Disebut Apa Gerhana Bulan Ini? Super Blood Moon, Lunar Eclipse, The Super Blood Wolf Moon, atau Mangekyou Sharingan?

Dari laman livescience pada tanggal 21 januari 2019 telah terjadi fenomena alam yaitu The Super Blood Moon Lunar Eclipse (Supermoon Berdarah). Fenomena alam ini terjadi di awal tahun 2019 dan sangat menyita perhatian public di bulan januari ini. Supermoon berdarah ini sayangnya tidak dapat di lihat disemua Negara,hanya beberapa Negara yang  bisa melihat antara lain di Amerika Utara dan Selatan, serta beberapa bagian kecil dunia, kecuali Asia Timur Raya dan Australia.

.

Bagaimana supermoon berdarah itu terjadi?

Sekitar jam 9:36 malam EST (6:36 malam) PST), bulan pertama-tama akan bergerak ke bagian bayangan Bumi, yang disebut penumbra.Inilah saat gerhana akan dimulai – bayangan Bumi akan menghalangi sinar matahari untuk mencapai bulan, tetapi tidak semuanya. Bulan akan sedikit redup ketika bergerak ke dalam dan melintasi penumbra, tetapi pengamat hanya akan melihat sedikit redup, jika sama sekali, menurut Jet Propulsion Laboratory NASA.Kemudian, segalanya akan mulai memanas.

Pada 10:33 malam EST (7:33 hal. PST), bulan akan bergerak lebih jauh di belakang Bumi dan matahari, dan sebagian darinya akan memasuki bayangan gelap planet kita, yang disebut umbra. Begitu ini terjadi, satu sisi bulan akan mulai menjadi gelap, seperti seseorang menghapusnya dari sisi.Ini akan berlanjut sampai satu-satunya satelit kami sepenuhnya berada dalam umbra pukul 11:41 malam. EST (8:41 malam PST). Tetapi langit tidak akan berubah menjadi hitam sepenuhnya – molekul-molekul di atmosfer kita akan membuatnya sehingga cahaya merah dari matahari akan menekuk menjadi bayangan Bumi.

Bulan berwarna merah akan kembali mencapai gerhana penuh sekitar jam 12:12 siang. EST (9:12 hal. PST) – saat itu di tengah umbra. Pada jam 12:43 EST Senin (21 Januari), bulan akan mencuat keluar dari umbra dan masuk ke dalam penumbra; dan pada 1:50 pagi EST (10:50 malam PST, 20 Januari), itu akan benar-benar meninggalkan umbra.

Akhirnya, gerhana akan berakhir pada 2:48 EST (11:48 hal. PST), ketika bulan juga sepenuhnya keluar dari penumbra, Meskipun kali ini menandai lokasi bulan di langit relatif terhadap Bumi dan matahari, sifat gerhana – seperti warna merah yang berubah – akan tergantung pada kondisi cuaca dan atmosfer hari itu. Karena itu adalah supermoon, itu mungkin mengubah warna yang lebih gelap daripada jika bulan lebih jauh dari Bumi selama gerhana, menurut NASA.1

Penamaaan Gerhana 

Untuk penamaan gerhana bulan ini banyak versi nya ada yang mengatakan supermoon berdarah (super blood moon lunar eclipse) ada juga yang mengatakan super blood wolf moon. Sebenarnya untuk penamaan itu sendiri tidak menjadi masalah,karena kedua nama tersebut memiliki arti yang mengambarkan karakteristiknya.

Baca juga:

Dilansir dari laman popularscience.com gerhana bulan disebut bulan darah mengacu pada bulan yang dibasahi dengan warna kemerahan, dan ini hanya terjadi selama gerhana bulan. (Jadi, sebenarnya berlebihan untuk mengatakan itu adalah bulan darah dan gerhana bulan.Warna kemerahan disebabkan oleh perbedaan bagaimana cahaya memantul dari bulan mencerai-beraikan di bulan atmosfer kita ketika bulan duduk di bayangan kita (seperti juga terjadi ketika itu naik atau terbenam). Gerhana bulan hari Minggu adalah total, artinya bulan akan jatuh sepenuhnya di bawah bayang-bayang Bumi.

Kemudian pemberian nama bulan darah serigala, bagian serigala adalah … yah, itu pada dasarnya dibuat-buat. Situs web cuaca dan almanak sering mengklaim itu adalah nama kuno yang diberikan kepada bulan purnama pada bulan Januari, ketika penduduk asli Amerika dan kolonis awal akan melihat makhluk itu melolong dengan ribut di luar desa mereka.2

Referensi:

  1. https://www.livescience.com/64539-watch-super-blood-moon-lunar-eclipse.html diakses pada 21 januari pukul 23.07 WIB
  2. https://www.popsci.com/watch-super-blood-moon-eclipse diakses pada 21 januari pukul 20.00 WIB

Teuku Rizky Ramadhan

Mahasiswa S1 Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Teuku Rizky Ramadhan

Latest posts by Teuku Rizky Ramadhan (see all)

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *