Bagikan Artikel ini di:

Istilah asing mohon dicetak miring seperti machine learning, dll (sudah)

Cek tulisan berwarna merah dibawah

honey

honey with pollen

Otentikasi madu sangat penting sebab madu merupakan komoditi yang sejak lama telah digunakan dalam bidang pangan dan kesehatan. Hal tersebut  menjadikannya salah satu produk yang memiliki pasar yang luas. Sayangnya di era modern ini madu merupakan salah satu produk yang paling rawan dipalsukan keasliannya. Madu telah menjadi sasaran pelabelan dan pemalsuan menjadikannya sebagai jajaran produk makanan paling palsu di dunia.

Masukkan 1 atau 2 paragraf tentang kasus madu palsu di Indonesia (sudah)

Madu palsu merupakan kasus yang sering terjadi di Indonesia dari tahun ke tahun, seperti yang dimuat pada Jawa Pos edisi 27 desember 2017 seorang warga jalan Marsma Iswahyudi, Kelurhana Rinding, Berau, Kalimantan Timur harus berurusan dengan pihal polisi karena kedapatan memproduksi dan memasarkan madu palsu yang terbuat dari gula. Pemalsuan madu tidak hanya berakhir disitu, banyak kasus-kasus pemalsuan madu lainnya seperti ditahun yang sama di batam terjadi kasus pemalsuan madu, bahkan di tahun 2015 terdapat dua kasus pemalsuan madu di jakarta dan batam yang dimuat media.

Hal tersebut sangat merugikan konsumen dan produsen madu asli. Konsumen dirugikan karena madu yang didapat tidak sebanding dengan apa yang ditawarkan. Produsen madu asli dirugikan sebab pasarnya kalah saing dengan madu yang dipalsukan. Madu yang dipalsukan memiliki biaya produksi yang murah daripada madu yang asli. Madu palsu yang murah ini memotong keuntungan produsen madu asli bahkan membuat produsen madu asli gulung tikar. Kebangkrutan produsen madu asli disebabkan keuntungan yang rendah dan pasar yang kalah saing.

Otentikasi madu menjadi sangat penting untuk melindungi konsumen dari barang palsu. Uni eropa dan Selandia Baru merupakan negara yang memberikan perhatian lebih terhadap keaslian madu.  Langkah melindungi keaslian madu ini juga melindungi hak konsumen dan menjaga produksi madu lokal.

Sayangnya Otentikasi madu asli bukan merupakan hal yang mudah dan murah karena metode otentikasi yang selama ini ada seperti : reaksi berantai polimerase kuantitatif (qPCR), spektroskopi resonansi magnetik nuklir (NMR), spektrometri massa kromatografi cair (LC-MS), spektroskopi inframerah-dekat (NIR) , dan mikroskopi (karena madu mengandung serbuk sari yang berbeda secara visual dari berbagai sumber oral). Sumber oral yang dimaksud adalah oral pada lebah karena tentu serbuk sari diproses oleh lebah melalui oral dan hal ini menjadikan perbedaan iap serangga.  Metode-metode otentikasi ini membutuhkan peralatan khusus di laboratorium dengan tenaga ahli yang mana bukan merupakan hal murah. Metode mikroskopi pun terbilang cukup sulit karena membutuhkan operator yang ahli untuk bisa mengidentifikasi.

Machine learning dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan otentikasi madu yang mahal dan menggunakan banyak metode dengan alat yang canggih. Metode mikroskopi dengan machine learning dapat mengotentikasi madu lebih murah karena tidak menggunakan banyak alat khusus dan operator ahli. Cara kerjanya ialah Machine Learning mengidenifikasi serbuk sari yang ada pada madu karena madu murni mengandung serbuk sari. Hasil identifikasi serbuk sari pada madu oleh Machine Learning menentukan output keaslian madu.

Pollen dalam madu

Baca juga:

Machine learning merupakan sebuah cabang dari AI (Artificial Intelligence) dimana sebuah sistem dapat belajar sendiri. Belajar sendiri yang dimaksud ialah dimana sistem membangun algoritma yang memungkinkan komputer mengembangkan perilaku atas data empiris. Machine Learning diaplikasikan pada kehidupan seperti pada chat bot, pengenalan wajah, pengenalan gambar, mobil otonom dll.

Penggunaan machine learning untuk otentikasi madu menggunakan prinsip pengenalan gambar serbuk sari di madu yang telah tertampil pada mikroskop. Pengenalan gambar merupakan prinsip yang sama yang telah digunakan pada berbagai bidang seperti google image search dan facelockMachine Learning perlu ditraining terlebih dahulu dengan gambar-gambar serbuk sari dari berbagai madu untuk mendapatkan tigkat keakuratan yang baik. Otentikasi madu menggunakan machine learning juga dapat mengenali madu yang diencerkan berdasarkan kepadatan serbuk sari pada madu tersebut. Otentikasi madu menggunakan machine learning memiliki kelemahan  yakni madu yang melalui penyaringan ultra tidak dapat di otentikasi karena tidak mengandung serbuk sari walau hal ini juga dapat dijadikan indikasi kepalsuan madu.

sumber :

Mahasiswa S1 program studi Fisika Universitas Negeri Semarang, menyukai sains dan teknologi.
andrem817
Nilai Artikel Ini
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Bagikan Artikel ini di:

Tinggalkan Balasan

9 + nineteen =