Mari Menengok Tarian Robot SpotMini dan Kelincahan Loncatan Robot ATLAS dari Boston Dynamics

Sebetulnya penulis telah sering mengupas robot-robot dari Boston Dynamics. Tetapi, bulan ini ada dua robot yang memiliki gerakan-gerakan baru, yaitu SpotMini dan ATLAS. Setiap tahun perkembangan gerakan-gerakan baru dari kedua robot tersebut memang menjadi sorotan para pecinta robot. Gerakan-gerakan baru ini menandakan bahwa Boston Dynamics telah memiliki banyak kemajuan dalam upaya mengembangkannya menjadi lebih lincah[1].

Sejak diakuisisi oleh perusahaan SoftBank Group Jepang[2][3], Boston Dynamics semakin banyak menunjukkan kemajuannya. Ada sembilan robot yang dikembangkan oleh Boston Dymanics sejauh ini, yaitu SPOTMINI, ATLAS, HANDLE, SPOT, LS3, WILDCAT, BIGDOG, SANDFLEA, dan REX[4]. Namun, SpotMini dan ATLAS merupakan dua robot yang sering kali menjadi demo perkembangan setiap kemajuannya. Bulan ini SpotMini harus unjuk gigi dengan tarian kerennya, sedangkan ATLAS dengan kelincahan gerakan loncatannya yang elit. Seperti apa perkembangan tersebut, ayo langsung saja kita bahas.

SpotMini

SpotMini adalah robot berkaki empat berukuran kecil, gesit, yang sangat direkomendasikan jika ditempatkan di rumah, di kantor, atau taman hiburan, dll. SpotMini memiliki berat 25 kg (30 kg jika terpasang lengan). Robot SpotMini memiliki daya supply listrik yang mampu bertahan selama 90 menit, namun durasi tersebut juga tergantung pada tujuan penggunaan robot.

SpotMini memiliki kebebasan gerak (derajat kebebasan) sebanyak 17 sendi dan ditambah 5 sendi pada lengannya. Dalam membantu robot bernavigasi (mendeteksi objek, dll) terdapat beberapa sensor yang terpasang pada robot SpotMini yaitu sensor stereo, sensor kamera, sensor IMU, dan sensor posisi[3][4][5].

Berdasarkan penjelasan teknologi yang terpasang pada robot SpotMini di atas, gerakan-gerakan elit dan lincah sangat mungkin bisa dilakukannya. Berikut ini adalah gerakan terbaru yang dirilis oleh Boston Dynamics yang menunjukkan bahwa SpotMini bisa menari lebih lincah dari manusia[1]. Hal ini menunjukkan berapa canggihnya sistem dinamika dan algoritma yang ada pada robot.

ATLAS

Robot ATLAS adalah robot Humanoid (bentuk menyerupai tubuh menusia) berteknologi canggih terbaru yang dikembangkan oleh Boston Dynamics. Pada robot ATLAS terpasang sistem kontrol yang sangat canggih yaitu berupa koordinasi dari gerakan lengan, batang tubuh, dan kaki agar dapat mencapai keseimbangan yang stabil dan tidak mudah jatuh terbaring saat di medan yang halus seperti lantai dan medan yang kasar seperti di tanah berpasir.

Robot Atlas memiliki tinggi 1.5 meter dan bobot sebesar 75 kg, dengan gerakan backflip yang dilakukannya menunjukkan betapa stabil dan canggihnya sistem keseimbangan yang dimiliki oleh robot ini. Robot Atlas adalah robot berkaki dua yang paling stabil dan seimbang saat ini yang dibuat oleh Boston Dynamics. Beberapa robot agar dapat stabil dan seimbang setidaknya harus memilki empat kaki, dengan dua kaki di depan dan dua kaki di belakang[3][4][5].

Dua paragraf di atas lebih dari cukup untuk menggambarkan betapa canggihnya teknologi yang terpasang pada robot ATLAS. Mungkin kita bertanya-tanya seperti apa antraksi selanjutnya setelah beberapa waktu lalu mampu bersalto ke arah belakang. Baca juga Perkembangan Terbaru pada Humanoid Robot ‘Atlas’ Mampu Backflift (Salto ke Belakang). Oke, langsung saja, berikut adalah video antraksi selanjutnya dari robot ATLAS, yang mendemontrasikan betapa elit kemampuan loncatan dengan satu kakinya[6].

 

Demikianlah artikel yang membahas mengenai perkembangan dua robot Boston Dynamics bulan ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Salam Robotics!

Referensi:

  1. Interesting Engineering. 2018. “Boston Dynamics’ Robot Can Now Dance Better Than You“. video (https://interestingengineering.com/video/boston-dynamics-robot-can-now-dance-better-than-you) diakses pada tanggal 16 Oktober 2018
  2. Dadang, Wayan. 2017. “Kecanggihan Teknologi Robot ATLAS Buatan Boston Dynamics”. Warung Sains dan Teknologi, 5 Oktober 2017 (http://warstek.com/2017/10/05/robotatlas/) diakses pada tanggal 16 Oktober 2018
  3. ___________. 2017. “Perkembangan Terbaru pada Humanoid Robot ‘Atlas’ Mampu Backflift (Salto ke Belakang)“. Warung Sains dan Teknologi, 28 November 2017 (https://warstek.com/2017/11/28/atlassalto/) diakses pada tanggal 16 Oktober 2018
  4. Boston Dynamics (https://www.bostondynamics.com/) diakses pada tanggal 16 Oktober 2018
  5. Dadang, Wayan. 2018. “Berkenalan dengan 9 Robot Canggih dari Boston Dynamics [Bagian 1]“. Warstek, 20 Juli 2018 (https://warstek.com/2018/07/20/bostondynamics1/) diakses pada tanggal 16 Oktober 2018
  6. Interesting Engineering. 2018. “Boston Dynamics’ Robot Now Tackles Obstacles With Superhuman Dexterity”. video (https://interestingengineering.com/video/boston-dynamics-robot-now-tackles-obstacles-with-superhuman-dexterity) diakses pada tanggal 16 Oktober 2018
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Wayan Dadang

Wayan Dadang

Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Sriwijaya, menekuni Kecerdasan Buatan, Sistem Kontrol, dan Robotika. Mencintai kegiatan membaca Paper Sains, Belajar, Menulis, dan Riset.

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar