Sinyal WoW! Salah Satu Dugaan Adanya Alien

Sinyal WoW! Salah Satu Dugaan Adanya Alien
Bagikan Artikel ini di:

15 Agustus 1977 menjadi waktu yang berkenang bagi Ohio State University. Mereka berhasil mendapatkan sebuah sinyal yang mungkin dari makhluk cerdas di luar sana. Sinyal WoW! sebutannya, sebuah emisi spektrum hidrogen yang dideteksi oleh Big Ear, sebuah teleskop radio yang memiliki misi untuk mencari makhluk ekstraterestrial.

Teleskop radio Big Ear

Sinyal ini dinamakan oleh Jerry Ehman, seorang astronom yang bekerja di teleskop radio Big Ear. Suatu hari dia memeriksa hasil rekaman Big Ear dan menemukan serangkaian nilai intesitas sinyal dan frekuensi dan menuliskan “WoW! ” disampingnya (lihat gambar utama).

Sinyal Wow! adalah serangkaian sinyal yang berasal dari luar tata surya. Sinyal ini berasal dari arah rasi Sagittarius ketika ditemukan, memiliki frekuensi 1420MHz dan memiliki kode 6EQUJ5.

Sinyal ini memiliki kode 6EQUJ5 sebagai pertanda kuatnya sinyal. Misal, huruf “U” memiliki skala 30 ,ini berarti sinyal U bernilai 30 kali lebih kuat dari gangguan latar normal. Setiap huruf atau angka mewakili sinyal selama 12 detik. Sinyal ini memiliki 6 kode, jadi keseluruhan berlangsung selama 72 detik.

Sinyal dengan frekuensi 1420 MHz ini menjadi istimewa karena dapat menunjukkan keberadaan hidrogen. Bersama-sama hidroksil (OH), maka hidrogen akan membentuk air (H2O). Jika terdapat air maka kemungkinannya ada makhluk terestrial yang dapat ditemukan.

Ada banyak spekulasi asal dari sinyal ini. Ada yang menanggap bahwa ini berasal dari satelit luar angkasa, pemancar berbasis darat, komet, bahkan berasal dari makhluk ekstraterestrial. Hingga kini tidak ada spekulasi tersebut yang benar-benar terbukti.

Di musim panas 2017, asal usul sinyal ini mulai menemui titik terang. Seorang astronom bernama Antonio Paris melakukan pengamatan terhadap komet 266/P Christensen yang kebetulan melintas dekat sumber sinyal WoW! ,berdasarkan pengamatan Paris, ia menemukan bahwa komet ini mengeluarkan emisi yang sama dengan Sinyal Wow! dan menyimpulkan bahwa komet itulah asal dari sinyal Wow!.

Baca juga:

Hal ini menimbulkan kontroversi di kalangan astronom. Banyak yang menganggap bahwa komet seharusnya tidak mengeluarkan emisi hidrogen. “Saya tidak berpikir ada orang yang menemukan emisi seperti itu dari sebuah komet,” Shostak, seorang astronom senior SETI Institute.

Banyak yang menganggap bahwa komet seharusnya tidak mengeluarkan emisi hidrogen. “Saya tidak berpikir ada orang yang menemukan emisi seperti itu dari sebuah komet,” Shostak, seorang astronom senior SETI Institute. Bahwa sinyal ini tidak cocok lokasinya dengan juga disampaikan oleh oleh Robert Dixon, direktur program SETI Ohio State University. “Pengamatan komet yang dilakukan oleh penulis pada tahun 2017 di dekat posisi objek “WOW!” Tidak relevan, karena itu bukan tempat komet pada tahun 1977 ketika sinyal “WOW!” diamati, ” tulisnya di Naapo.org .

Hingga kini belum ada kepastian akan adalah usul sinyal ini. Ada banyak dugaan, hipotesa tetapi tidak satupun diterima luas. Mungkin ini berasal dari makhluk ekstraterestrial yang mencoba berkomunikasi dengan kita.

Referensi :

  • Jesse Emspak. 2017. Didn’t Cause Bizarre ‘Wow!’ Signal (But Aliens Might Have). Diakses dari: https://www.livescience.com/59442-astronomers-skeptical-about-wow-signal.html pada tanggal 17 Januari 2019.
  • Antonio Paris. 2017. HYDROGEN LINE OBSERVATIONS OF COMETARY SPECTRA AT 1420 MHZ . Diakses dari http://planetary-science.org/wp-content/uploads/2017/06/Paris_WAS_103_02.pdf pada 16 Januari 2019.
  • Dr. Robert. S. Dixon. 2017. Wow Comet Rebuttal. Diakses dari http://naapo.org/WOWCometRebuttal.html pada tanggal 19 Januari 2019.
  • SETI. 2018. Seti Observation. Diakses dari https://www.seti.org/seti-institute/project/details/seti-observations pada tanggal 8 Februari 2019.
  • Jerry R. Ehman, Ph.D. 2007. The Big Ear Wow! Signal
  • (30th Anniversary Report). Diakses dari http://www.bigear.org/Wow30th/wow30th.htm pada tanggal 16 Januari 2019.

Khuwailid

Seorang murid kelas 11 SMA Negeri 6 Medan
Khuwailid

Latest posts by Khuwailid (see all)

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Bagikan Artikel ini di:

Tinggalkan Balasan

seven − 5 =