FEDOR : Robot Humanoid dengan Kecerdasan Buatan akan Bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional Bulan Ini

Perkembangan dunia robotika semakin maju pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini didukung dengan semakin berkembangnya ilmu kendali dinamika robot yang bertanggung jawab atas kestabilan robot dan kecerdasan buatan atau disingkat AI (Artificial Intelligence) sebagai kecerdasannya.

Robot mempunyai kelebihan tersendiri dalam upaya menyelesaikan masalah, tidak seperti manusia yang mudah bosan terhadap pekerjaan tertentu. Robot juga dapat bekerja pada area-area yang sulit dijangkau manusia, baik itu karena faktor keamanan, lingkungan, termasuk kawasan berbahaya seperti disebuah reaktor nuklir dan stasiun luar angkasa.

Gambar 1. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Robot Humanoid (didesain menyerupai tubuh manusia) dan kecerdasan buatan dapat dipadu menjadi satu, dengan output-nya berupa robot yang mempunyai kemampuan lebih cerdas dan lebih akurat dalam mengambil sebuah keputusan. Teknologi kecerdasan buatan yang berkembang saat ini, masih memiliki kemampuan yang sempit, maksudnya hanya dapat melakukan penyelesaian pada satu tugas saja, misalnya untuk pengenalan pola, wajah, dll. Tetapi, jika dipadukan dengan beberapa algoritma pendukung, kecerdasan buatan dapat berfungsi cukup kompleks seperti pada robot “FEDOR” milik Rusia yang akan dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station atau disingkat ISS).

Tampilan Robot FEDOR, bersalaman dengan manusia

FEDOR merupakan robot Humanoid atau dapat juga disebut sebagai sebuah Android hasil besutan Rusia yang memiliki tugas untuk membantu para awak ISS dalam misi luar angksa mereka. Nama FEDOR merupakan kependekan dari Final Experimental Demonstration Object Research. Misi robot untuk dikirim ke ISS menjadi sangat penting bagi dunia antariksa, menimbang robot-robot saat ini sudah berkemampuan sangat baik dalam melakukan beberapa tugas yang dapat dilakukan manusia. Oleh karena itu, dengan adanya robot-robot semacam FEDOR, misi pengiriman menusia ke ISS dapat dikurangi, mengingat besarnya resiko keselamatan manusia yang dikirim ke ISS. Robot FEDOR akan dikirim ke ISS pada bulan ini (Agustus 2018) bersamaan dengan pengiriman awak manusia melalui pesawat luar angkasa milik Rusia yaitu Soyuz.

Robot FEDOR memegang pistol

Teknologi robot FEDOR dikembangkan oleh Android Technics and the Advanced Research Fund, tidak sama dengan robot standar lain yang telah dibuat oleh manusia. Robot FEDOR memiliki banyak kemampuan penting yang sangat membantu ketika di ISS. Pemrograman demi pemrograman dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sangat baik, misalnya pada tahun lalu ilmuwan dan pejabat Rusia memprogram FEDOR agar bisa menembak dengan kedua tangannya. Pemrograman untuk tugas menembak itu dilakukan agar dapat membantu FEDOR meningkatkan kemampuan motorik dan pengambilan keputusan. Kemampuan penting lainnya yang dapat dilakukan oleh FEDOR adalah bisa memasang bola lampu, mengendarai mobil, dan menggunakan berbagai macam alat seperti bor, tang, palu, dll. Jika ingin membayangkan seperti apa robot FEDOR, dialah yang seperti robot terminator yang ada di film-film. Hanya saja tugasnya bukan untuk membunuh orang, tetapi untuk misi di ISS dalam membantu para kru disana dan akan lebih bermanfaat[1][2].

Gambar 2. CIMON, robot yang menggunakan AI di ISS

Robot FEDOR bukanlah kali pertama robot yang dikirim ke ISS. Pada 2015 lalu, NASA juga telah mengirim sebuah robot Humanoid pertama kali bernama Robonaut 2. Kemudian tahun ini yaitu Juni 2 bulan lalu, dilanjutkan dengan misi pengirim robot cerdas kedua yaitu robot AI bernama CIMON (Crew Interactive Mobile Companion), melalui roket pembawa kargo SpaceX milik Elon Musk. CIMON saat ini telah berada di ISS yang memiliki tugas untuk mencari tahu bagaimana sebuah kecerdasan buatan suatu hari nanti dapat membantu orang-orang di ISS menemukan sebuah ruangan[3]. Berikut ini adalah video tentang robot FEDOR.

 

Referensi:

  1. Rogers, Shelby. 2018. “Russia Prepares to Send Two Humanoid Robots to the International Space Station“. Interesting Engineering, 24 Juli 2018 (https://interestingengineering.com/russia-prepares-to-send-two-humanoid-robots-to-the-international-space-station) diakses pada tanggal 31 Juli 2018
  2. Novosti. 2018. “Russia can send into space a crew of two robots “Fedor””. RIA Science, 20 Juli 2018 (https://ria.ru/space/20180720/1524979976.html) diakses pada tanggal 1 Agustus 2018
  3. Papadopoulos, Loukia. 2018. “SpaceX’s 15th Resupply Cargo Mission to ISS Launches With First AI Flying Robot Crew Member“. Interesting Engineering, 29 Juni 2018 (https://interestingengineering.com/spacexs-15th-resupply-cargo-mission-to-iss-launches-with-first-ai-flying-robot-crew-member) diakses pada tanggal 1 Agustus 2018

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar