Penjelasan Video Berjudul “Shooting Macro” yang Viral di Instagram dan YouTube

Penjelasan Video Berjudul “Shooting Macro” yang Viral di Instagram dan YouTube
Bagikan Artikel ini di:

Jika Sahabat Warstek belum menonton videonya, silahkan tonton terlebih dahulu:

Video tersebut pertama kali diunggah ke YouTube pada 1 Agustus 2018 dan ke Instagram pada 4 Agustus 2018. Sampai artikel ini dibuat (4 Januari 2019), videonya telah ditonton sebanyak 4,7 juta kali di YouTube dan telah di repost oleh banyak akun di Instagram, termasuk @warstek_com.

Adalah perusahaan bernama Venus Optics yang membuat video tersebut, namun dengan nama akun YouTube dan Instagram yang berbeda, yakni Macroroom [1]. Venus Optics telah berdiri 4 tahun dan berlokasi di Anhui China, kegiatan utama perusahaan China tersebut adalah mendesain, memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan lensa kamera dengan nama merek “Laowa”.

Jadi video berjudul Shooting Macro pada dasarnya adalah video marketing dari lensa kamera terbaru bermerek Laowa yang diproduksi oleh Venus Optics. Lensa yang berbentuk seperti moncong senapan tersebut adalah lensa makro 24mm f/14. Lensa makro sendiri didesain khusus untuk menghasilkan kualitas gambar paling optimal pada jarak fokus sangat pendek dan biasanya paling tajam pada jarak dekat, namun bukan berarti tidak dapat dipakai untuk memotret pada jarak normal [2].

Fotografer memakai lensa Makro Laowa untuk memotret kodok

Adapun makna dari 24mm f/14 adalah 24 mm berarti jarak fokus (focal length) dari lensa dan f/14 berarti maximum aperture atau bukaan maksimal. Dalam bahasa yang mudah dipahami, jarak fokus 24 mm berarti lensa kamera tersebut dapat didekatkan hingga 2 cm terhadap objek fotografi, sehingga detail dan tekstur dari objek dapat terlihat dengan jelas, sedangkan bukaan maksimum mengatur banyaknya cahaya maksimum yang masuk. Bukaan f/14 dapat memotret objek jarak dekat dengan tajam dan disertai efek bokeh (blur dibagian belakang objek atau di latar belakangnya) seperti berikut:

Hasil jepretan foto menggunakan lensa Makro Laowa

Selain itu, pengguna lensa Makro Laowa 24 mm f/14 dapat menikmati sudut pandang (angle of view) yang maksimal hingga 85° (disebut juga dengan istilah “Bug Eye View“), sehingga gambar yang dihasilkan dapat lebih lebar. Adapun spesifikasi dan fitur lengkap dari lensa Makro Laowa tersebut adalah sebagai berikut:

Spesifikasi lensa Makro Laowa 24 mm f/14

Fitur lensa Makro Laowa 24 mm f/14

Fitur yang cukup mengagumkan adalah lensa tersebut tahan air (water proof),  sehingga tahan juga terhadap tepung, debu, dll. Fitur yang tentu saja tidak dimiliki oleh merek lensa kamera lainnya. Fitur lainnya adalah bentuknya yang aneh, mirip moncong senapan. Venus Optics mengklaim bentuk tersebut sebagai bentuk yang sangat aneh namun sangat jenius [3].

Dibalik spesifikasi dan fitur yang “mewah” tersebut, lensa  Makro Laowa 24 mm f/14 dibandrol dengan harga USD 1.499 atau sekitar 21 juta rupiah. Lensa tersebut juga dapat dipasangkan dengan berbagai jenis kamera seperti Nikon, Canon, Sony, dll. Bagaimana menurut Sahabat Warstek, harga dan kualitasnya setara tidak? 🙂

Lensa tahan air, adalah salah satu fitur unggulan lensa Makro Laowa 24 mm f/14

Baca juga:

Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya “efek tembakan” di video adalah hasil editing belaka. Tidak ada penjelasan adanya fitur tembakan dari deskripsi lensa Makro Laowa 24 mm f/14. Tim sinematografi video tersebut menggerakkan lensa tersebut masuk ke dalam berbagai objek seperti botol minuman, buku, kue, dsb. Berikut adalah video behind the scene yang menunjukkan bahwa lensa digerakkan mendekati objek.

Oleh karena itu, jika kita jeli, kita akan melihat permukaan buku bagian atas yang melengkung seperti gambar berikut. Lengkungan tersebut disebabkan oleh lensa yang berbentuk tabung.

Permukaan buku bagian atas melengkung akibat lensa yang berbentuk tabung

Lantas apakah  video yang telah diedit tersebut disebut sebagai video penipuan kepada calon pembeli? Tentu saja tidak! Video marketing haruslah video yang “mengagumkan” sehingga berpotensi untuk viral dan lebih banyak dilihat.

Terbukti dengan digunakannya video hasil editan tersebut, Venus Optics dapat menggalang dana hingga HK$ 8.002.571 (sekitar 14.5 milyar rupiah) dari target HK$ 78.490 (142 juta rupiah) di situs kickstarter.com [3], menjadi pendanaan terbesar kedua disepanjang sejarah kickstarter.com.

Catatan: Bagi sahabat Warstek yang punya ide teknologi dan butuh pendanaan dari masyarakat Internasional, situs kickstarter.com bisa dijadikan tempat untuk menggalang dana!

 

Referensi:

[1] Venus Optics – Laowa diakses pada 4 Januari 2019.

[2] INFORMASI DASAR LENSA, Fotografi makro diakses pada 4 Januari 2019.

[3] Revolutionize Macro Videography, Laowa 24mm f/14 Probe Lens  diakses pada 4 Januari 2019.

Sosial Media

Nur Abdillah Siddiq

Founder at Warstek.com
Mahasiswa S3 Fisika ITS, menekuni bidang Optoelektronik dan Elektromagnetika Terapan. Sangat mencintai aktivitas membaca dan mendesain. Profil lebih lengkap dapat dilihat di www.facebook.com/fisrek .
Nur Abdillah Siddiq
Sosial Media
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Bagikan Artikel ini di:

Tinggalkan Balasan

20 − 8 =