Tidak Kalah Dengan Amerika, Perusahaan Kendaraan Listrik Kini Ada Di Indonesia

Bangga menjadi warga negara Indonesia, tidak banyak diketahui oleh kalangan masyarakat pada umumnya, kini Indonesia telah mulai bertransformasi menjadi salah satu kiblat otomotif dunia, khususnya pada kendaraan listrik. Hal ini patut kita banggakan dan harus kita support secara penuh agar industri kendaraan listrik dapat berkembang pesat seperti negara Amerika yang telah memiliki Tesla.

Perusahaan yang sudah berdiri menjadi PT (Perseroan Terbatas) ini muncul dari tangan dingin seorang alumni dari kampus ITS Surabaya yang bernama Agus Mukhlisin dengan memanfaatkan program CPPBT (Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi). Sehingga lahirlah perusahaan khusus kendaraan listrik yang dapat memproduksi controller motor BLDC seperti pada artikel saya sebelumnya, battery management system, dan display dari kendaraan listrik tersebut. Perusahaan tersebut berbasis di Surabaya dan dinamakan PT. Wiksa Daya Pratama, komponen kendaraan listrik dari perusahaan tersebut telah banyak di aplikasikan pada kendaraan listrik, terutama pada kendaraan listrik GESITS dan mobil dakar terbaru yang digunakan untuk tour Indonesia, yaitu BLITS dan Kasuari.

Gambar 1. Mobil (kiri) Kasuari dan (kanan) BLITS 100% Electric (sumber:sportku.com)

Sekedar informasi tambahan, kedua mobil listrik tersebut menggunakan controller, battery management system, dan display langsung dari PT. Wiksa Daya Pratama sendiri, tangan dingin para engineer nya berhasil mengembangkan produk tersebut sehingga dapat diaplikasikan pada kendaraan mobil dakar, sebagaimana kita ketahui bahwa mobil dakar adalah mobil yang sering digunakan di wilayah padang pasir dan perlombaan nya sering kita dengar dengan Rally Dakar. Untuk pengetahuan tambahan lagi, controller yang dibuat sudah memasuki tahapan pengujian berkali-kali dengan menggunakan alat ukut dynamometer dan hasilnya controller tersebut dapat menahan power atau beban hingga 50kW bahkan dapat melebihi dari 50 kW. Fantastis bukan?

spesifikasi singkat dari mobil tersebut adalah

  • Controller motor BLDC 50 kW with liquid cooling
  • Motor BLDC 50 kW peak 75 kW with liquid cooling
  • Tegangan  300V  dan +/– 250 Ah

Saat ini, perusahaan tersebut sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan lain untuk pembuatan kendaraan listrik. Bahkan dari perusahaan BUMN juga tertarik bekerja sama dengan PT. Wiksa Daya Pratama tersebut, hal ini patut kita akui dan kita acungi jempol. Hasil yang telah diraih perusahaan tersebut atau produk yang dihasilkan dari perusahaan tersebut telah diaplikasikan oleh banyak kendaraan listrik, sehingga mulai saat ini lah Indonesia harus bangga dengan produk lokalnya sendiri.

PT. Wiksa Daya Pratama berumur sekitar lebih dari 2 tahun, tetapi produk yang dihasilkan sangat luar biasa. Perbandingan harga controller motor BLDC dari produk Golden Motor dengan PT. Wiksa Daya Pratama tergolong bisa bersaing.

Harga controller motor BLDC untuk power 10 kW dari Golden Motor dibanderoll dengan harga Rp. 10.000.000 bila dilihat langsung dari website Golden Motor. Harga tersebut belum termasuk pajak dan biaya pengiriman menuju Indonesia.

Sedangkan controller motor BLDC yang dibuat oleh PT. Wiksa Daya Pratama dengan power yang sama dapat dibandrol dengan harga yang sama sekitar Rp. 10.000.000 dan tidak memerlukan biaya pajak dan ongkir pengiriman yang besar.

Berikut terdapat informasi tambahan mengenai produk yang dapat dibuat oleh PT. Wiksa Daya Pratama.

Baca juga:
Gambar 2. Brosur Produk Wiksa Daya Pratama

Lithium batrai pack, merupakan produk sejenis aki yang terdapat pada kendaraan konvensional baik motor ataupun mobil tersusun seri dan parallel dari jenis baterai lithium ion. Informasi tambahan lagi, khusus untuk produk dari lithium baterai pack, dalam satu kesempatan terdapat tim balap yang ditunggangi salah satu bengkel yang cukup besar yaitu iquetech untuk diaplikasikan pada motor balap yang akan mengikuti kompetisi. Dan tim tersebut berhasil menjuarai  balap motor di posisi pertama, hal ini dikarenakan baterai lithium yang memiliki nilah discharge current yang lebih besar dari pada aki yang dijual di pasar pada umumnya, sehingga baterai pack tersebut menghasilkan daya kompresi yang sangat besar dan bagus untuk motor balap agar motor tersebut mendapatkan start yang mudah.

Gambar 3. Brosur Produk Wiksa Daya Pratama 2

Setelah melihat kedua brosur tersebut, apakah yang ada dalam benak pikiran anda? Jangan salah, Indonesia diisi oleh pemuda-pemuda cerdas dan hebat dalam berpikir. Mereka mengerti apa yang dibutuhkan dan mereka mengerti apa yang harus dilakukan.

Industri komponen kendaraan listrik dari perusahaan PT. Wiksa Daya Pratama bisa dikatakan salah satu atau satu-satunya perusahaan yang 100% fokus dalam komponen kendaraan listrik yang telah disebutkan di atas dan seluruh produk yang dibuat merupakan hasil riset dan pengembangan para engineer yang berada di perusahaan tersebut.

Produksi komponen kendaraan listrik dari PT. Wiksa Daya Pratama untuk saat ini berada di posisi base on order, tetapi order yang diterima dari perusahaan tersebut tidak main-main. Seperti yang telah saya tuliskan di atas, order yang diterima termasuk dari BUMN Indonesia.

Para engineer perusahaan tersebut berasal dari institusi yang berbeda-beda, seperti dari ITS, PENS, hingga Telkom University, bahkan para engineer mereka diambil langsung dari BLK (Balai Lembaga Kerja) dengan latar belakang teknik. Jadi, perusahaan tersebut telah digandrungi oleh tenaga professional yang ahli pada bidangnya.

Kita harus mendoakan, semoga Indonesia dikemudian hari akan bisa menjadi kiblat dari kendaraan listrik dunia dan kita harus senantiasa men support apapun itu yang bersifat produk asli dari Indonesia. Terimakasih

Referensi:

[1] Aki Motor Kompresi Tinggi. Maniak Motor. 2017. http://maniakmotor.com/aki-motor-wr-super-battery-eces-starter-mesin-kompresi-tinggi/ Diakses Pada Tanggal 20 Januari 2019

[2] Bidang Riset. SKO ITS. 2018. http://sko.its.ac.id/en/copyright/ Diakses Pada Tanggal 20 Januari 2019

[3] BLITS Mendapat Ujian. Sportku.com. 2018. https://sportku.com/read/35829/mobil-listrik-blits-mendapat-ujian Diakses Pada Tanggal 21 Januari 2019

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *