Upaya Cina Memerangi Polusi Udara, Namun Malah Menyebabkan Timbulnya Polusi Akibat Ozon

Upaya Cina Memerangi Polusi Udara, Namun Malah Menyebabkan Timbulnya Polusi Akibat Ozon
Bagikan Artikel ini di:

Cina merupakan salah satu negara dengan polusi udara terburuk menurut WHO. Hal ini disebakan karena cina merupakan Negara dengan pengguna batu bara terbanyak di dunia. Mengutip dari data International Energy Agency (IEA), dalam “Global Coal Risk Assessment: Data Analysis and Market Research” menyebutkan bahwa konsumsi batu bara cina sebanyak 46% dari batu bara dunia. Selain itu, asap dari pabrik dan kendaraan bermotor juga menjadi memperparah polusi udara di Cina.

Pencemaran udara di Cina kebanyakan disebabkan oleh sumber pencemaran antropogenik. Sumber pencemaran antropogenik adalah istilah untuk pencemaran yang terjadi karena ulah manusia seperti aktivitas transportasi, industri, pembakaran sampah, dan rumah tangga. Sepuluh spesies kimia dari emisi sumber antropogenik yang dimasukkan dalam MIX Inventarisasi emisi Asia termasuk gas dan aerosol diantaranya yaitu SO2 , NOx , CO, NMVOC (senyawa organik volatil non-metana), NH3 (amoniak), PM10 (partikel dengan diameter lebih sedikit dari atau sama dengan 10 μm), PM 2.5 (particulate matter (PM2.5) adalah Partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 μm), BC (karbon hitam), OC (Karbon Organik) dan CO2. MIX merupakan penelitian yang mengumpulkan Inventarisasi Emisi Antropogenik baru untuk Asia untuk tahun 2008 dan 2010. Pengembangan inventaris MIX dipimpin oleh Universitas Tsinghua (Qiang Zhang) dengan masukan dari Pusat Penelitian Polusi Udara Asia.

Polusi Udara di Cina (batam.tribunnews.com)

Oleh karena itu, pemerintah Cina meluncurkan Rencana Tindakan Pencegahan Polusi Udara Untuk Mengurangi Emisi Antropogenik sebagai upaya menuntaskan persoalan polusi udara ini. Cara yang digunakan yakni  [Mohon maaf artikel terpotong]

Artikel dapat dibaca di Majalah Warstek Edisi #5 > Terbit 10 Februari 2019.

Baca juga:
VIA AINI

VIA AINI

Bismillahirrahmanirrahim...
Calon ilmuan muslim dan pendidik di bidang biologi ^^
VIA AINI

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Bagikan Artikel ini di: