X
    Kategori Robot

Berkenalan dengan ‘Ibuki’, Sebuah Robot Android dari Jepang

Oke, kembali lagi dengan saya yang sangat menyenangi dunia teknologi kususnya robotika. Sesekali saya sempatkan untuk menulis di warstek sebagai upaya untuk refreshing pikiran dari pengerjaan penelitian tugas akhir kuliah saya yang kebetulan temanya juga tentang robot dan kecerdasan buatan.

Kali ini saya akan bercerita tentang sebuah robot android canggih dari Jepang yang bernama “Ibuki”. Berbicara masalah teknologi robot, maka tidak akan jauh-jauh dari Jepang, karena selama ini tidak pernah diragukan lagi bagaimana upaya Jepang membangun robot-robot canggih dan modern berbasis teknologi tinggi. Dari sekian banyak robot yang telah dibuat oleh Jepang seperti, robot Asimo dari Honda[1], Shibuya Mirai[2] berupa chat bot, Erica[3], dan banyak lagi nama-nama robot canggih dari Jepang.

Gambar 1. Ibuki dari ERATO ISHIGURO Symbiotic Human-Robot Interaction Project[4]

Ibuki merupakan sebuah robot android dari ERATO ISHIGURO Symbiotic Human-Robot Interaction Project, Graduate School of Engineering Science, Universitas Osaka, Jepang. Bersamaan dengan robot bernama Erica yang memiliki tugas menjadi sebuah robot presenter pada stasiun TV di Jepang yang juga merupakan satu proyek tempat penelitian.

Baca juga Erica: Robot Humanoid yang Akan Menjadi Presenter TV di Jepang bulan April 2018

ISHIGURO Symbiotic Human-Robot Interaction Project merupakan sebuah laboratorium riset Intelligent Robotics Laboratory di Universitas Osaka, Jepang. Direktur dari laboratorium riset tersebut adalah Hiroshi Ishiguro yang merupakan Professor di Graduate School of Engineering Science, Osaka University Director (visiting), Hiroshi Ishiguro Laboratories, Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR). Proyek Ishiguro sejauh ini telah memiliki 3 jenis robot ciptaan, yaitu Ibuki sendiri dan dua lainnya adalah ERICA (ERATO Intelligent Conversational Android) dan CommU (Communication Unity).

Area penelitian ISHIGURO Symbiotic Human-Robot Interaction Project adalah mengembangkan Interaksi Simbiotik Manusia dengan Robot, dan tujuannya adalah untuk mengembangkan sebuah robot sosial otonom yang dapat berkomunikasi dengan banyak orang melalui berbagai cara komunikatif ketika manusia menggunakannya. Dalam upaya mencapai tujuan itu, perlu untuk mengembangkan perangkat dan teknologi tertentu, seperti (a) bahan kulit permukaan dan struktur internal untuk interaksi yang aman dengan manusia, (b) teknologi pengenalan suara (speech recognition) yang kuat dan fleksibel, (c) fungsi konteks otonom dan komunikasi yang lebih peka dalam bertugas berdasarkan model hierarki yang terdiri dari keinginan, niat, dan perilaku termasuk tindak tutur, dan (d) fungsi menggunakan beberapa sarana komunikatif untuk berkomunikasi dengan banyak orang dalam konteks sosial.

Ibuki diciptakan memiliki tujuan yang sangat penting dalam proyek Ishiguro. Adapun tujuan pembuatan robot Ibuki adalah untuk membuat sebuah robot yang sedekat mungkin dengan sifat-sifat manusia atau sebuah robot yang bersifat manusiawi. Ibuki didesain menyerupai anak kecil dan memiliki wajah yang sangat mirip dengan wajah anak-anak muda di Jepang.

Di masa depan robot-robot seperti Ibuki akan sangat penting keberadaannya, karena mereka akan sangat berguna dalam upaya membantu tugas-tugas manusia. Beberapa tugas penting dari robot seperti Ibuki adalah untuk membantu para manula dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari seperti merawat, menyuap makanan, hingga tugas-tugas lainnya. Hal terpenting yang harus ada pada robot untuk tugas-tugas seperti ini adalah harus memiliki sifat sosial yang tinggi serta memiliki teknologi desain yang hampir sama persis dengan manusia.

Berikut video demo robot Ibuki,

Referensi:

  1. Asimo (http://asimo.honda.com/) diakses pada 8 September 2018
  2. Shibuya Mirai (https://www.shibuyabunka.com/blog.php?id=912&wovn=en) diakses pada 8 September 2018
  3. ERICA (ERato Intelligent Conversational Android), ERATO ISHIGURO Symbiotic Human-Robot Interaction Project (http://www.jst.go.jp/erato/ishiguro/en/robot.html) diakses pada 8 September 2018
  4. ibuki (Child-like Android), ERATO ISHIGURO Symbiotic Human-Robot Interaction Project (http://www.jst.go.jp/erato/ishiguro/en/robot.html) diakses pada 8 September 2018
  5. Video, Meet Ibuki, A Spooky Child-Like Android from Japan, Interesting Engineering (https://interestingengineering.com/video/meet-ibuki-a-spooky-child-like-android-from-japan) diakses pada 8 September 2018
Wayan Dadang :Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.