Bagikan Artikel ini di:

Tahukah kamu? Tiongkok (China) berencana meluncurkan 1 bulan buatan pada tahun 2020 dan 3 bulan buatan pada tahun 2022.

Apa tujuan peluncuran bulan buatan tersebut? Apakah bulan buatan tersebut akan menerangi seluruh Tiongkok?

Nah, Warstek merangkum pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dalam peluncuran bulan buatan tersebut. Dirangkum dalam 8 poin agar lebih mudah dipahami, namun jika ada pertanyaan tambahan bisa ditanyakan di kolom komentar ya 😀

1. Bagaimana perbandingan bulan buatan tersebut dengan bulan asli?

Dari segi terangnya, bulan buatan tersebut akan bersinar 8x lebih terang dibanding bulan asli. Kemudian bulan tersebut tidak akan menerangi keseluruhan daerah Tiongkok, melainkan 1 kota saja bernama Chengdu.

Sumber: China to launch world’s first man-made moon by 2020

 

2. Siapakah yang memiliki ide peluncuran bulan buatan tersebut?

Pencetus ide tersebut adalah perusahaan kontraktor bernama Tianfu New Area yang kemudian pengerjaannya diserahkan ke Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute Co. Perusahaan kontraktor tersebut memang fokus pada modernisasi berbagai kota di Tiongkok.

Sumber: Man-made moon to shed light on Chengdu in 2020

 

3. Apa tujuan dibuatnya bulan buatan tersebut?

Tujuannya untuk menghemat energi listrik di malam hari, menarik wisatawan untuk datang, dan menjadi penerang ketika listrik padam akibat bencana alam.

Sumber: China to launch ‘artificial moon’ to illuminate city streets 

 

4. Berapa ketinggian bulan buatan tersebut dan bagaimana dibandingkan dengan ketinggian bulan asli?

Bulan buatan tersebut akan menempati slot orbit 500 km diatas kota Chengdu. Slot orbit tersebut termasuk dalam orbit bumi rendah (low earth orbit) karena dibawah 2000 km. Sebagai perbandingan, bulan asli berada di orbit 380.000 diatas permukaan bumi.

Sumber: China’s artificial moon — The numbers ‘just don’t add up’

 

5. Bagaimana prinsip kerja dari bulan buatan tersebut?

Prinsip kerjanya seperti cermin yakni memantulkan cahaya matahari, namun kecerahannya dapat dikontrol dari bumi (termasuk dapat dipadamkan). Lebih lengkapnya simak gambar berikut:

Sumber: China May Soon Have a Second (Artificial) Moon 

 

6. Apakah Tiongkok merupakan negara pertama yang membuat bulan buatan?

Baca juga:

Foto satelit Znamya sebelum terbakar

Berdasarkan sejarah, yang pertama mencetuskan ide bulan buatan adalah Fisikawan Jerman bernama Hermann Oberth di tahun 1920. Kemudian direalisasikan Rusia pada 1993 dengan dibuatnya Znamya namun terbakar.

Sumber: Why China’s Artificial Moon Probably Won’t Work 

 

7. Apa dampaknya jika misi peluncuran bulan ini berhasil atau gagal?

Jika misi ini berhasil, maka Tiongkok akan menjadi pioner dalam penggunaan “energi luar angkasa” dan akan menghemat pengeluaran listrik sebesar 173 juta dolar. Jika gagal, ya setidaknya pernah mencoba 🙂

Sumber: China Plans to Launch an ‘Artificial Moon’ to Light Up the Night Skies

 

8. Apakah ada dampaknya bagi lingkungan?

Hal ini masih menjadi perdebatan, beberapa ahli berkata bahwa bulan buatan akan mengganggu hewan malam (nokturnal), menjadi polusi cahaya, dll. Namun hal ini dibantah dengan engineer proyek tersebut yang berkata bahwa bulan buatannya bisa dikontrol.

Sumber: A city in China wants to launch an artificial moon into space 

 

Nah itu dia 8 pertanyaan dan juga 8 hal yang perlu diketahui tentang peluncuran bulan buatan oleh Tiongkok di tahun depan. Jika tahun depan Tiongkok sudah meluncurkan bulan buatannya, bagaimana dengan negeri kita tercinta Indonesia?

Warstek Media

Warung Sains Teknologi (Warstek) adalah media SAINS POPULER yang dibuat untuk seluruh masyarakat Indonesia baik kalangan akademisi, masyarakat sipil, atau industri. Sampai saat ini, sains dan teknologi berkesan ekslusif yang hanya ada di laboratorium dan tidak mampu secara langsung berdampak kepada masyarakat. Akibatnya masyarakat, pemerintah dan industri tidak menjadikan sains sebagai sarana mengatasi permasalahan atau membuat kebijakan. Untuk itu, warstek hadir untuk menjawab tantangan tersebut.
Warung Sains Teknologi
Nilai Artikel Ini
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Bagikan Artikel ini di:

Tinggalkan Balasan

one × three =