Sinyal WoW! Salah Satu Dugaan Adanya Alien

Bagikan Artikel ini di:

15 Agustus 1977 menjadi waktu yang berkenang bagi Ohio State University. Mereka berhasil mendapatkan sebuah sinyal yang mungkin dari makhluk cerdas di luar sana. Sinyal WoW! sebutannya, sebuah emisi spektrum hidrogen yang dideteksi oleh Big Ear, sebuah teleskop radio yang memiliki misi untuk mencari makhluk ekstraterestrial.

Teleskop radio Big Ear

Sinyal ini dinamakan oleh Jerry Ehman, seorang astronom yang bekerja di teleskop radio Big Ear. Suatu hari dia memeriksa hasil rekaman Big Ear dan menemukan serangkaian nilai intesitas sinyal dan frekuensi dan menuliskan “WoW! ” disampingnya (lihat gambar utama).

Sinyal Wow! adalah serangkaian sinyal yang berasal dari luar tata surya. Sinyal ini berasal dari arah rasi Sagittarius ketika ditemukan, memiliki frekuensi 1420MHz dan memiliki kode 6EQUJ5.

Sinyal ini memiliki kode 6EQUJ5 sebagai pertanda kuatnya sinyal. Misal, huruf “U” memiliki skala 30 ,ini berarti sinyal U bernilai 30 kali lebih kuat dari gangguan latar normal. Setiap huruf atau angka mewakili sinyal selama 12 detik. Sinyal ini memiliki 6 kode, jadi keseluruhan berlangsung selama 72 detik.

Sinyal dengan frekuensi 1420 MHz ini menjadi istimewa karena dapat menunjukkan keberadaan hidrogen. Bersama-sama hidroksil (OH), maka hidrogen akan membentuk air (H2O). Jika terdapat air maka kemungkinannya ada makhluk terestrial yang dapat ditemukan.

Ada banyak spekulasi asal dari sinyal ini. Ada yang menanggap bahwa ini berasal dari satelit luar angkasa, pemancar berbasis darat, komet, bahkan berasal dari makhluk ekstraterestrial. Hingga kini tidak ada spekulasi tersebut yang benar-benar terbukti.

Di musim panas 2017, asal usul sinyal ini mulai menemui titik terang. Seorang astronom bernama Antonio Paris melakukan pengamatan terhadap komet 266/P Christensen yang kebetulan melintas dekat sumber sinyal WoW! ,berdasarkan pengamatan Paris, ia menemukan bahwa komet ini mengeluarkan emisi yang sama dengan Sinyal Wow! dan menyimpulkan bahwa komet itulah asal dari sinyal Wow!.