih harus menggunakan cara manual untuk pengecekan transaksi. Kemudian, tidak ada fitur untuk penghitungan omzet dan profit secara otomatis. (Elok, 2017)

Sistem informasi Laundry ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter, MySQL untuk pengelolaan basis data dan Javascript dengan framework JQuery. Sistem pengelolaan transaksi ini menyediakan beberapa fitur seperti laporan pelanggan, laporan pegawai, pengelolaan transaksi, laporan pemasukan dan pengeluaran laundry serta cetak laporan transaksi dan laporan keuangan. (Fahmi, 2017)

Sistem Informasi Impian Laundry ini dibangun dengan menggunakan framework codeigniter, bahasa pemrograman PHP dan basisdata MySQL (Dany, 2016)

Jaya Laundry merupakan usaha jasa cuci pakaian. Jaya Laundry memiliki target pasar mahasiswa, karyawan, dan rumah tangga. Manajemen pelanggan, manajemen pegawai, transaksi per kilo, transaksi per item, dan pembuatan laporan dilakukan secara manual. Jaya Laundry mengalami kesulitan dalam mengelola data pelanggan, data transaksi dan merekapitulasi data transaksi, sehingga pekerjaan menjadi kurang efektif. (Rangga, 2016).

Sistem informasi Nayla Laundry dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic (VB.NET) dan menggunakan basis data MySQL. Sistem informasi ini diharapkan mampu melakukan pengolahan data transaksi laundry dan mengolah data-data lainnya. Selain itu, sistem ini mampu memberikan keluaran berupa nota transaksi dan laporan laundry. Laporan laundry meliputi laporan transaksi, laporan pembelian kebutuhan,dan laporan pengeluaran pemasukan kas. (Handoko, 2015).

Dalam relasional database model, sebuah database merupakan kumpulan relasi yang saling terhubung satu sama lainnya. Relasi adalah istilah dalam relational database, tapi kita lebih familiar jika menyebutnya sebagai tabel. Selayaknya tabel yang memiliki kolom dan baris, dalam relational database, kolom (column) disebut attribute, sedangkan baris (row) disebut tuple. Hal ini hanya sekedar penamaan, dan agar lebih gampang, kita hanya akan menggunakan istilah tabel, kolom dan baris dalam tutorial ini, namun jika anda menemui istilah relation, attribut dan tuple, itu hanya penamaan lain dari tabel, kolom, dan baris.

DAFTAR PUSTAKA

  • International Journal of Science, Engineering and Technology Research (IJSETR) Volume 5, Issue 4, April 2016.
  • International Journal of Engineering Trends and Technology (IJETT), Subankar Roy.
  • International Journal of Advanced Scientific and Technical Research, Nikita Mahajan, Pune University.
  • Elok, 2017. “WEB BASED INFORMATION SYSTEM FOR LAUNDRY TRANSACTION USING PHP AND MYSQL”, Tugas Akhir, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
  • Rangga, 2017 “ SISTEM INFORMASI JAYA LAUNDRY BERBASIS WEB”, Tugas Akhir, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
  • Dany, 2016, Sistem Informasi Fia Laundry Dengan Layanan Sms Gateway, Tugas Akhir, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Nilai Artikel Ini
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Warung Sains Teknologi

Warstek Media

Warung Sains Teknologi (Warstek) adalah media SAINS POPULER yang dibuat untuk seluruh masyarakat Indonesia baik kalangan akademisi, masyarakat sipil, atau industri. Sampai saat ini, sains dan teknologi berkesan ekslusif yang hanya ada di laboratorium dan tidak mampu secara langsung berdampak kepada masyarakat. Akibatnya masyarakat, pemerintah dan industri tidak menjadikan sains sebagai sarana mengatasi permasalahan atau membuat kebijakan. Untuk itu, warstek hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar