10 Strategi Untuk Menurunkan Berat Badan yang Didasarkan Pada Penelitian Terbaru di Inggris

Dua cara yang semua orang tahu untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan makanan dan banyak olahraga. Tapi tentunya hal tersebut tidaklah mudah, aspek lingkungan dan kebiasaan membuat mengurangi asupan makanan dan banyak olahraga terasa sangat sulit.

Untuk mengurangi penyakit yang disebabkan kelebihan berat badan atau obesitas, maka hendaknya seseorang harus mengubah kebiasaan dan pola hidupnya. Harus ada strategi untuk menurunkan berat badan agar hal tersebut dapat terealisasikan dengan cepat dan tepat.

Bagi seseorang yang ingin mencoba menurunkan berat badan, maka orang-orang di lingkungannya akan memberikan dan menunjukkan situs web, program televisi, buku, aplikasi, dan lain-lain tentang program penurunan berat badan. Tapi tentunya setiap orang akan menggunakan caranya masing-masing.

Untuk membuat program diet menjadi lebih efektif,  yang merupakan peneliti senior di Health Behaviours University of Oxford telah melakukan riset melibatkan ratusan orang dewasa dari Inggris yang mencoba menurunkan berat badan mereka. Dari penelitian tersebut, serta meninjau studi lain di bidang diet, Jamie dkk mengidentifikasi sepuluh strategi yang disarankan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hasil dari penelitian tersebut dipublikasikan pada jurnal PLOS ONE pada 10 Agustus 2018 dengan judul “Cognitive and behavioural strategies for weight management in overweight adults: Results from the Oxford Food and Activity Behaviours (OxFAB) cohort study”. Berikut ini 10 strategi tersebut.

1. Mencari informasi mengenai cara menurunkan berat badan dari sumber yang dipercaya, seperti situs internet, buku, video yang direkomendasikan oleh dokter atau perawat.

2. Menentukan kebutuhan asupan makanan untuk mengetahui berapa banyak aktivitas makan setiap hari atau setiap minggu, dengan ini maka seseorang yang sedang diet dapat menentukan porsi dan nutrisi lainnya.

3. Tentukan berat badan yang akan diturunkan atau berat badan tertentu yang ingin diturunkan setiap minggu. Memiliki target berarti sudah dalam tahapan “sedang berusaha” dan mungkin butuh menuliskannya di suatu tempat.

4. Rencanakan asupan makanan agar asupan yang dimakan sehat dan sesuai tujuan

5. Jauhkan makanan yang tidak sesuai dengan diet agar tetap senantiasa berada di luar rumah. Jauh lebih mudah untuk tetap berpegang pada makanan yang direkomendasikan agar tidak terus-menerus tergoda pada makanan yang tidak sesuai dengan diet, jadi jauhkan makanan tersebut dari pandangan dan jangkauan jika bisa.

6. Miliki strategi untuk menangani mengidam makanan. Seseorang yang sedang diet tidak dapat selalu menghindari berada di sekitar makanan yang tidak sehat, jadi adanya strategi mengidam merupakan strategi yang baik untuk mengantisipasi keinginan dan cara untuk menghadapinya ketika keinginan tersebut muncul. Contohnya mengunyah permen karet, mengalihkan perhatianmu dengan berfokus pada hal lain, dll.

7. Tukar satu jenis makanan atau minuman untuk yang lain jika makanan atau minuman tesebut lebih sehat untuk diet. Misalnya, pilih versi lebih rendah kalori atau rendah gula dari makanan atau minuman yang biasanya dikonsumsi.

8. Perhatikan selalu apa yang dimakan. Seseorang yang sedang diet dapat membantu dirinya sendiri memenuhi target diet dengan mengukur kalori, ukuran porsi atau kandungan gizi makanan yang akan dikonsumsinya. Jangan lupa untuk melacak minuman juga.

9. Timbang berat badan secara teratur. Ini akan membantu mengukur kemajuan target, itu juga akan membantu untuk mempelajari diri sendiri. Jika berat badan bertambah, atau tidak hilang sebanyak yang diinginkan, jangan berkecil hati. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana makanan dan aktivitas memengaruhi berat badan. Mengetahui lebih banyak tentang diri sendiri dapat membantu membuat pilihan yang lebih sehat di masa depan.

10. Temukan cara untuk tetap termotivasi. Tidak selalu mudah untuk melakukan hal-hal yang tercantum di atas, dan penting untuk menemukan cara untuk terus berjalan saat berhenti. Ini dapat melibatkan orang lain misalnya, mencoba menurunkan berat badan pada saat yang bersamaan dengan orang lain atau memberi tahu orang lain tentang rencana penurunan berat badan. Bisa juga menghadiahi diri sendiri ketika  memenuhi target (dengan sesuatu selain makanan), dan menyimpan catatan untuk mengingatkan diri tentang alasan kamu ingin menurunkan berat badan.

Itulah beberapa strategi yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan menurut penelitian terbaru. Tertarik mencoba?

Referensi:

  • The Conversation. Ten strategies to lose weight backed by new research. https://theconversation.com/ten-strategies-to-lose-weight-backed-by-new-research-100995. Diakses pada 4 September 2018
  • Hartmann-Boyce, J., Aveyard, P., Piernas, C., Koshiaris, C., Velardo, C., Salvi, D. and Jebb, S.A., 2018. Cognitive and behavioural strategies for weight management in overweight adults: Results from the Oxford Food and Activity Behaviours (OxFAB) cohort study. PloS one13(8), p.e0202072.
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar