Berkenalan dengan “Summit”, Superkomputer Tercepat di Dunia

Sebelumnya, penulis sudah pernah menulis tentang superkomputer tercepat di Dunia dengan judul “Berkenalan dengan Superkomputer tercepat di Dunia untuk Ilmu Pengetahuan“. Pada saat tulisan tersebut ditulis pemegang superkomputer tercepat di Dunia adalah Sunway TaihuLight, milik Cina. Superkomputer tersebut memiliki rekor kecepatan 93 petaflops (93 ribu trilyun flop per detik) dan kecepatan secara teori setara dengan 125,4 petaflops (125 ribu trilyun flop per detik). Superkomputer tercepat di Dunia milik Cina ini terpasang di Pusat Supercomputer Nasional di Wuxi, Cina dan membutuhkan sumber daya listrik sebesar 15,4 MW (Mega Watt).

Gambar 1. Superkomputer Summit, milik ORNL, Amerika Serikat.

Seiring dengan berjalannya waktu dalam dunia riset Internasional dan juga kebutuhan akan superkomputer yang sangat cepat dan canggih semakin dibutuhkan dalam upaya memecahkan setiap masalah kompleks dengan cepat. Superkomputer tercepat di Dunia saat ini tidak lagi jadi milik Sunway TaihuLight. Superkomputer tersebut harus tergeser posisinya oleh superkomputer Summit milik Amerika Serikat. Superkomputer Summit memiliki rekor kecepatan 200 petaflops (200 quadriliun kalkulasi per detik atau 200 ribu trilyun kalkulasi per detik). Summit terpasang di Oak Ridge National Laboratory (ORNL) di Tennessee, Amerika Serikat.

Di tempat yang sama yaitu ORNL,  juga terpasang superkomputer Titan. Superkomputer Titan memiliki kecepatan 17,6 petaflops (17,6 quadriliun kalkulasi perdetik atau hanya sepersebelas kali dari kecepatan superkomputer Summit). Kedua superkomputer tersebut merupakan milik Departemen Energi, Amerika Serikat, yang digunakan untuk berbagai tujuan riset ilmiah. Sampai pada resminya superkomputer Summit, superkomputer Titan juga harus bergeser ke posisi 6 dari daftar superkomputer tercepat di Dunia.

Baca juga Berkenalan dengan Superkomputer tercepat di Dunia untuk Ilmu Pengetahuan

Kemampuan kalkulasi yang luar biasa cepat dimiliki oleh superkomputer Summit tidak terlepas dari dukungan banyak teknologi-teknologi canggih dari IBM. Jumlah server yang dimiliki oleh superkomputer Summit tidak tanggung-tanggung jumlahnya yaitu sebanyak 4.608 server dengan kebutuhan dimensi ruangan 2 lapangan tenis. Setiap Server menggunakan 2 buah processor 22-core IBM Power9 dan jika ditotalkan terdapat 9.216 buah processor. Selain itu, setiap server juga terpasang 6 buah GPU NVIDIA Tesla V100 dan jika ditotalkan terdapat 27.648 buah GPU untuk pemroses grafik. Memori yang terpasang pada superkomputer Summit berjumlah lebih dari 10 petabyte yang terpasang pada jalur bandwidth tinggi agar data dapat bekerja cepat dan efisien.

Tidak cukup sampai disitu saja, semakin banyak perangkat yang terpasang, semakin banyak pula kebutuhan energi listrik yang terpakai. Kira-kira berapa kebutuhan listrik yang terpakai? Superkomputer Summit memakai jumlah listrik yang tidak tanggung-tanggung yaitu setara dengan jumlah listrik yang terpakai pada 8.100 rumah penduduk di Amerika. Sedangkan untuk pendinginnya pun menggunakan angka yang fantastis juga yaitu membutuhkan 4.000 galon air setiap menit.

Pembangunan superkomputer canggih dan kuat untuk kalkulasi super cepat seperti ini digunakan dalam mempemercepat proses riset-riset ilmiah dalam upaya memecahkan permasalahan umat manusia. Ada beberapa tujuan besar dari penggunaan superkomputer Summit yaitu untuk bidang astrofisika, material, kanker (bukan kantong kering ya! Tetapi penyakit), dan sistem biologi. Penggunaan paling penting dari superkomputer yang sangat cepat seperti ini adalah untuk Kecerdasan Buatan, dimana jika menggunakan komputer-komputer dengan kecepatan dibawahnya membutuhkan waktu yang lama untuk pelatihan, tetapi dengan superkomputer Summit akan juah lebih cepat dan efisien waktu[1][2][3][4].

 

Referensi:

  1. Dadang, Wayan. 2018. “Berkenalan dengan Superkomputer tercepat di Dunia untuk Ilmu Pengetahuan”. Warstek, 30 April 2018 (https://warstek.com/2018/04/30/superkomputer/) diakses pada tanggal 15 Juli 2018.
  2. Rogers, Shelby. 2018. “United States Once Again Has World’s Most Powerful Supercomputer”. Interesting Engineering, 9 Juni 2018 (https://interestingengineering.com/united-states-once-again-has-worlds-most-powerful-supercomputer) diakses pada tanggal 15 Juli 2018.
  3. Mccorkle, Morgan. 2018. “ORNL launches Summit Supercomputer—America’s new top supercomputer for science”. Phys.org, 8 Juni 2019 (https://phys.org/news/2018-06-ornl-summit-supercomputer.html) diakses pada tanggal 15 Juli 2018
Nilai Artikel Ini
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar