X
    Kategori KesehatanPilihan Editor

Penelitian Selama 40 Tahun Membuktikan Bahwa Berlibur Dapat Memperpanjang Usia

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa memakan makanan sehat, rutin berolahraga, tidak merokok, dan tidak meminum minuman keras adalah cara yang sangat efektif untuk memperpanjang usia harapan hidup. Namun, ternyata ada faktor lainnya yang juga berpengaruh, yaitu jumlah liburan yang pernah kita ambil!

Sebuah artikel jurnal terbaru yang dibuat oleh para peneliti dari University of Helsinski Finlandia dan terbit pada 12 September 2018, menguji kesehatan dari 1.222 lelaki dewasa untuk berpartisipasi dalam penelitian yang diberi nama “Helsinski Businessmen Study“. Pada tahun 1974 dan 1975, para peneliti ini merekrut sejumlah lelaki yang dilahirkan antara tahun 1919 dan 1934. Para partisipan dalam penelitian ini diuji kesehatannya, seperti tekanan darah, kesuburan, dan gejala penyakit pada jantungnya. Di samping itu, para peneliti juga mencatat gaya hidup para partisipan. Hasil dari penelitian ini dipublikasikan dengan judul [Mohon maaf artikel terpotong]

Artikel dapat dibaca di Majalah Warstek Edisi #4 > Download Majalah Warstek (KLIK)

Sadidan :Mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Tomsk Polytechnic University, Rusia, jurusan Ekologi dan Manajemen Sumber Daya Alam. Bercita-cita menjadi fotografer dan videografer alam bebas.