I’m Popeye the Sailor, Benarkah Kita Bisa Kuat Setelah Makan Bayam?

Generasi-90an pasti tidak asing dengan tokoh kartun ini. Ya! Dia adalah Popeye si Pelaut. Popeye tokoh kartun yang lahir pada tanggal 17 Januari 1929 yang muncul pertama kali di harian King Features komik Thimble Theatre. Tokoh Kartun ini terkenal dengan kekuatannya setelah memakan bayam. Karakter Popeye digambarkan sebagai pria berotot yang sangat menyukai sayur bayam, setelah memakan bayam ia mendapatkan kekuatan super dan bisa mengalahkan lawan-lawannya. Dalam karakter tersebut juga terdapat Olive sebagai kekasih Popeye dan Brutus sebagai orang yang selalu ingin merebut Olive. Selain itu ciri khas yang ada dalam karekter Popeye yaitu ‘cangklong’ atau corong rokok yang selalu ia pakai. Pekerjaan popeye adalah pelaut, dengan tato jangkar di lengannya, meski terkadang terlihat urakan Popeye tetap memilki karekter yang baik hati dan suka menolong serta membela keadilan.

Popeye sederhananya juga diciptakan untuk membantu kaum ibu Amerika membujuk anak-anak mereka makan sayuran terutama bayam, yang bagi kebanyakan anak terasa agak “pengar” karena kandungan asam oksalatnya. Asam oksalat merupakan racun dalam bayam yang mampu mengikat nutrien dalam tubuh. Hal ini menyebabkan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam oksalat secara berlebihan bisa mengakibat penghambatan penyerapan zat besi dan kalsium dalam tubuh (Haryadi, 2013).

Selain itu, dibuatnya serial kartun ini memiliki kaitan yang erat dengan peristiwa depresi ekonomi serta Perang Dunia ke II yang dialami oleh Amerika serikat ketika itu. Kebijakan penghematan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Amerika juga menyentuh bidang pangan. Daging, telur, serta berbagai macam sumber protein lainnya sebagian besar didistribusikan untuk keperluan para prajurit di medan perang, sedangkan rakyat yang ada di dalam negeri hanya mendapatkan sisanya yang hanya berupa sayur-sayuran terutama bayam tanaman yang mudah tumbuh di mana saja dengan waktu panen yang cepat (Indrapuspa, 2010).

Dapat dikatakan serial Popeye berhasil menjadi alat propaganda Amerika agar rakyat tidak melakukan protes karena tidak tersedianya daging serta makanan berprotein lainnya dan mau dibujuk agar mau memakan sayur-sayuran karena Popeye menjadi kuat hanya dengan memakan bayam saja. Selain itu heroisme karakter Popeye dengan atribut angkatan lautnya dimaksudkan agar rakyat mau bergabung ke dalam milter Amerika Serikat dan mendukung pemerintah dalam Perang Dunia Ke II (Indrapuspa, 2010). Pemerintah memang memiliki segala macam cara agar segala tujuannya tercapai dan Popeye adalah salah satu bukti dari upaya pemerintah mempropagandakan segala kebijakan yang dikeluarkannya agar mendapatkan dukungan dari rakyat

Baca juga:

Lalu, apa hubungannya kekuatan popeye mengangkat besi setelah memakan bayam?
Kalau kita mempunyai magnet yang cukup kuat, dapatkah kita menggunakannya untuk mengangkat bayam? Tidak, Kecuali bayam itu tersimpan dalam kemasan dari besi, lebih dikenal dengan sebutan kaleng. walaupun bayam banyak mengandung zat besi, logam itu tidak dalam wujud yang dapat ditarik oleh magnet.

Besi bersifat magnetik-dapat ditarik oleh magnet bila berada dalam bentuk logam, tetapi tidak ketika sedang  bergabung secara kimiawi dengan unsur-unsur lain.  nah, Besi dalam Bayam (sayangnya) tidak dalam bentuk serpihan logam-logam kecil, besi itu tersimpan dalam wujud senyawa kimia kompleks yang tidak bersifat magnetik. Tapi, Mengapa semua orang langsung tertuju kepada bayam setiap kali mereka memikirkan makanan yang kaya dengan zat besi? Barang Kali penyebabnya adalah popeye, tokoh cerita kartun urakan yang selama beberapa tahun lalu telah menunjukkan kepada dunia bahwa perpaduan antara kebajikan, bayam, dan kekonyolan pada akhirnya akan membuahkan kemenangan. Faktanya Orang yang tidak mempunyai cukup besi dalam darah mereka sering pucat dan kuyu. istilah anemia juga berarti lemah, kurang vitalitas, atau lesu. Tentu saja itu tidak berarti bahwa makan besi lebih banyak ketika tidak sedang menderita anemia akan membuat anda menjadi lebih kuat (Wolke, 2012). Bayam mengandung zat mineral yang tinggi yaitu zat besi untuk mendorong pertumbuhan badan dan menjaga kesehatan. Kandungan besi dalam 100 gram bayam hijau yaitu 3,9 (Rizki,2013)

Menurut Nasution (2016) Kadar besi pada rebusan bayam hijau masa simpan 1 jam, 3 jam dan 5 jam. diperoleh kadar besi pada bayam hijau sesudah perebusan dengan masa simpan 1 jam, 3 jam dan 5 jam adalah 29,59 mg/kg; 29,54 mg/kg; 29,46 mg/kg. Kadar besi yang terdapat pada rebusan bayam hijau memiliki kadar besi yang hampir sama. Diharapkan kepada masyarakat sebaiknya mengkonsumsi sayur bayam sekali makan dan tidak dianjurkan untuk dipanaskan. Rebusan bayam hijau sebaiknya menggunakan sedikit air dan dimasak menggunakan panci alumunium. Sayur bayam dilarang dimasak menggunakan panci alumunium karena alumunium yang bereaksi dengan zat besi dalam bayam bisa menyebabkan terjadinya racun. Bagi yang memiliki kadar asam urat dalam darah yang cukup tinggi tidak dianjurkan mengkonsumsi bayam dalam jumlah banyak karena kandungan purin yang cukup tinggi dalam bayam dapat menyebabkan rasa nyeri yang berlebihan (Rizki, 2013).

Referensi

  • Anonim. 2013. http://kalender-peristiwa.blogspot.co.id/2013/01/komik-popeye-tampil-perdana-di-koran.html
  • Haryadi, J., 2013. Fakta Buah Dan Sayur Yang Berbahaya. Cetakan ke I. Jakarta : Niaga Swadaya
  • Indrapuspa. 2010. Kartun yang nggak akan hilang ditelan jaman. https://cemcupa.wordpress.com/2010/07/31/kartun-yang-nggak-hilang-ditelan-jaman/
  • Nasution, Sri Bulan. 2016.  Analisa kadar besi (Fe) pada bayam hijau sesudah perebusan dengan masa simpan 1 jam, 3 jam, dan 5 jam. Jurnal Ilmiah PANNMED. Vol. 11 No. 1.
  • Rizki, Farah, 2013. The Miracle Of Vegetables. Cetakan ke I. Jakarta : PT Agromedia Pustaka
  • Wolke, l.R. 2012. 140 penjelesan ilmiah tentang peristiwa sehari-hari. Jakarta : PT. Gramedia.
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Silvia Wahyuni

Silvia Wahyuni

Wa ma Indallahi Khoir. Mahasiswi Kimia Universitas Jambi. Penikmat buku dan Cinta Qur'an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *