Inilah 10 Tanda Orang Cerdas Menurut Sains, Apakah Tanda Tersebut Ada Dalam Diri Anda?

Allah SWT menciptakan akal sebagai salah satu kelebihan bagi manusia, makhluk paling istimewa di muka bumi. Kemampuan untuk memilih dan berpikir merupakan hal mendasar yang terus melekat dalam diri manusia sebagai pengimplementasi dari disematkannya akal tersebut. Pada artikel sebelumnya, Warstek telah membahas 9 cara untuk menjadi cerdas, baca juga  “Dijamin Berhasil, Sembilan Cara Melatih Otak untuk Menjadi Cerdas

Kecerdasan, merupakan suatu faktor yang dilatarbelakangi adanya akal pada manusia. Cerdas seringkali dijadikan sebagai indikator dalam membandingkan kemampuan berpikir setiap individu. Terkadang dalam menyikapinya kita memiliki penilaian tersendiri dalam menentukan tingkat kecerdasan seseorang.

Namun tak jarang apa yang kita pikirkan itu tidak sesuai dengan fakta sains. Karena perlu kita sadari banyak sekali fakta tersebut yang jauh dari apa yang kita pikirkan. Termasuk soal kecerdasan ini. Nah kali ini kami akan membahas 10 tanda orang cerdas yang mungkin tidak anda sadari. Lalu apa saja tanda-tanda tersebut?

1. Berani Mengkritik Diri Sendiri

Mengkritik orang lain, sepertinya merupakan hal yang cukup mudah bagi kebanyakan orang. Karena pada dasarnya kita lebih senang melihat kekurangan maupun kesalahan yang dilakukan orang lain. Nah bagaimana dengan mengkritik diri sendiri, suatu hal yang relatif tidak mudah.

Ya jelas terkadang kita tidak menerima kritikan dari orang lain, apalagi mengkritik diri sendiri. Namun tahukah anda apabila anda memiliki sifat yang satu ini, maka anda adalah orang yang cerdas. Hal ini dibuktikan dari riset dan penelitian dari Journal of Personality and Social Psychology.

Orang yang berani mengkritik dirinya sendiri adalah orang yang cerdas. Mereka akan mudah menerima kekurangan dalam dirinya ataupun karyanya untuk senantiasa diperbaiki di masa mendatang.

2. Rasa Penasaran

Tentu sifat yang satu ini sepertinya wajib dimiliki orang-orang cerdas. Rasa penasaran akan membuat seseorang atau individu lebih mengeksplor banyak hal. Pengetahuan mereka akan terus bertambah dan mereka akan terbukan dan menerima segala gagasan yang baru.

3. Melengkapi Kalimat Orang Lain

Nah sifat yang satu ini bisa dikatakan cukup unik dan terkadang luput dari perkiraan kita. Mungkin anda pernah melengkapi satu kata ataupun satu kalimat yang dibicarakan oleh orang lain. Kalau anda pernah melakukannya tanpa disadari berarti anda merupakan orang cerdas.

Ini sangat berhubungan dengan kecerdasan secara emosional. Bagaimana anda bisa menyelaraskan antara emosi orang lain dengan anda sendiri. Sehingga anda bisa melihat sesuatu hal berdasarkan sudut pandang dari orang tersebut.

4. Kontrol Diri

Mengontrol diri sepertinya hal ini merupakan sesuatu yang tidak mudah. Banyak orang cenderung mengikuti hawa nafsunya, terutama dalam segi emosional maupun berbagai aspek lainnya. Nah orang yang mampu mengendalikan dirinya adalah termasuk orang yang cerdas.

Nah pengujian pernah dilakukan pada beberapa orang yang menjalani tes dan ditawari sejumlah orang. Setelah tes tersebut, mayoritas dari yang diuji memilih langsung pulang dan mengambil uangnya. Sementara ada beberapa orang saja yang tetap menunggu.

Ternyata minoritas yang menunggu memiliki intelejensi yang lebih dibandingkan orang yang langsung pergi.

5. Berpikiran Terbuka

Orang cerdas cenderung berpikiran terbuka, maksudnya adalah ia akan mencari sesuatu yang ingin diketahuinya dari berbagai sudut pandang. Karena pada pada saat itu mereka akan mengalami proses penerimaan gagasan baru. Selain itu, mereka akan percaya diri dengan pendapatnya sendiri tetapi tidak manipulatif dan berpikiran subjektif.

6. Menyukai Cokelat

Mungkin banyak sekali orang yang menyukai cokelat. Tapi tahukah anda bahwa menyukai cokelat merupakan salah satu ciri dari orang cerdas. Ini dibuktikan oleh para peneliti dari Universities of Roma and L’Aquila, Italia. Dalam kandungan cokelat terkandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan kerja kognitif.

Kognitif sendiri merupakan jenjang proses berpikir dari manusia. Sehingga orang yang senang dengan cokelat akan meningkat pula tingkat kecerdasannya.

7. Suka Menunda

Memang sifat yang satu ini merupakan sebuah kebiasaan buruk. Namun suka menunda merupakan salah satu ciri dan sifat dari orang yang cerdas. Biasanya orang cerdas selalu menyelesaikan tugasnya pada tenggat waktu yang ditentukan. Suatu penelitian mengungkapkan orang yang suka menunda berarti tidak terburu-buru untuk melompat ke sebuah kesimpulan.

Selain itu, mereka yang suka menunda waktu akan lebih memilih melakukan pekerjaan dianggap lebih berharga.

8. Tidak Tahan Akan Suara Bising

Kemudian orang yang cerdas tidak akan tahan dengan suara-suara bising yang mengganggu ataupun tidak relevan dengan langkahnya dalam berpikir. Ini dibuktikan dengan menguji 100 orang untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Beberapa dari mereka meminta untuk menghentikan suara bising yang terjadi.

Hasilnya orang-orang tersebut mampu memberikan sebuah solusi permasalahan yang lebih kreatif dan juga inovatif.

9. Mengaitkan dua hal yang berbeda.

Anda yang memiliki sifat yang satu ini bisa dikatakan anda kreatif dan juga cerdas. Biasanya orang seperti ini mampu layaknya membaca berbagai pola dengan lebih cepat dan menghubungkan dan menafsirkannya kepada suatu kesimpulan yang tepat.

Sifat ini menandakan anda memiliki cara pemikiran yang konseptual, dan juga berpikir terbuka.

10. Nyaman Akan Kesendirian

Sifat yang terakhir ini jangan juga ditafsirkan sebagai orang individualis. Namun apabila seseorang tidak masalah dengan kesendiriannya maka hal itu menandakan orang tersebut termasuk orang yang cerdas. Menurut British Journal of Psychology, orang yang lebih nyaman sendiri adalah orang yang lebih cerdas.

Kemudian penelitian tersebut juga menunjukkan apabila suka berbicara pada diri sendiri maka tanda kejeniusan ada dalam diri anda.

*Itulah 10 sifat yang menandakan bahwa orang itu ternyata cerdas. Ada beberapa hal sepele yang mungkin anda anggap tidak biasa. Namun ternyata hal tersebut merupakan sebuah tanda yang positif bagi kecerdasan seseorang. Selain itu mungkin anda memiliki salah satu sifat dari tanda-tanda tersebut.

Namun bukan berarti satu sifat tersebut sudah mewakili semua indikator yang menentukan anda ini cerdas atau tidak. Kalau pendapat saya minimal ada 3 ciri tersebut pada diri anda baru bisa dikatakan anda cerdas.

Perlu diingat juga bahwa kecerdasan seseorang juga ditentukan oleh diri anda sendiri. Bagaimana kemauan dan kemampuan anda dalam mengasah otak juga ikut mempengaruhi.

 

Referensi:

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

3 tanggapan untuk “Inilah 10 Tanda Orang Cerdas Menurut Sains, Apakah Tanda Tersebut Ada Dalam Diri Anda?

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar