Siringmakar 17: “Tips dan Trik Publikasi Ilmiah di Jurnal Ber-impact Tinggi”

Pemateri : Bimastyaji Surya Ramadan

Moderator : Wayan Dadang

 

Pendahuluan

Jumlah publikasi ilmiah di Indonesia semakin baik. Per April 2018, jumlah publikasi ilmiah Indonesia  berada di peringkat dua dan berhasil menggeser Singapura. Prestasi ini harus dipertahankan dan semoga juga berbanding lurus dengan kualitasnya.

 

Diskusi

Assalamualaikum Wr Wb.

Artikel ilmiah memiliki ciri khas utama yaitu adanya proses peer-review / penilaian sejawat / penilaian oleh para ahli di bidang tertentu. Selain itu, pengambilan informasi, diskusi, dan penulisannya mengambil referensi dari artikel-artikel ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Beberapa artikel yang diketahui adalah makalah riset, short communication, artikel review dan masih banyak lagi. Pembagiannya bisa dilihat di slide berikut.

Gambar 1. Jenis-jenis Publikasi Ilmiah [Bimastyaji, 2018]

Perbedaan beberapa jenis publikasi ilmiah itu adalah:

  1. Pada kemudahan aksesnya, dan
  2. Kedalaman materi yang dibahas.

Secondary literature merupakan kumpulan / kesimpulan suatu topik penelitian tertentu dari primary literature. Tertiary literature merupakan literatur terakhir yang lebih menekankan pada ketenaran dan kurang saintifik jika dibanding jenis lainnya. Grey literature adalah jenis publikasi yang memiliki akses terbatas.

Selain itu dikenal beberapa jenis lainnya seperti prosiding, pre-print, magazine, dan data in brief. Sering saya mendengar kesalahan persepsi dimana publish paper adalah publish jurnal, padahal jurnal adalah kumpulan dari paper-paper untuk topik yang serupa.

Warstek masuk ke dalam tertiary literature 🙂

Saya sendiri pernah beberapa kali menulis artikel review (4 artikel) dan artikel riset (3 artikel). Kebanyakan saya publish lewat [Mohon maaf artikel terpotong]

Artikel dapat dibaca di Majalah Warstek Edisi #3 > Download Majalah Warstek (KLIK)

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Nailul Izzah

Nailul Izzah

Pembelajar | Penikmat kopi | DIII Teknik Kimia Undip Alumni | Semarang | nailul.izzah91@gmail.com

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar